Cara Mudah Dapatkan Uang dari Internet dengan Ikut Program Affiliate Marketing

Mendapatkan uang dari internet dapat dilakukan dengan berbagai cara, dimulai dengan cara; berjualan produk melalui marketplace, menjadi seorang publisher di sebuah platform periklanan, berjualan online melalui website yang dibuat sendiri, bisa menjadi seorang freelancer, dan baru-baru ini bisa dilakukan dengan menjalankan sebuah bisnis afiliasi atau yang dikenal dengan affiliate marketing.

Namun dari berbagai cara yang telah disebutkan di atas, sesungguhnya tidak ada yang paling untung atau tidak ada yang paling sia-sia, karena dari kesemuanya yang menentukan keberhasilan adalah sebuah konsistensi.

Jika Anda memilih untuk mendapatkan uang dari internet dengan cara menjual produk melalui marketplace, hal tersebut sah-sah saja, yang paling utama adalah tetap konsisten. Jangan sampai mudah menyerah sehingga mengganti dengan cara yang lain, padahal cara pertama belum menghasilkan apapun. Kecuali jika Anda sudah membuktikan bahwa usaha Anda sudah berhasil dengan berjualan produk lewat marketplace, baru Anda bisa mengupdate untuk mengganti dengan cara yang lain.

Salah satu cara mudah untuk mendapatkan uang dari internet yaitu dengan mengikuti jadi agen pemasaran afiliasi, atau lebih dikenal dengan affiliate marketing.

Pengertian Affiliate Marketing


Menurut Wikipedia, affiliate marketing adalah jenis pemasaran yang berbasis kerja sama, dimana sebuah bisnis atau perusahaan dapat memberikan "penghargaan" (bisa berbentuk uang, voucher, atau produk eksklusif) kepada satu orang atau bisa saja lebih jika berhasil mendatangkan pembelian. Ada pula yang menyebutkan jika affiliate marketing adalah salah satu bagian dari internet marketing yang sudah populer di dunia, dimana seorang agen akan mendapatkan komisi atau pendapatan dari setiap kali ia dapat membawa seorang klien untuk membeli sebuah produk dari usaha atau bisnis yang ditawarkan oleh agen.

Dapat disimpulkan, affiliate marketing adalah jika Anda ingin mendapatkan uang atau komisi dari internet caranya dengan membawa seorang atau bahkan lebih klien ke suatu bisnis tertentu untuk membeli produk mereka. Atau dengan kata lain, ketika sudah terjadi sebuah transaksi maka dengan otomatis Anda akan memperoleh sebuah penghargaan berupa "komisi" (uang, voucher, atau produk eksklusif) yang sudah ditetapkan.

Kenapa Harus Mengikuti Program Affiliate Marketing?



Salah satu cara terbaik untuk memulai bisnis online adalah dengan menjadi seorang agen. Apalagi, sangat mudah untuk mengikuti program affiliate marketing dan biasanya tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak.

Ada 3 alasan kenapa Anda harus mencoba program affiliate marketing untuk mendapatkan komisi atau uang dari internet.

1. Praktis


Dalam praktiknya, alasan utama untuk mendapatkan uang dari internet dengan program affiliate marketing adalah agar praktis atau tidak repot. Karena dengan menjadi agen afiliasi dari sebuah bisnis Anda tidak perlu sibuk untuk mencari ide dalam membuat produk, mengurusi stok produk, mem-packing produk, hingga melayani komplain dari customer.

2. Hanya fokus mencari customer


Alasan berikutnya cara mudah mendapatkan uang dari internet dengan menggunakan affiliate marketing adalah karena Anda hanya fokus untuk mencari customer dengan jumlah yang banyak. Sehingga tugas Anda sebenarnya hanya memasarkan produk dari pemilik bisnis ke target pemasaran yang tentunya sudah Anda pilih sebelumnya.

3. Bisa mendapatkan komisi dengan jumlah yang besar


Besar di sini memang relatif, tetapi biasanya dari bisnis afiliasi, pemilik bisnis atau vendor sudah menyediakan komisi mulai dari 30% hingga 70% dari harga jual aslinya. Contohnya, jika harga jual produk yang dipasarkan sebesar Rp 500.000,00 dan komisi yang Anda dapatkan adalah sebesar 30% maka Anda akan mendapatkan komisi sebesar Rp 150.000,00 dari satu pembeli saja.

Bagaimana Cara Kerja Program Affiliate Marketing?


