7 Tips Blogging untuk Pemilik Bisnis / Usaha Kecil

Kalian telah melihat bahwa situs marketplace dan juga bisnis lainnya telah memiliki blog sendiri. Membuat blog tanpa disadari sebenarnya memiliki manfaat, salah satunya ialah membantu produk dan layanan usaha / bisnis agar mudah diketahui oleh para pencari informasi via mesin pencari.

"Apakah kalian adalah pemilik usaha kecil yang memiliki blog?" Jika iya, sekarang yang menjadi pertanyaan penting adalah "Apakah kalian menggunakan / mengurus blog itu dengan layak?" Jika blog tersebut tidak mendapat perhatian penuh dan kurang dimanfaatkan, maka blog tersebut tidak akan membantu dalam mencapai tujuan pemasaran bisnis kalian.

Berikut adalah beberapa ide yang bisa saya bagikan untuk membantu kalian dalam menulis dan memperjelas isi postingan yang layak dipublikasikan:
  • Berikan tutorial sesuai keahlian - Sebagai pemilik usaha kecil atau menengah, tidak ada keraguan bahwa kalian memiliki banyak keahlian yang dapat dibagikan. Misalnya, jika menjalankan usaha layanan laundry, kalian dapat berbagi pos bermanfaat tentang cara memilih sabun cuci pakaian yang cocok untuk setiap jenis pakaian. Dan jika kalian benar-benar serius dan ingin meningkatkan keterlibatan pembaca, letakkan video tutorial di YouTube dan sematkan di pos blog bisnis kalian. Video adalah cara terbaik untuk terhubung dengan pembaca dan meningkatkan kualiatas SEO secara tidak langsung.
  • Menyelesaikan masalah - Biarkan pembaca tahu bahwa kalian peduli dengan mereka dan mengidentifikasi masalah atau kekhawatiran umum yang mereka hadapi, serta menunjukkan kepada mereka bagaimana hal itu dapat dipecahkan. Misalnya, "Apa yang harus saya posting ke dalam blog bisnis saya?" Itu adalah salah satu pertanyaan paling umum yang saya dapatkan dari beberapa orang. Itulah sebabnya mengapa postingan ini ditulis dan dipublikasikan.
  • Promosikan produk / jasa - Mungkin hal ini sedikit sulit. Blog bisa menjadi alat pemasaran dan brand awareness yang hebat. Mempromosikan produk dengan teknik Hard Selling (langsung to the point) bukan cara yang baik. Jadi, bagaimana teknik yang tepat dalam mempromosikan produk atau layanan? Soft Selling, isi postingan dengan menyentuh masalah umum atau masalah yang mengganggu calon pelanggan saat ini atau pembaca. Kemudian sertakan paragraf "ngomong-ngomong" yang menyebutkan bagaimana produk kalian dapat membantu menghilangkan masalah ini. Kalian bahkan dapat menyertakan tautan internal ke laman produk jika pemirsa menginginkan informasi lebih lanjut.
  • Tetap menghibur - Tunjukkan sisi kemanusiaan kalian dengan menceritakan fakta-fakta yang menghibur atau menyisipkan humor sehingga disukai para pembaca. Jangan takut untuk memberikan link ke bisnis lain atau blog pribadi (selama mereka bukan pesaing langsung).

