Cara Membuat Grup Media Sosial untuk Pemasaran Produk

Kita tahu bahwa komunitas itu penting karena berkaitan dengan pendidikan, agama, interaksi sosial, dan bahkan kesehatan emosional dan mental. Tapi bagaimana dengan pemasaran? Bagaimana ide grup berperan dalam tujuan pemasaran Anda?

Nilai komunitas media sosial


Pemasaran telah mengalami evolusi dalam beberapa tahun terakhir. Karena semakin banyak orang melakukan kehidupan mereka secara online, semakin penting untuk mengalihkan upaya pemasaran secara online juga.

Di sinilah orang-orang berada. Di sinilah komunitas berkumpul. Pentingnya pemasar media sosial di zaman digitalisasi ini sangat penting. Mereka bertanggung jawab untuk menciptakan rasa kebersamaan di antara demografis mereka.

Komunitas-komunitas ini melayani lebih dari sekadar outlet pemasaran. Komunitas media sosial memainkan peran penting dalam budaya bisnis Anda. Komunitas-komunitas ini berharga karena sejumlah alasan:
  • Keterlibatan – Jenis pemasaran terbaik adalah dari mulut ke mulut. Anda ingin orang berbicara tentang produk atau layanan. Komunitas media sosial memberikan peluang sempurna untuk hal ini terjadi melalui keterlibatan di platform.
  • Kedekatan pengguna – Setiap kali pengguna terlibat di platform media sosial, mereka semakin dekat dengan merek Anda. Bahkan mereka yang bukan pelanggan saat ini atau yang tidak pernah mempertimbangkan produk atau layanan Anda dapat berhasil diperkenalkan melalui interaksi platform.
  • Visibilitas merek – Mungkin salah satu aspek paling berharga dari komunitas dan pemasaran media sosial adalah bahwa hal itu terus-menerus membuat merek Anda terlihat. Dengan bonus tambahan berbagi pengguna, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas.
  • Inspirasi – Komunitas media sosial sangat terkenal karena kemampuannya untuk menumbuhkan inspirasi yang berkaitan dengan merek Anda.

Jenis Grup Media Sosial


Ada banyak jenis komunitas media sosial. Di sinilah riset pemasaran Anda akan berguna. Anda harus menunjukkan dengan tepat jenis platform media sosial mana yang menarik bagi demografi khusus Anda. Anda kemudian dapat membuat komunitas berdasarkan informasi ini.

Bagaimana Membangun Komunitas Media Sosial?


Membangun komunitas membutuhkan waktu dan usaha. Itu tidak terjadi dalam semalam. Namun, kabar baiknya adalah membangun komunitas media sosial adalah salah satu jenis pemasaran yang paling murah. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan dapat memulai secara gratis. Beberapa platform menyediakan secara gratis untuk beberapa waktu atau bahkan tanpa batas.

Jika platform media sosial gratis berhasil menghasilkan hasil yang Anda inginkan, mungkin tidak akan pernah ada alasan untuk meningkatkan ke layanan berbayar.
  1. Mulai dari awal – Anda dapat membuat akun gratis dengan cukup mengundang kontak dan teman Anda sendiri. Dengan memperluas jangkauan maka Anda dapat mengundang pembeli dari teman Anda.
  2. CTA Interaksi Sosial – CTA atau Ajakan Bertindak, bisa sesederhana meminta orang lain untuk menyukai halaman tersebut. Anda juga dapat merujuk pelanggan yang sudah ada ke platform media sosial. Memiliki opsi media sosial yang tersedia dengan jelas di situs web Anda memberi pelanggan yang sudah berinteraksi dengan merek Anda berkesempatan untuk bergabung dengan komunitas. Pastikan ini selalu tersedia di situs web Anda, di email selamat datang atau di email konfirmasi pesanan.
  3. Tagar – Tagar adalah cara yang menyenangkan bagi orang-orang untuk terhubung di platform berdasarkan minat atau aktivitas yang sama. Pastikan untuk menggunakan hashtag secara efektif.
  4. Cross-Promote – Pastikan untuk mempromosikan semua outlet media sosial Anda di semua outlet Anda yang lain. Ini membantu menciptakan visibilitas yang lebih besar.
  5. Promosikan di Acara offline – Anda juga dapat mempromosikan komunitas media sosial secara offline. Outlet media sosial Anda harus diiklankan di dalam toko dan di Acara offline.
  6. Niat Baik – Jauhkan komunitas Anda dari permusuhan, intimidasi, atau perilaku negatif lainnya yang dapat mengurangi pengikut Anda. Jaga agar semangat tetap terang dan cerah. Ini menarik. Meskipun kontroversi mungkin menarik untuk sesaat, hal itu tidak akan mempromosikan merek Anda dalam jangka panjang.
  7. Tanggapi – Sangat penting bagi Anda untuk menanggapi komunitas Anda. Pesan dan pos adalah sumber kehidupan komunitas online Anda. Menginvestasikan waktu dalam interaksi platform tidak membuang waktu. Posting, bagikan, dan tanggapi secara teratur.

