Cara Menyematkan Google Form di Wordpress & Blogger

Jika kesulitan membuat formulir di situs pribadi, Anda dapat memasang plugin untuk fungsionalitas dasar, tetapi hal itu dapat semakin memperlambat situs jika sudah memiliki banyak plugin.

Dengan Formulir Google, Anda tidak hanya dapat menambahkan formulir ke situs Anda lebih cepat, tetapi Anda juga mendapatkan lebih banyak fitur. Misalnya, Anda dapat menyisipkan file media, mengimpor pertanyaan, mengintegrasikan dengan mudah dengan WordPress dan email, berbagi di lebih banyak platform, dan menikmati penyimpanan tambahan di Google Drive.

Selain itu, Google Formulir memungkinkan Anda berkolaborasi dengan rekan satu tim, dan melacak semua hasil dari formulir Anda dari berbagai saluran, bukan hanya situs Anda.

Inilah cara Anda dapat dengan cepat menyematkan Formulir Google di situs web Anda hanya dalam beberapa langkah sederhana.

Cara Menyematkan Formulir Google di Situs Web / Blog


Untuk memulai, Anda memerlukan Formulir Google dan kode sematnya, yang akan Anda tambahkan ke halaman atau pos tempat Anda ingin formulir muncul di situs Anda.

Buat Formulir Google
  1. Untuk membuat Formulir Google, pastikan Anda masuk ke akun Google, lalu pilih ikon Formulir Google di menu Google Apps. Atau, buka forms.google.com.
  2. Pilih petak Kosong/Blank dari bilah alat untuk membuat formulir Anda dari awal, atau pilih templat dari opsi yang tersedia.
  3. Tambahkan Judul dan Deskripsi ke formulir Anda.
  4. Selanjutnya, gunakan bilah alat di sebelah kanan untuk menambahkan pertanyaan, mengimpor pertanyaan dari formulir lain, mengunggah video dan gambar, atau menambahkan bagian lain.
  5. Jika Anda ingin memilih jenis jawaban, pilih tanda Segitiga Bawah di sebelah bagian jenis jawaban.
  6. Dari opsi, Anda dapat memilih untuk membiarkan pengguna memberikan jawaban singkat atau paragraf, pilihan ganda, menandai kotak centang, atau memilih pilihan dari menu tarik-turun.
  7. Untuk menyesuaikan atau mengubah tema formulir, gunakan ikon Palet di sisi kanan atas layar.
  8. Anda juga dapat melihat pratinjau desain akhir menggunakan ikon Mata sebelum menyimpan dan menyematkannya di situs web Anda.
  9. Jika Anda ingin mengumpulkan alamat email, batasi pengguna untuk masing-masing satu tanggapan, atau izinkan mereka untuk mengedit tanggapan mereka setelah mengirimkan formulir, pilih Pengaturan Lanjutan (ikon Roda Gigi).
  10. Pilih ikon Tiga Titik untuk opsi lainnya seperti menambahkan kolaborator, membatalkan tindakan, menambahkan preferensi, atau add-on dari Google Workspace Marketplace.

Catatan: Memilih Tambahkan Kolaborator secara khusus memungkinkan Anda mengundang anggota tim Anda untuk mengerjakan formulir. Anda dapat mengirim undangan menggunakan opsi berbagi tautan atau mengetikkan alamat email mereka dan mereka akan menerima pemberitahuan email dengan undangan tersebut.

Sematkan Formulir Google di Situs Web Anda

Sekarang setelah Formulir Google Anda siap, langkah selanjutnya adalah menambahkannya ke situs web Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu mendapatkan kode sematan formulir, yang merupakan potongan kode unik yang akan Anda tambahkan ke halaman atau posting tempat Anda ingin formulir itu muncul.
  1. Untuk mendapatkan kode semat formulir, pilih Send di sisi kanan atas jendela editor formulir.
  2. Di Send form, Anda akan melihat berbagai opsi yang dapat digunakan untuk berbagi formulir misalnya melalui tautan, email, media sosial, atau HTML. Anda dapat memilih apakah akan membagikan formulir di Facebook atau Twitter, atau mengirimkannya ke daftar email pelanggan Anda.
  3. Untuk menyematkan formulir di situs web Anda, Anda perlu menggunakan opsi HTML. Pilih tab <>.
  4. Di bidang Embed HTML, Anda akan melihat cuplikan kode, serta kotak lebar dan tinggi tempat Anda dapat mengubah dimensi ukuran untuk formulir yang disematkan.
  5. Pilih Copy untuk menyalin kode semat dan masuk ke dasbor situs web Anda.

Tambahkan Kode Semat Formulir Google ke Situs Web Anda

Sekarang setelah Anda memiliki kode semat, masuk ke dasbor admin situs Anda dan buka halaman atau pos tempat Anda ingin menyematkan formulir.

Catatan: Tutorial dalam panduan ini berlaku untuk WordPress menggunakan Gutenberg/Block Editor.

  1. Langkah pertama adalah menambahkan blok HTML khusus. Untuk melakukan ini, buka editor blok dengan memilih Page atau Post di panel admin dan temukan page atau post yang ingin Anda edit.
  2. Pilih ikon Tambahkan blok (+) di sisi kiri atas editor blok di sebelah logo WordPress.
  3. Buka bagian Pemformatan dan gulir ke bawah untuk menemukan dan memilih HTML Khusus.
  4. Paste potongan kode HTML yang Anda salin tadi ke kolom yang tersedia.
  5. Di bilah alat blok HTML Khusus, pilih tab Pratinjau untuk melihat pratinjau tampilan formulir Anda di situs web Anda.
  6. Formulir Google Anda akan muncul di halaman atau posting Anda.
  7. Pastikan memperbarui postingan atau halaman Anda setelah mengedit agar perubahan dapat disimpan.

Tambahan: Penyematan Google form di platform Blogger hampir sama dengan Wordpress. Anda hanya tinggal copy-paste kode Embed HTML di halaman Statis atau Postingan atau Sidebar.


Buat Formulir yang Sempurna untuk Situs


Apakah Anda ingin menambahkan survei ke situs Anda, formulir pemesanan ke toko online Anda, pendaftaran acara, atau formulir kontak? Formulir Google dapat membantu Anda membuat formulir yang sempurna untuk situs web Anda.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus



This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Blogger Cookies