Konfirmasi Google Tentang Update Algoritma Akhir-Akhir ini (Maret 2018)

Asumsi adanya update algoritma sebenarnya telah dirasakan oleh banyak blogger & webmaster Indonesia, jika kalian ikut bergabung di grup-grup blogger Indonesia maka akan tahu.

Akhirnya secara terbuka Google mengonfirmasi bahwa benar terjadi update algoritma untuk akhir-akhir ini melalui akun resminya di twitter:
  • Each day, Google usually releases one or more changes designed to improve our results. Some are focused around specific improvements. Some are broad changes. Last week, we released a broad core algorithm update. We do these routinely several times per year....
  • As with any update, some sites may note drops or gains. There’s nothing wrong with pages that may now perform less well. Instead, it’s that changes to our systems are benefiting pages that were previously under-rewarded....
  • There’s no “fix” for pages that may perform less well other than to remain focused on building great content. Over time, it may be that your content may rise relative to other pages.

Sayangnya Google hanya mengatakan update algoritma inti secara luas, jadi masih rancu karena algo mana saja yang diupdate kita juga tidak tahu. Algoritma Inti yang saya tahu yaitu: nama-nama hewan, mobile, fred, possum, dan fred. Jadi, jika melakukan update inti yang lebih luas, asumsi saya adalah pengupdatean dilakukan ke semua atau hanya beberapa algo saja. Bingung kan? Tidak perlu bingung jika kalian tidak melakukan teknik black hat SEO. Intinya, kalau kalian ngeblog sesuai panduan SEO pemula Google, maka blog kalian aman-aman saja.

Setidaknya dengan adanya konfirmasi dari Google ini dapat melegakan para pemilik situs website / blog yang mengalami penurunan trafik atau peringkat di SERP selama Google melakukan percobaan perubahan sistem kerja algo. Karena dalam pernyataan tersebut, Google memastikan bahwa situs yang terkena dampak negatif karena percobaan perubahan sistem tidak perlu melakukan apa-apa dan akan memiliki keuntungan, diantaranya kenaikan peringkat. Namun tidak ada salahnya memperbaiki situs (yang mengalami kehilangan / penurunan rangking) untuk menjadi lebih baik lagi.

Baca juga:

Ya, kita tunggu saja dengan melihat SERP Google, memang ada perubahan atau tidak? Jika tidak, berarti memang dari awal situs kita yang sebenarnya bermasalah.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more