Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi Dalam 3 menit

WiFi pada laptop, adalah salah satu fungsi yang menurut saya cukup vital. Mengingat laptop adalah perangkat yang ditujukan untuk keperluan sehari-hari dengan mobilitas tinggi.

Tapi yang namanya benda elektronik, kadang kala ada saja rusaknya. Perangkat WiFi pada laptop pun juga bisa rusak. Salah satu kerusakannya adalah laptop tidak bisa connect WiFi.

Masalah ini bisa terjadi di tipe dan merk laptop apapun. Dari yang murah sampai yang mahal.

Kerusakan laptop yang tidak bisa menyambung ke WiFi ini penyebabnya ada beberapa. Biasanya, disebabkan karena sistem Windows yang digunakan mengalami error alias terjadi kesalahan.

Error ini bisa dari driver, maupun adapter WiFinya (tapi jarang).

Tidak bisa konek WiFi adalah hal yang merepotkan, namun ternyata memperbaikinya tidak begitu merepotkan.

Saya sendiri pernah beberapa kali mengalami masalah ini. Dan selalu berhasil memperbaikinya. Malahan teman-teman saya juga selalu minta ke saya untuk membetulkan.

Apa saja yang bisa dilakukan? Silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Nyalakan WiFi

Terdengar sepele memang, namun ada beberapa orang yang lupa bahkan tidak tahu jika ingin memakai WiFi di laptop pertama-tama harus menyalakan dahulu akses WiFinya.

Menyalakan WiFi di laptop, bisa dilakukan dengan menekan tombol atau kombinasi tombol tertentu. Biasanya, tombol ini terdapat diantara bagian F1 sampai F12 yang terdapat logo WiFinya.

Tapi bukan hanya lewat tombol keyboard, beberapa laptop juga telah dibuat tombol WiFi khusus yang berada di bagian body laptop.

Silakan cek terlebih dahulu dan nyalakan WiFi laptopnya.

2. Matikan Airplane Mode

Airplane Mode (mode pesawat), fitur yang mungkin pernah kalian lihat di Android. Tapi tahukah kalian jika fitur Airplane Mode ini juga tersedia di laptop?

Yup, laptop (terutama notebook) dengan sistem operasi Windows bawaan, kadang terdapat fitur mode Airplane. Fitur ini biasanya bisa dilihat di bagian jaringan saat kalian sedang ingin mengoneksikan WIFI.

Silakan matikan fitur Airplane ini jika memang sedang dalam kondisi menyala. Saat dimatikan, secara otomatis WIFI yang tadinya tidak muncul otomatis akan terdeteksi.

3. Nyalakan Adapter WiFi

Saat perangkat WiFi sudah terinstal, secara otomatis adapter WiFi tersebut akan terdeteksi dan bisa disetting melalui adapter setting pada Windows.

Yang jadi masalah, terkadang adapter WIFI ini suka tidak sengaja ter-disable sehingga koneksi WiFi yang tadinya terdeteksi dengan normal justru malah jadi tidak terdeteksi.

Untuk memperbaikinya, sangat simpel:
  1. Buka Control Panel
  2. Buka Network And Internet >> Klik Network And Sharing Center
  3. Lanjut klik Change adapter settings pada bagian kiri layar
  4. Cari Adapter WiFi yang sudah terinstal di Laptop kalian. Namanya kadang Realtek, Intel Wireless dan sejenisnya. Klik kanan adapter WiFi tersebut >> Lalu klik Enable
  5. Cek pada bagian koneksi WiFi yang biasa kalian gunakan

Secara otomatis, WiFi adapter WiFi yang tadinya tidak terbaca, jadi normal kembali.

4. Setting IP Address Adapter WiFi

Ada sebagian orang (termasuk saya) yang suka sekali oprek-oprek setting Laptop, dan salah satunya setting WiFi.

Pada settingan adapter WiFi, secara default terdapat IP Address yang sudah tersetting menjadi automatic. Artinya, setiap kali menyambungkan laptop ke WiFi, IP laptop tersebut akan selalu otomatis tersetting.

Yang jadi masalah, adalah jika IP Adress tersebut tersetting manual.

