5 Manfaat Blog Untuk Bisnis Kecil & Menengah

Kini pemilik bisnis perlu melek dan memanfaatkan teknologi, karena cara konsumen mencari informasi layanan jasa atau produk juga turut berubah.

Penting bagi usaha kecil dan menengah untuk membuat website untuk membantu berkomunikasi dengan para konsumen.

Memiliki website adalah komponen penting dalam pemasaran online dan strategi branding yang komprehensif, para ekonom global menuntut agar pebisnis dapat melangkah lebih jauh. Namun website saja tidak cukup, sehingga perlu menambahkan sebuah blog.

Membuat blog adalah salah satu cara paling efektif untuk membangun kesadaran merek, dan menyediakan konten yang relevan serta bermanfaat bagi pembaca yang ditargetkan melalui blog yang secara konsisten diupdate.

Blogging adalah cara yang murah bagi usaha kecil dan menengah untuk mengarahkan lalu lintas ke situs mereka, sehingga meningkatkan pemasaran dan menarik lebih banyak pelanggan perspektif.

Menurut laporan pemasaran inbound baru-baru ini, hampir 80% dari perusahaan yang menggunakan blog sebagai bagian dari strategi pemasaran, melaporkan: mendapatkan pelanggan melalui upaya blogging mereka.

Selain itu, 82% pemilik bisnis mengakui bahwa blogging sangat penting untuk bisnis mereka.

Berikut adalah lima manfaat dari blog untuk bisnis kecil:

1. Memudahkan Konsumen dalam Menemukan Layanan dan Produk


Menciptakan konten yang relevan dalam blogging adalah salah satu metode yang paling mudah dan murah untuk bisnis. Banyak konsumen menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan produk yang ingin dibeli.

Ketika sebuah bisnis membuat postingan blog secara konsisten, mereka secara konstan tersedia di mesin pencari: Google, Bing, Yahoo, dan lainnya.

Manfaatkan peluang blogging untuk memasukkan kata kunci yang relevan agar postingan bisa berada di peringkat pertama, yang akan memudahkan konsumen untuk menemukan layanan atau produk yang ditawarkan oleh bisnis kalian.

2. Mengembangkan serta Memperkuat Hubungan dengan Konsumen lama dan baru


Keterlibatan pelanggan adalah elemen yang sangat penting dalam pemasaran dan branding online.

Blogging memberikan kesempatan bagi pebisnis untuk terhubung langsung dengan konsumen yang ada dan potensial dengan cara yang baik karena seperti berbicara face to face.

Blogging adalah cara yang baik untuk membangun kepercayaan dengan target konsumen melalui konten berkualitas tinggi yang mereka temukan di SERP dengan relevan.

Aktifkan kolom komentar, supaya kalian dapat tau tanggapan pengunjung terhadap postingan blog kalian, dan kalian dapat menanggapi langsung komentar mereka. Ini sangat berguna dalam membangun kepercayaan dan hubungan.

3. Menjadikan Pemimpin Industri


Tidak peduli seberapa kecil bisnis kalian, blogging adalah cara yang baik bagi bisnis untuk membangun kepercayaan dan membangun pengaruh dalam industri.

Dengan menyediakan konten yang dianggap sebagai informasi terpercaya yang berharga, konsumen potensial dapat melihat pengetahuan serta pengalaman kalian sesuai bidang kalian.

Pada akhirnya, memposting blog yang bermanfaat dan informatif secara teratur dapat menjadikan sumber daya khusus dalam industri, yang selanjutnya akan menghasilkan lebih banyak pertanyaan dan tingkat konversi penjualan yang lebih tinggi.

4. Memberitahu Merek Bisnis


Kesadaran merek adalah elemen yang sangat penting dari pemasaran, sehingga pembaca tau tentang informasi akurat bisnis kalian.

Kalian dapat memberitahu merek dan melibatkan pelanggan yang sudah ada.

Blog adalah media sosial online yang akan memberi tahu orang lain tentang standar perusahaan, karakter bisnis, visi dan kepribadian perusahaan kalian.

5. Berpeluang Mendapatkan Feedback Baik dari Orang yang Tidak Dikenal


Salah satu keuntungan dari blogging adalah kesempatan agar orang lain dapat memberikan backlink yang mengarah ke blog kalian.

Tidak hanya itu, ini juga menciptakan potensi untuk lalu lintas dan pertumbuhan pasar yang eksponensial. Pengunjung dapat membagikan tautan langsung ke blog, men-tweet, atau mengirim email ke teman mereka, melalui tombol share yang ada pada blog kalian. Ini adalah pemasaran potensial yang gratis.


Jika kalian tertarik untuk meningkatkan eksposur sambil menetapkan diri sebagai ahli dalam industri kalian, maka penting memanfaatkan blog sebagai strategi pemasaran.

Bagi bisnis kecil, aktivitas blogging adalah suatu keharusan. Jika kalian tidak memiliki waktu, sumber daya, atau keahlian untuk menulis konten blog, kalian dapat menggunakan agen atau jasa artikel pemasaran digital yang dapat membuat konten dengan unik, relevan, dan menarik untuk situs blog kalian.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more