Beginilah Tips Cara Merawat Kulkas dengan Baik & Benar

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kulkas merupakan salah satu jenis barang elektronik yang dapat menunjang kebutuhan rumah tangga. Kehadiran kulkas ini dapat kita gunakan untuk mendinginkan berbagai jenis minuman dan makanan seperti sayuran, daging, telur, roti, dan masih banyak lagi.

Mengingat pentingnya manfaat kulkas, maka tak heran jika sebagian besar masyarakat kita sudah memiliki kulkas di rumahnya masing-masing.

Adapun mengenai berbagai macam tipe kulkas yang dapat kita jumpai di pasaran, seperti: kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, dan kulkas 3 pintu.

Tapi sayangnya, masih banyak diantara kita yang tidak paham dengan cara yang benar dan tepat dalam merawat kulkas. Tentu saja hal tersebut akan berdampak buruk pada kondisi kulkas yang mengakibatkan terjadinya kerusakan.

Nah, bagi kalian yang sedang mencari jasa servis kulkas panggilan yang terpercaya, silahkan kunjungi situs carijasa.com.

Berbicara soal merawat kulkas dengan baik dan benar, berikut di bawah ini ada beberapa tipsnya yang harus kalian ketahui:

1. Pintu Kulkas Harus Selalu Dalam Keadaan Tertutup Rapat


Tips pertama dalam merawat lemari es dengan baik dan benar, yaitu pintu kulkasnya selalu dalam keadaan tertutup rapat.

Sejatinya, pintu kulkas memang akan menutup dengan sendirinya setelah kita mengambil sesuatu di dalamnya. Akan tetapi, belum tentu pintu kulkasnya tertutup dengan rapat. Oleh karenanya, kita harus mengecek kembali dan pastikan bahwa pintu kulkas sudah tertutup rapat. Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu dalam kulkas tetap dingin serta mencegah terjadinya kebocoran udara.

2. Jangan Mengisi Kulkas Yang Melebihi Kapasitas


Lemari es alias kulkas itu terdiri dari beragam tipe, mulai dari: kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, dan kulkas 3 pintu. Saat membeli kulkas baru, pilihlah kulkas yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan. Ya, kalian tidak boleh mengisi kulkas melibihi batas kapasitas. Pasalnya, hal tersebut dapat membuat sirkulasi udara dalam kulkas menjadi berkurang yang akhirnya tidak dapat mendinginkan sayuran, makanan, dan minuman, secara optimal.

3. Bersihkan Kulkas


Sebelum hendak membersihkan kulkas, disarankan untuk mematikan dulu sambungan listrik ke kulkasnya. Jika sudah demikian, silahkan keluarkan semua isinya lalu bersihkan dengan menggunakan kain lap yang bersih secara merata. Di samping itu, kalian juga jangan sampai lupa untuk membersihkan bagian freezer, dengan cara mencairkan terlebih dulu bunga es-nya. Setelah itu kalian bisa langsung membersihkannya dengan menggunakan kain lap hingga bersih.

Lakukan cara ini 3 bulan sekali, agar kebersihan kulkas senantiasa terjaga.

4. Hindari Menyimpan Makanan Atau Minuman Yang Masih Panas Ke Dalam Kulkas


Perlu kalian ketahui, bahwa menyimpan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas itu sangat tidak disarankan. Soalnya, suhu panas tersebut dapat mengacaukan kestabilan suhu yang ada dalam kulkas. Apalagi jika makanan dan minuman panas tersebut menggunakan wadah kaca, yang dapat pecah dan melukai tangan lho!

5. Jangan Membuka Kulkas Saat Listrik Mati


Mungkin kita sering mengalami pemadaman listrik yang secara tiba-tiba.

Saat listrik dalam keadaan mati, sebaiknya kalian tidak membuka dulu kulkasnya. Pasalnya, hal ini bertujuan untuk menjaga suhu dalam kulkas agar tetap dingin meskipun dalam keadaan mati listrik.



Itulah beberapa tips yang dapat kalian ikuti dalam merawat kulkas dengan baik dan benar, yang tentu saja bisa kalian praktikkan sendiri di rumah.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more