Lupa Kata Sandi / Pola Kunci Android? Berikut Cara Membuka Kunci Smartphone Anda

Proses membuka kunci akan tergantung pada smartphone dan versi Android. Itu dapat dilakukan melalui Find My Mobile, dengan Akun Google atau dengan menyetel ulang perangkat.

Find My Mobile membuka kunci ponsel dari jarak jauh dan tersedia untuk pemilik Samsung Galaxy. Pengguna dengan smartphone dari merek lain dengan Android 4.4 atau lebih lama dapat meminta perubahan kata sandi, dan sebagai upaya terakhir perlu memformat atau reset ulang perangkat.

Buka kunci Samsung Galaxy


Tutorial di bawah ini memungkinkan Anda membuka kunci smartphone Samsung melalui Find my Mobile tanpa harus mengembalikan semua data dan akan membantu Anda jika perangkat menjalankan versi setelah Android 4.4. Namun, sebelumnya pengguna harus membuat Akun di Samsung. Jika sudah mendaftar, ikuti petunjuk selanjutnya:
  1. Masuk ke Find my Mobile - Akses tautan findmymobile.samsung.com, login dan isi kata sandi Akun Samsung dan klik "Masuk".
  2. Pilih perangkat Anda saat ini - Di menu di sisi kiri layar web akan muncul semua perangkat yang terhubung ke akun Samsung Anda, pilih model yang sedang Anda gunakan.
  3. Buka Blokir - Di menu di sisi kanan layar, ketuk "Buka Blokir". Situs akan menampilkan peringatan tentang menghapus semua informasi kunci layar. Untuk melanjutkan tekan "Buka Kunci" lagi.
  4. Buka kunci smartphone - Jendela login Akun Samsung baru akan terbuka, masukkan kata sandi dan klik "Berikutnya" untuk memvalidasi akses Anda. Segera, smartphone Anda akan dibuka kuncinya.

Ingatlah bahwa proses ini menghapus pola buka kunci, PIN, atau kata sandi. Jadi jika Anda ingin mempertahankan keamanan smartphone, Anda harus membuatnya lagi.

Buka kunci ponsel dengan Android 4.4 atau lebih lama


Jika Anda memiliki smartphone dengan Android 4.4 atau lebih lama dengan merek seperti Motorola, LG, dan Multilaser, Google menawarkan opsi yang disebut "Saya lupa pola" atau "Saya lupa kata sandi" bagi Anda yang ingin membuka kunci smartphonenya.

Isi secara "asal" kombinasi pola atau sandi Anda lebih dari 5 kali, maka akan muncul salah satu pesan "Saya lupa pola" atau "Saya lupa kata sandi" di pojok bawah perangkat. Kemudian ketuk lalu login dan isi kata sandi Google Anda untuk mendapatkan kembali akses ke perangkat tanpa kehilangan semua data di smartphone.

Setel ulang smartphone dengan Akun Google


Jika masalah Anda tidak terpecahkan sesuai dengan salah satu solusi di atas, cara mengatasinya adalah dengan mengatur ulang perangkat Anda. Proses ini berfungsi untuk semua smartphone Android termasuk Xiaomi dan Motorola.

Namun, opsi ini akan menghapus semua informasi perangkat seperti foto dan aplikasi untuk saat ini, tidak ada alternatif lain yang memungkinkan akses tanpa menghapus data, jadi selalu perbarui cadangan Anda.

Diharuskan untuk mengatur ulang dari desktop atau dari smartphone lain. Yang Anda butuhkan hanyalah akun Google (digunakan untuk mengunduh aplikasi dari Play Store, mengakses Gmail, dan lainnya). Berikut langkah-langkahnya:
  1. Akses situs web "Temukan Perangkat Saya" - Buka browser Anda, akses tautan google.com/android/find. Lalu masuk dengan email dan kata sandi Akun Google, jika Anda belum melakukannya.
  2. Atur ulang telepon - Pilih "Hapus Perangkat" dari menu sebelah kiri. Setelah inisialisasi, Anda dapat mengakses telepon tanpa kata sandi.

Jika Anda memiliki masalah membuka kunci smartphone dengan kata sandi oleh Google, Anda dapat memformatnya menggunakan mode pemulihan perangkat Android.

Pertanyaan umum


Apakah mungkin membuka kunci ponsel dengan panggilan darurat?


Tidak. Ada beberapa video yang beredar memperlihatkan metode ini, tapi itu hanya tipuan visual. Faktanya, smartphone dibuka kuncinya dengan sidik jari di bagian belakang atau samping perangkat.

Bagaimana cara menyimpan kata sandi di tempat yang aman?


Jika Anda menggunakan PIN untuk mengakses smartphone dan tidak ingin kehilangannya lagi, pilihlah pengelola kata sandi. Ada beberapa opsi, gratis dan berbayar di pasaran. Jika perangkat Anda kompatibel, pilih untuk membukanya dengan sidik jari, selain lebih aman, Anda tidak berisiko ketika lupa pola atau sandi kunci.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more