Sebenarnya menjalankan program affiliate marketing adalah sesuatu yang mudah. Urutannya adalah:
  1. Anda mencari vendor atau pemilik bisnis yang tentunya mau untuk diajak bekerja sama
  2. Kemudian Anda fokus untuk mencari pembeli dan juga memasarkan produk dari vendor yang sudah Anda pilih
  3. Anda akan mendapatkan komisi jika produk tersebut berhasil terjual melalui link affiliate dari vendor
Atau,
  1. Anda mencari target pemasaran atau calon pembeli terlebih dahulu
  2. Mencari vendor atau penyedia affiliate program
  3. Jual dan tawarkan produk mereka dengan mencantumkan link affiliate, entah lewat: media sosial, blog pribadi, iklan berbayar, dan lainnya
  4. Jika link affiliate tersebut diklik konsumen dan membeli produknya vendor, maka Anda akan mendapatkan komisi

Sebenarnya posisi affiliate marketing atau affiliate partner berada di tengah-tengah antara produsen atau penjual dengan pembeli produk. Cara kerjanya memang sangat mudah, ketika Anda mendaftar sebagai affiliate, tentunya Anda akan mendapatkan link, yang nantinya akan Anda promosikan. Ketika ada yang klik dan sampai membeli produk atau jasa yang Anda promosikan, otomatis Anda akan mendapatkan keuntungan sekian persen dari penjualan yang sudah Anda lakukan.

Salah satu jasa yang bisa Anda afiliasikan adalah IDwebhost. Sebuah perusahaan yang memberikan jasa jual beli hosting dan domain yang saat ini banyak dicari perusahaan untuk kebutuhan membuat website yang dapat menunjang bisnisnya.

Ini Bedanya Reseller dengan Affiliate Marketing


Jika dilihat dari model bisnis yang dilakukan, antara reseller dengan affiliate marketing memang mirip, karena keduanya sama-sama menjadi perantara antara pembeli dengan penjual. Namun, ada perbedaan lain yang semakin membuktikan bahwa kedua model bisnis tersebut berbeda, diantaranya:

1. Penentuan jumlah komisi dan juga harga jual


Komisi dan harga jual untuk afiliasi biasanya sudah ditentukan oleh vendor atau pemilik bisnis. Bedanya dengan reseller, Anda bebas untuk menentukan sendiri seberapa banyak komisi atau keuntungan yang ingin didapatkan, dan juga dapat menentukan harga jualnya sendiri.

2. Sisi kepemilikan produk


Sebenarnya untuk afiliasi nanti tidak bisa jika akan mengklaim produk yang akan dipasarkan menjadi kepemilikan Anda. Kecuali dengan reseller, tentu saja Anda dapat mengklaim jika produk tersebut adalah kepunyaan Anda, karena biasanya Anda akan atau malah sudah membeli dalam jumlah yang cukup banyak dari pemilik bisnis dan juga sudah melunasi tagihan.

Keahlian yang Harus Dimiliki untuk Menjalankan Program Affiliate Marketing



Walaupun terlihat mudah, ketika Anda memutuskan untuk menjalankan affiliate marketing ini, tentu saja harus memiliki keahlian. Karena tentu saja keahlian ini yang akan menjadi modal utama ketika Anda ingin terjun di dunia ini, diantaranya:

1. Mampu mendatangkan traffic


Sebenarnya, memiliki keahlian mendatangkan traffic tidak hanya berlaku untuk affiliate marketing saja, karena untuk semua model bisnis yang menggunakan internet sebagai medianya, mendatangkan traffic adalah keahlian yang wajib dimiliki.

Ada dua macam cara untuk mendatangkan traffic, bisa dengan cara organik maupun dengan cara yang berbayar. Jika Anda ingin mendatangkan traffic secara organik, Anda dapat mencoba dengan teknik SEO (Search Engine Optimization), atau memposting produk atau jasa di facebook. Namun, jika Anda memilih untuk mendatangkan traffic dengan cara berbayar Anda dapat memilih menggunakan ads dari google, facebook, instagram, atau yang lainnya.

2. Mengubah traffic menjadi customer


Agar dapat menghasilkan uang, Anda harus mengubah traffic yang datang menjadi sebuah leads dan juga pembeli. Keahlian ini dapat Anda wujudkan dalam bentuk landing page, persuasi, dan lain sebagainya.

3. Mulai pelihara leads dan customer


Ini adalah kemampuan terakhir yang harus Anda punya yaitu bisa memelihara leads dan juga pembeli yang sudah Anda dapatkan. Tujuan harus mempunyai keahlian ini adalah agar Anda tidak mengulangi mencari traffic baru. Karena dengan Anda dapat memelihara leads dan juga customer ini nantinya bisa menjadi traffic yang jauh lebih baik, hal ini dikarenakan Anda sudah dipercaya dan customer Anda sudah tahu siapa Anda.

Setelah membaca postingan ini, tentu saja Anda sudah bisa memilih apakah akan mencoba afiliasi atau tidak. Namun, jika Anda kebingungan mencari pemilik bisnis atau jasa, Anda dapat mencoba menghubungi IDwebhost. Salah satu perusahaan hosting dan domain terbaik di Indonesia yang pastinya menyediakan banyak benefit yang bisa Anda dapatkan.

Selamat bekerja dan semoga beruntung.

Post Terkait:

Open Disqus Close Disqus



This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more