6 Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Siapa sih di antara kita yang tidak kenal pada sebuah kuliner yang bernama bubur kacang hijau? Sebagai warga Negara Indonesia, tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan bubur kacang hijau tersebut. Tak sulit bagi kita untuk menjumpai kuliner yang satu ini dipasaran. Bahkan, tak sedikit para pedagang keliling yang menjajakan bubur kacang hijau.

Berbicara soal kacang hijau, ternyata kuliner tersebut sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil lho. Lantas, apa yang menjadi alasannya? Nah, biar lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini:

1. Mampu Mencegah Penyakit Anemia


Khasiat pertama dari mengonsumsi bubur kacang ijo untuk ibu hamil, yaitu dapat mencegah penyakit anemia. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, bubur kacang hijau ini memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan produksi hemoglobin darah sehingga kalian akan terhindar dari penyakit anemia. Biasanya, penyakit anemia itu sendiri disebabkan karena tubuh yang kekurangan asupan asam folat dan vitamin B12.

2. Bagus Untuk Kesehatan Tulang


Selain berfungsi untuk meningkatkan produksi hemoglobin darah, ternyata zat besi pada bubur kacang hijau juga sangat bagus untuk kesehatan tulang lho. Berdasarkan dari hasil penelitian, 100 gram dalam penyajian bubur kacang hijau ini mengandung sekitar 1,5 mg zat besi. Dan yang lebih hebatnya lagi, bubur kacang hijau memiliki kandungan kalsium yang bermanfaat untuk mempertebal dan memperkokoh tulang bagi ibu hamil maupun untuk bayi dalam kandungannya.

3. Sebagai Asupan Gizi dan Nutrisi


Khasiat yang berikutnya dari mengonsumsi bubur kacang hijau untuk ibu hamil, yakni dapat berperan sebagai asupan gizi dan nutrisi. Tentunya hal ini sangat diperlukan oleh para ibu hamil, untuk memenuhi kebutuhan asupan tersebut selama masa kehamilan. Tak hanya itu saja, bubur kacang hijau juga memiliki kandungan asam folat yang bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Nah, itulah salah satu alasan mengapa bubur kacang hijau ini wajib dikonsumsi oleh ibu hamil.

4. Mencegah Cacat Kelahiran Pada Bayi


Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa cacat kelahiran itu merupakan momok yang menakutkan bagi semua ibu hamil. Menurut para dokter kandungan, cacat kelahiran ini biasanya disebabkan karena ibu hamil yang kekurangan asupan asam folat. Cacat kehamilan itu bisa berupa bibir sumbing, kelainan jantung, hingga kerusakan pada otak janin. Bubur kacang hijau itu sendiri sangat kaya akan kandungan asam folat, yang tentunya dapat mencegah cacar kelahiran pada bayi.

5. Dapat Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan


Tak sedikit para ibu hamil yang mengalami masalah sembelit alias susah buang air besar. Ya, biasanya hal itu dikarenakan adanya gangguan pada system pencernaan, yang disebabkan oleh kurangnya asupan serat. Nah, mengingat bubur kacang hijau ini kaya akan kandungan serat, maka system pencernaan kalian akan kembali lancar.

6. Bagus Untuk Kesehatan Jantung


Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa penyakit jantung merupakan pembunuh yang paling mematikan di dunia. Berdasarkan dari hasil survey yang dilakukan pada tahun lalu, setiap hari 10 orang di dunia ini meninggal akibat serangan jantung lho. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk selalu memelihara kesehatan jantung, yang salah satunya adalah dengan mengonsumsi bubur kacang hijau secara rutin dan teratur. Pasalnya, kadar lemak pada bubur kacang hijau tesebut sangatlah rendah.

Itulah beberapa khasiat yang luar biasa dari mengonsumsi bubur kacang hijau bagi ibu hamil. Bagaimana, apakah saat ini kalian sudah mengonsumsi bubur kacang hijau?

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more