Beda dengan koneksi LAN yang IP Addressnya harus disetting manual, IP Address yang tersetting manual pada WiFi, akan membuat WiFi jadi tidak bisa terkoneksi ke internet.

Bisa jadi ini karena kalian iseng oprek-oprek WiFi untuk mempercepat WiFi tapi malah salah setting.

Untuk memperbaikinya sangat mudah:
  1. Silakan pergi ke Adapter Setting sama seperti sebelumnya
  2. Pada bagian Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) klik Properties
  3. Setelah jendela setting IP TCP/IPv4 ini terbuka, pastikan setting IP Address dan DNS kalian ada di: Obtain an IP Address automatically dan Obtain DNS server automatically

Jika sudah, silakan disconnect dan koneksikan WiFinya kembali.

5. Instal driver WiFi

Untuk menyalakan adapter WiFi, driver WiFi adalah software yang wajib diinstal. Karena jika belum terinstal, nantinya membuat WiFi tidak dapat terdeteksi.

Biasanya ini terjadi pada kalian yang sedang menginstal ulang laptop. Laptop yang baru diinstal ulang, artinya sistem akan menjadi 'baru' kembali, dan seluruh aplikasi maupun driver yang telah terinstal akan menghilang.

Untuk mengatasinya, silakan instal driver WiFi terlebih dahulu. Driver WiFi ini harusnya ada di di dalam DVD driver yang sudah termasuk dalam paket penjualan laptop.

Kalau tidak ada, kalian bisa mencarinya di internet. Saya sarankan langsung di situs resmi merk laptop kalian untuk meminimalisir terjadinya error.

6. Reinstal driver WiFi

Sudah menjalankan 5 langkah sebelumnya tapi WiFi belum juga normal? Coba reinstal driver WiFinya.

Driver pada Windows, dalam beberapa kasus memang bisa terjadi error. Ini biasanya disebabkan karena terjadi penumpukan driver, terserang virus, dan masih banyak lagi.

Untuk kalian yang sudah menjalankan poin nomor 5, tapi WiFi belum juga terdeteksi, mungkin driver yang kalian instal salah.

Untuk mengatasinya, hanya perlu melakukan reinstalling driver WiFi yang kalian punya. Pastikan driver tersebut cocok dengan chipset WiFi laptop dan sistem operasi yang digunakan.

7. Cek perangkat hotspot

Untuk kalian yang beberapa waktu lalu masih normal berselancar di internet dengan WiFi, tapi tiba-tiba WiFi susah konek, bisa jadi ini karena terjadi kesalahan pada perangkat hotspot yang digunakan.

Kesalahan ini bisa terjadi karena beberapa hal. Tapi paling sering terjadi karena password WiFi tersebut sudah diganti atau perangkat kalian di blokir.

Untuk mengatasinya, cek perangkat hotspot yang digunakan. Kalau bisa, reset saja supaya balik lagi ke awal.

Untuk passwordnya sendiri biasanya juga tereset kembali ke awal. Kalian bisa mengeceknya lewat buku panduan untuk melihat password default, atau melihat password WiFi yang tersimpan jika kalian menggunakan HP Android.

8. Service laptop

Kalau masih belum jalan juga, bisa jadi komponen adapter WiFi pada laptop kalian mengalami kerusakan.

Adapter WiFi pada laptop ini bentuknya kecil mirip seperti kartu. Komponen ini sebenarnya jarang rusak, tapi bisa saja rusak.

Kerusakannya sendiri bisa disebabkan karena beberapa hal. Tapi yang paling sering karena laptop mengalami overheat yang berujung pada kerusakan adapter WiFi tersebut.

Untuk mengatasinya, kalian bisa menservice laptop ke service center resmi terdekat di kota kalian. Untuk biaya perbaikannya saya kurang tahu. Mungkin kurang lebih 200 atau 300 ribu rupiah (Sudah termasuk pemasangan).

Jika bisa memasangnya sendiri, kalian bisa mengeluarkan biaya yang lebih sedikit.

Penutup

Demikian tutorial cara mengatasi WiFi tidak bisa connect. Dengan 8 cara diatas, saya harap kerusakan WiFi yang kalian alami jadi normal kembali.

Tutorial ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi + beberapa referensi dari website teknologi luar negeri. Jadi tenang saja, Insya Allah dijamin aman.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more