Risiko Niat Awal Ngeblog Hanya untuk Mengejar Materi (Uang)

Blog sebenarnya adalah media sosial, namun platformnya adalah search engine. Para pemilik blog saling follow dan berbagi cerita mereka ke blogger lain melalui email atau telpon. Lambat laun pemilik blog mulai berinovasi. Awalnya adalah tempat diary, kini menjadikannya sebagai ladang bisnis.

Tentu semua hal yang berbau bisnis selalu memiliki risiko. Tak pelak ketika gagal harusnya siap untuk bangkit jika sukses adalah tujuannya. Jargon "Kegagalan adalah kunci awal keberhasilan" adalah fakta! Fakta jika kita tidak pernah putus asa dan mau bangun kembali ketika mengalami keterpurukan dengan kemudian belajar menghindari semua penyebab gagalnya usaha. Akan berupa opini jika manusianya mudah menyerah.

Sayangnya peluang blog menjadi sebuah bisnis dikotori oleh segelintir oknum blogger. Hanya karena uang, beberapa blogger menjadi buta hati, mata, dan telinga. Mereka berani melakukan cara kotor agar cepat gajian. Ada yang asal copy paste artikel orang lain, membuat berita hoax, dan juga melakukan penipuan ke sesama blogger. Hingga pada titik akhir, tidak ada blogger yang benar-benar sukses ketika kecurangan menjadi jalur yang dipilih.

Bangga karena hasil kecurangan adalah cara pikir orang yang sedang sakit jiwa

Bagaimana dengan blogger yang tidak bermain curang? Tentu karena niat awal ngeblog bukan karena kesenangan, maka ketika gagal memperoleh profit berdampak buruk pada blognya. Ada yang kemudian menjual blognya, tidak update konten baru atau melupakannya, serta melakukan penghapusan blog yang dimiliki.

Boleh, berpikiran uang saat membuat blog. Namun dalam menjalani prosesnya jangan mengeluh dan sampai melenceng dari kejujuran. Kejujuran adalah mutlak, dan memilih jalan kejujuran adalah pilihan yang benar sesuai dengan firman TUHAN.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more