4 Kelalaian Blogger Lama dalam Mengurus Blog Pribadinya

Lalai (lupa) sekali atau dua kali tidak masalah, namun menjadi penyakit jika keseringan terjadi dalam hidup seseorang. Yang seringnya lalai bisa langsung cek ke dokter untuk periksa kesehatan. Karena menurut dokter yang saya tanyai tentang masalah ini, kelalaian yang keseringan (pikun) tidak mudah bahkan tidak dapat disembuhkan. Hal ini akan mengganggu aktivitas normal bagi si penderita di kehidupan sosial mereka.

Namun, dalam konteks postingan kali ini saya akan membahas tentang kebiasaan banyak blogger lama (termasuk saya) yang lupa akan sesuatu hal dan masih berhubungan dengan blog pribadi milik mereka masing-masing.

Langsung saja yuk!


1. Cek Brokenlink


Brokenlink bisa diakibatkan beberapa hal.

Link internal:
  • Perubahan url
  • Postingan dihapus
Link eksternal:
  • Perubahan url
  • Postingan dihapus
  • Situs tidak diperpanjang
  • Situs terkena ban

Memang benar, jika masalah brokenlink tidak menjadi penilaian mesin pencari dalam menentukan posisi atau peringkat pos di SERP (Search Engine Result Pages), namun hal ini membuat para pengunjung menjadi tidak nyaman ketika link yang diberikan ternyata menampilkan pesan error 404.

Dengan begitu, jangan lupa untuk selalu mengecek link-link yang telah kita sematkan ke dalam tiap postingan. Kita dapat memanfaatkan tool online gratis brokenlinkcheck.com walau ada batas 3000 halaman. Jika tidak ingin dibatasi, silakan kontak langsung ke penyedia untuk menikmati bebas cek link.


2. Membenahi Halaman About, Contact, Privacy, dll


Suatu ketika pernah mengontak salah satu blogger yang ingin saya ajak menjadi partner, namun ternyata nomor yang tertera di halaman kontak blognya tidak dapat dihubungi. Hal ini juga bisa terjadi pada blog-blog kita.

Apalagi yang telah ganti topik namun penjelasan di halaman About masih menggunakan penjelasan yang lama. Kalau mau profesional jangan setengah-setengah ya.


3. Update skema struktur data HTML


Ternyata skema struktur data template situs juga ada pengupdatean, hal ini bisa dicermati ketika kita membuka situs schema.org atau mendapat pesan error dari webmaster.

Dengan demikian, update juga skema struktur data template kalian jika ingin mudah dirayapi robot mesin pencari.


4. Tidak Update Algoritma


Algoritma terus dikembangkan dan diperbaiki. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan pencarian yang relevan dan juga menghindari situs spam atau black hat.

Perlu diingat kembali bahwa teknik SEO (Search Engine Optimization) saat ini belum tentu bekerja untuk bulan depan. Dengan begitu kita perlu mengikuti pemberitaan dan pemberitahuan terbaru tentang updatean algoritma terbaru. Namun sayangnya, pihak mesin pencari jarang sekali untuk terbuka apabila ada update kecil-kecilan, sehingga kita perlu surfing sendiri di blog-blog yang membahas tentang update algoritma.


Mungkin itu dahulu yang dapat saya sampaikan. Untuk tambahan akan saya update lagi postingan ini di kemudian hari atau kalian juga mau berpartisipasi dengan mengisi komentar sesuai dengan pengalaman pribadi yang relevan dalam topik postingan ini.

Semoga bermanfaat, Amin!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more