Libatkan komunitas media sosial Anda dengan hal-hal yang menyenangkan, ini dapat membuat interaksi komunitas menjadi lebih menyenangkan dengan menggunakan jenis komunikasi media sosial seperti:
  • GIF
  • emoji
  • gambar kutipan
  • video
  • Lainnya

Jangan pernah meremehkan kekuatan jenis komunikasi media sosial yang sederhana ini. Saat ini, komunitas online sering berkomunikasi dengan jenis informasi yang cepat namun kuat. Gunakan jenis komunikasi ini untuk keuntungan Anda dengan beberapa cara:
  • Hadiah – Hadiah adalah cara murah yang bagus untuk menggairahkan komunitas Anda dan menarik pengikut baru. Semua orang suka yang gratis.
  • Kontes – Kontes juga merupakan cara yang menyenangkan untuk membangun keterlibatan komunitas.

Kapan Harus Mulai Membayar?


Pada titik tertentu, Anda mungkin menyadari bahwa Anda dapat melakukan lebih banyak melalui metode berbayar. Setiap platform media sosial menawarkan merek metode berbayarnya sendiri. Ini adalah peluang yang dapat Anda investasikan untuk menarik pengguna baru ke komunitas Anda. Pastikan untuk menguji metode ini untuk memastikan bahwa ROI sesuai dengan tujuan Anda.

Praktik Terbaik


Pemasaran media sosial telah ada cukup lama sekarang, sehingga ada beberapa praktik terbaik yang dapat Anda rujuk untuk menjaga komunitas Anda berkembang, yaitu:
  • Tetap konsisten – Salah satu bahan terpenting adalah konsistensi. Jika Anda gagal berinteraksi dan menghasilkan konten secara teratur, Anda bisa kehilangan sesuatu dari apa yang sudah Anda bangun sebelumnya dengan cepat. Penting juga untuk menjaga suara dan budaya komunitas Anda untuk tetap konsisten. Perubahan mendadak di sini akan mengakibatkan pengikut berhenti mengikuti.
  • Tanggapi – Kami sudah membahas ini, tetapi ini sangat penting sehingga perlu diulang. Tanggapi komunitas Anda secara konsisten dan efektif.
  • Terlibat – Keterlibatan berarti ikut serta dalam percakapan, berkontribusi, merespons, dan berbagi.
  • Kurasi dengan hati-hati – Konten yang Anda kumpulkan untuk dibagikan dengan komunitas Anda dari sumber lain harus dikurasi dengan hati-hati. Itu harus relevan, berdampak, dan berkontribusi pada tujuan Anda secara keseluruhan.
  • CTA sepanjang hari – Tidak benar-benar sepanjang hari, tetapi pertahankan CTA sebagai bagian reguler dari konten Anda.

Tantangan dalam Membangun Komunitas Media Sosial


Ada tantangan dalam setiap jenis komunitas. Jenis tantangan yang akan Anda hadapi di komunitas media sosial serupa dengan tantangan yang Anda hadapi di komunitas sosial jenis lain. Waspadai tantangan ini dan atasi dengan cepat, seperti:
  • Penindasan – Waspada terhadap intimidasi di platform Anda.
  • Spam – Anda juga harus waspada terhadap pengguna spam yang mencoba menggunakan platform Anda untuk tujuan mereka sendiri.
  • Pesaing – Pastikan untuk membuat aturan komunitas yang akan mencegah pesaing menggunakan platform Anda untuk mempromosikan merek mereka sendiri.

Komunitas Media Sosial Sangat Berharga untuk Bisnis


Membangun komunitas media sosial Anda memang membutuhkan waktu dan usaha, tetapi ini juga merupakan salah satu jenis pemasaran yang lebih menghibur dan menyenangkan di luar sana. Gunakan tips ini untuk membuat komunitas media sosial Anda aktif dan berjalan.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus



This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Blogger Cookies