Cara Merawat Laptop Agar Awet & Tahan Lama

Tips Jitu Cara Merawat Laptop Agar Awet - Laptop adalah salah satu gadget yang harus selalu bekerja optimal. Karena sebagian besar orang mengandalkan pekerjaannya kepada Laptop. "Kalau tidak ada Laptop, tidak dapat bekerja". Itulah anggapan mereka. Oleh karena itu, Laptop harus selalu dalam keadaan optimal dan mendukung di setiap kondisi.

Nah, untuk menjadikan Laptop itu selalu optimal Anda dapat mempraktikkan beberapa tips bagaimana merawat Laptop. Di sini ada beberapa tips yang dapat diterapkan agar laptop Anda tetap awet. Oke, simak tips dan trik di bawah ini.

Tips Merawat Laptop Agar Awet & Tahan Lama


  1. Hindarkan Laptop dari medan magnet yang kuat, bahan berbentuk cair atau sumber panas/dingin.
  2. Hindarkan Laptop dari sinar matahari secara langsung.
  3. Pada saat menggunakan Laptop, pastikan posisinya diletakkan pada permukaan yang rata.
  4. Biasanya kerusakan laptop yang sering terjadi adalah pada harddisk dan LCD display/layar. Salah satu penyebab seringnya rusaknya harddisk karena diakibatkan oleh benturan atau terjatuh. Sedangkan penyebab kerusakan layar Laptop dapat dikarenakan terpapar sinar matahari secara langsung atau karena tekanan fisik.
  5. Selalu rapikan kembali kabel-kabel adaptor atau kabel lain yang sedang terhubung dengan laptop.
  6. Tingginya getaran juga menjadi penyebab laptop sering rusak. Oleh karena itu jauhkan laptop dari alat pengeras suara, seperti speaker atau sumber getaran lainnya yang keras.
  7. Saat di Airport ingin naik pesawat, sebaiknya hindarkan laptop Anda dari sinar X-ray yang ada, dikeluarkan saja.
  8. Selalu jaga kebersihan laptop setelah pemakaian, bersihkan dengan menggunakan kain bersih atau tisu agar debu-debu tidak menempel.
  9. Selalu lindungi modem Laptop milik Anda, jika menggunakan.
  10. Jika berpergian, sebaiknya gunakan selalu tas Laptop agar aman dari benturan dan pencurian. Jangan ditenteng atau dipeluk.
  11. Hindarkan menaruh barang berat di atas laptop.
  12. Jika laptop mengalami masalah Jangan coba-coba memperbaiki laptop sendiri apabila Anda tidak betul memahami mesin Laptop. Buruknya, kerusakan bertambah parah.
  13. Ketika mengangkat Laptop jangan pada bagian layar, tapi angkat pada bagian bawah/keyboard, agar layar tidak rusak.

Nah, demikianlah postingan kami tentang bagaimana cara merawat laptop agar tetap awet. Jika Anda memiliki tips lain yang telah kami sebutkan di atas, Anda dapat share di kolom komentar. Oke, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba tips jitu cara merawat Laptop agar awet dan tahan lama!

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more