5 Bahaya Terbiasa Tidur di Pagi Hari Bagi Kesehatan, Blogger Harus Tahu!!

Tidur merupakan sebuah kebutuhan bagi semua orang, dengan melakukan aktivitas ini maka tubuh akan menjadi lebih bugar karena metabolisme berjalan dengan lancar.

Namun apa jadinya jika kebiasaan tidur yang kita lakukan tidak sebagaimana mestinya?

Jika orang tua sering marah karena kita sulit bangun di pagi hari, tentu sikap marahnya dilakukan bukan tanpa alasan. Melakukan tidur di pagi hari sebelum pukul 11.00 ternyata memiliki bahaya yang dapat mematikan kesehatan tubuh kita.

tidur bersama di pagi hari akibat sering begadang

Inilah 5 bahaya atau dampak buruk jika kita punya kebiasaan tidur di pagi hari bagi kesehatan tubuh


1. Metabolisme yang Tidak Seimbang

Waktu pagi hari yang idealnya untuk melakukan aktivitas, ternyata bagi sebagian orang waktu ini masih banyak digunakan untuk tidur yang lebih lama.

Sayangnya kebiasaan buruk seperti ini justru tidak baik untuk proses metabolisme dalam tubuh. Dimana kebanyakan orang akan merasa lapar dan melakukan sarapan pagi untuk suplai energi, namun bagi orang yang masih tidur di waktu tersebut rasa lapar yang dirasakan akan terjadi lebih lama dan hal ini dapat mempengaruhi kecepatan metabolisme dalam tubuh.

Akibat efek negatif dari kebiasaan buruk ini dapat membuat berat badan kita menurun.


2. Rawan Terkena Kanker Darah

Kanker darah atau dengan nama lain Leukimia adalah penyakit yang diakibatkan oleh terlalu banyaknya sel darah putih dalam tubuh. Kebiasaan tidur di pagi hari dapat mengakibatkan naiknya kadar darah putih yang beresiko terhadap penyakit kanker darah.

Sungguh menakutkan, apalagi jika kebiasaan tidur yang kamu terapkan berkisar antara jam 08-12 siang. Hal ini begitu fatal bagi kinerja metabolisme dalam tubuh yang berdampak pada naiknya sel darah putih.


3.Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Nurses' Health Study, dimana dari 72.000 wanita yang memiliki kebiasaan tidur di waktu pagi dengan lama waktu 9-11 jam akan meningkatkan resiko penyakit jantung 38% atau lebih tinggi.

Pagi hari tubuh akan bekerja secara optimal terutama dalam proses metabolisme. Untuk kerja metabolisme tubuh sendiri akan membutuhkan waktu minimal selama 4 jam. Jadi, jika tidak ingin terkena resiko dini gagal jantung maka hindari tidur terlalu lama terutama di pagi hari.


4. Meningkatnya Kadar Gula Darah

Seperti halnya bahaya tidur setelah makan, tidur di pagi hari juga memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Kebiasaan seperti ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah naik sehingga sangat rawan terkena penyakit diabetes.

Gejala diabetes cenderung mendekati orang-orang yang memiliki pola tidur lebih lama dibanding biasanya. Selain itu kebiasaan tidur di waktu pagi juga dapat meningkatkan resiko terkenanya penyakit diabetes lebih cepat dari umumnya.


5. Pengaruh Terhadap Sistem Pencernaan

Orang yang memiliki kebiasaan tidur di pagi hari juga sangat rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan organ percernaan. Sistem pencernaan akan terganggu dalam melakukan aktivitasnya jika tubuh masih dalam keadaan tidur.

Proses metabolisme yang banyak bekerja di pagi hari dan seseorang masih dalam keadaan tidur tentu akan berdampak pada kinerja sistem pencernaan yang kurang optimal. Hal ini sangat rentan terhadap penyakit di dalam sistem pencernaan terutama pada bagian lambung.


Itulah bahayanya jika kebiasaan tidur di pagi hari masih saja kita terapkan. Hindari dengan perbanyak aktivitas (misal: olahraga) sehingga tubuh tidak mudah mengantuk di pagi hari. Selain itu tidur di malam hari yang cukup juga dapat menghindari stres.

Jangan sampai aktivitas blogging yang over alay malah membuat diri kita sakit atau opname di rumah sakit. Yang ada, gajian dari blogging justru bukan untuk foya-foya malahan untuk bayar rumah sakit.

Semoga bermanfaat.

Related Post

Tambahkan Komentar Sembunyikan