Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dinonaktifkan

Lihat apa yang harus dilakukan jika akun diretas dan dinonaktifkan atau jika keputusan datang dari Instagram sendiri.

Jika Anda menonaktifkan akun Instagram untuk tidak menggunakan media sosial ini, ketahuilah bahwa Anda dapat mengakses kembali profil Anda hanya dengan memasukkan username dan kata sandi Anda di aplikasi Meta tersebut. Namun, jika akun Anda diretas/dihack atau dinonaktifkan oleh platform Instagram itu sendiri, proses pemulihannya sangat berbeda.

Apa yang harus dilakukan jika akun diretas dan dinonaktifkan oleh orang lain?


Jika akun diserang oleh peretas atau dinonaktifkan tanpa persetujuan Anda, pertama-tama Anda perlu memeriksa apakah penyerang telah mengubah email atau nomor telepon terdaftar di media sosial Instagram.

Jika dia belum melakukannya, Anda akan dapat memulihkan kata sandi yang dapat dilakukan baik di aplikasi maupun di versi web platform. Dengan merubah kata sandi, cukup masuk kembali ke Instagram untuk mengaktifkannya kembali.

Namun, jika peretas mengubah informasi login Anda, Anda harus memeriksa kotak masuk Anda untuk mengetahui apakah Anda telah menerima email dari security@mail.instagram.com, yang memberi tahu Anda tentang perubahan tersebut. Jika demikian, Anda dapat membatalkan tindakan tersebut, mengikuti langkah-langkah yang ditunjukkan dalam pesan email itu sendiri. Jika tidak, Anda perlu menghubungi dukungan Instagram dan menjelaskan situasinya. Dalam hal ini, Anda harus menjawab formulir dan mengikuti langkah-langkah yang diperlukan agar akun Anda diaktifkan kembali.

Cara memulihkan akun yang dinonaktifkan oleh Instagram


Jika akun Instagram dinonaktifkan (bukan dihapus) oleh media sosial itu sendiri, pengguna akan melihat pemberitahuan tentang keputusan tersebut saat mencoba masuk ke profilnya. Hal ini dapat terjadi karena mereka yang tidak mengikuti aturan dan ketentuan yang diberlakukan oleh platform Instagram dapat dinonaktifkan profilnya tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Dalam kasus ini, penting bagi pengguna untuk membaca Pedoman Komunitas dengan hati-hati, sehingga mengetahui apakah mereka telah melanggar aturan yang diberlakukan oleh platform itu. Di antara perilaku tersebut misalnya pelarangan konten yang tidak pantas atau konten yang diperoleh tanpa izin, yang melanggar undang-undang atau mempublikasikan gambar eksplisit di media sosial.

Namun, jika setelah membacanya, dia tidak menemukan pedoman apa pun yang dia langgar, sehingga yakin bahwa akunnya dinonaktifkan secara keliru, dia dapat mengajukan banding atas keputusan tersebut melalui Pusat Bantuan Instagram.

Dalam hal ini, dia harus mengisi formulir kontak dengan memberikan informasi kesalahan sistem agar platform dapat menyelidiki situasinya.

Apakah mungkin untuk menuntut Instagram karena menonaktifkan akun secara tidak sengaja?


Jika akun Instagram Anda dinonaktifkan tanpa alasan apa pun atau dengan alasan yang tidak Anda setujui (dan permintaan peninjauan Anda dengan platform tidak mengubah keputusan media sosial tersebut), Anda dapat mengaktifkan profil kembali dengan cara lain.

Setiap pengguna yang akunnya dinonaktifkan tanpa alasan atau dengan alasan yang dianggap tidak sah, tidak diragukan lagi dapat mengajukan gugatan terhadap Meta.

Dalam kasus ini, selain meminta aktivasi akun, pengguna juga dapat meminta ganti rugi atas kerugian moral, jika ada jenis kerusakan apa pun, bahkan meminta kompensasi atas kerugian materi, jika ada kerugian materi.

Selalu disarankan agar semua upaya untuk menghubungi media sosial digunakan sebagai bukti, baik melalui aplikasi itu sendiri, situs web, atau bahkan melalui email. Segala sesuatu yang dapat membuktikan terjadinya penangguhan yang tidak adil ini. Dibutuhkan juga (dan bahkan direkomendasikan) bahwa mereka memiliki screenshot gambar tentang bagaimana akun itu sebelum dinonaktifkan, karena dengan demikian dimungkinkan untuk menunjukkan jumlah pengikut dan contoh konten yang dipublikasikan di profil sebagai barang bukti.

Dalam tindakan seperti ini, jika permintaan bantuan mendesak dibuat, akun Instagram dapat diaktifkan kembali dalam hitungan hari atau minggu. Namun, prosesnya sendiri akhirnya memakan waktu, dan bisa bertahan hingga tiga tahun, tergantung beberapa faktor lain yang mempengaruhi perkembangannya.

Namun, jika pengguna lebih suka mencari cara untuk mengaktifkan kembali akunnya di luar hukum, sebelum mengajukan gugatan ekstrem terhadap media sosial tersebut, ia dapat mencari bantuan dari pihak swasta yang mempunyai keahlian di bidang ini.

Pihak swasta akhirnya menjadi sarana alternatif untuk mencoba berhubungan dengan perusahaan-perusahaan ini. Dia dapat membantu dalam perantaraan dan membuka proses administrasi sehingga perusahaan memberikan tanggapan atau mempromosikan pengaktifan kembali akun tersebut. Dan, jika tidak memanifestasikan dirinya dengan benar, mungkin saja dia bahkan mengenakan denda terhadap perusahaan itu.

Meskipun demikian, kami memperingatkan bahwa tidak ada jaminan dalam jenis proses ini, selain menekankan bahwa tidak memungkinkan jenis kompensasi apa pun, seperti yang dapat diberikan jika melewati tuntutan hukum.

Bisakah mengembalikan akun Instagram yang dihapus sendiri?


Sayangnya, jika pengguna sendiri yang menghapus akun di media sosial, tidak mungkin mengaktifkan kembali profil yang dimaksud. Dalam situasi ini, @username yang digunakan tidak ada lagi di platform, dan bahkan tidak dapat digunakan di akun baru.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more