Sekarang kalian sudah tahu apa yang harus diisi pada setiap postingan blog bisnis kalian, berikut adalah beberapa tips membuat postingan blog kalian layak dibaca / dikunjungi:
  1. Jadilah Konsisten - Apakah kalian bisa posting satu atau lima kali dalam seminggu? Tetaplah konsisten dengan blog tersebut maka pembaca akan mulai melihat pola dan mencari postingan blog kalian, sehingga mereka dapat bertahan menjadi pelanggan. Jika kalian tidak posting selama sebulan jangan kaget jika kehilangan trafik blog karena beberapa alasan:
    • Pertama, pelanggan akan mulai mencari informasi di tempat / blog lain.
    • Kedua, blog hanya memiliki sedikit konten untuk diindeks mesin pencari.
    Tips: Jika tahu kalian sibuk pada waktu-waktu tertentu dalam sebulan, tetaplah menulis sebuah postingan blog ekstra bila kalian punya waktu dan jadwalkan sebuah pos selama masa sibuk itu.
  2. Isi Konten Harus Berkualitas - Pembaca bisa berubah-ubah. Dan seharusnya begitu. Bagaimanapun, kita semua kekurangan waktu, dan biasanya mencari blog yang menghibur, informatif, dan umumnya merupakan cerminan yang baik dari merek bisnis kita. Membuat konten yang tidak relevan atau tidak berkualitas akan diabaikan oleh pembaca setia dan dapat mengakibatkan penurunan trafik lalu lintas blog.
    Tips: Untuk setiap postingan blog yang kalian tulis, ingatlah bahwa ini semua adalah kesempatan untuk menjual produk atau layanan kalian. Kualitas postingan blog itu penting. Kalian tidak harus memiliki gelar bahasa Indonesia, tapi pastikan tidak ada kesalahan ketik atau ejaan dalam postingan. Yang terpenting, pastikan itu berharga bagi calon pelanggan atau pelanggan saat ini!
  3. Jumlah Kata Setiap Pos - Bingung mengenai berapa kata setiap pos untuk blog seharusnya? Minimal, tiap postingan harus 300 kata atau lebih. Tapi menurut para blogger profesional, jika ingin mendapatkan hasil SEO paling baik dan banyak untuk mendapatkan halaman pertama, tulis setidaknya 500-600 kata. Semakin banyak semakin baik, namun konten harus relevan dan selalu bermanfaat. Jangan terlalu banyak menulis "omong kosong", karena itu malah berakibat buruk.
    Tips: Pastikan untuk mengoptimalkan setiap postingan blog supaya mendapat perhatian lebih mudah di hasil penelusuran mesin pencari.
  4. Munculkan Gambar di Setiap Pos - Gambar merupakan pemanis. Banyak pembaca yang merasa bosan untuk membaca lebih lanjut jika pos terlalu flat.
    Tips: Gunakan gambar sesuai topik, hasil jepretan / buatan sendiri, dan kompres ukurannya agar blog tidak lemot saat diakses.
    Baca juga: Cara Optimasi Gambar Pos Agar SEO
  5. Jadilah Responsif - Jika kalian menerima pertanyaan atau saran di kolom komentar setiap postingan, cobalah untuk menanggapinya. Sekalipun komentarnya negatif, pertimbangkan untuk menyikapi dengan cara yang ringan dan profesional daripada menghapusnya.
  6. Menulis dengan Gaya yang Ramah - Kalian tahu produk kalian, tapi bukan berarti kalian harus mempresentasikannya secara detail seperti jurnal akademis atau singkat seperti situs marketplace. Postingan blog harus kasual atau berasa seperti melakukan percakapan dengan keluarga dan sahabat.
    Tips: Dekati pembaca sama halnya seperti bercakap-cakap dengan teman kalian. Bersimpati dengan mereka dan biarkan mereka tahu bagaimana kalian bisa membantu membuat hidup mereka lebih mudah.
  7. Promosikan Tulisan - Media sosial seperti halnya meriam jika kalian benar menggunakannya. Setelah mempublikasikan postingan, silakan promosikan di semua situs media sosial perusahaan bisnis kalian untuk dorongan lalu lintas jangka pendek.
    Ingat!: Jumlah pengunjung juga dapat meningkatkan peringkat tiap-tiap pos di mesin pencari secara tidak langsung.
Jika masih terkendala dan masih sulit untuk mengurus blog bisnis dikarenakan benar-benar sibuk mengurus hal offline, kalian dapat membayar orang untuk mengurus dan update artikel setiap hari. Jangan menyepelekan sebuah blog!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more