5 Manfaat ChatGPT untuk Pakar SEO saat ini

Chatbot bertenaga AI baru menunjukkan potensi besar untuk merevolusi pengoptimalan mesin pencari. Berikut beberapa cara yang sudah bisa digunakan oleh pakar SEO.

Awas, Google. Ada pemain baru di kancah mesin pencari.

Tentu, Anda pernah mendengar ini sebelumnya, tetapi kali ini serius.

ChatGPT (Generative Pre-trained Transformer) adalah model pembelajaran besar yang berfokus pada bahasa.

Menggunakan kecerdasan buatan (AI) dan sejumlah besar data, sistem itu dapat berinteraksi dengan pengguna dengan cara percakapan, menjawab pertanyaan tindak lanjut, mengakui kesalahan, menolak permintaan yang tidak pantas, dan bahkan menantang premis yang salah.

Meskipun chatbot yang dikembangkan OpenAI ini bukan pesaing langsung untuk Google, namun ini telah mengubah cara pandang mesin pencari raksasa tersebut, hingga Google akhirnya membuat ChatGPT versinya sendiri yang akan rilis tahun 2023 ini. Dan ini secara dramatis akan mengubah bentuk optimasi mesin pencari secara global.

Apa yang dapat dilakukan dengan ChatGPT?


Kami baru mulai memanfaatkan potensi untuk menggunakan Machine Learning dan Artificial Intelligence dalam SEO dan pemasaran.

ChatGPT mampu berpartisipasi dalam diskusi dan menjawab pertanyaan dengan cara yang sangat mirip seperti manusia.

Bisa menulis esai, cerita fiksi, puisi, bahkan menghasilkan iklan yang dapat membuat penulis profesional sedikit khawatir.

Mesin ini dapat digunakan untuk membuat konten dengan cukup akurat sehingga Departemen Pendidikan Kota New York telah melarang penggunaannya di tengah kekhawatiran akan kecurangan.

Namun lebih dari konten, ChatGPT cukup pintar untuk digunakan menulis deskripsi meta atau kode debug. Saat ini, menggunakannya untuk pengkodean adalah proses teknis yang panjang, tetapi tampaknya aman untuk berasumsi bahwa ini akan menjadi lebih mudah seiring dengan berkembangnya model pembelajaran.

ChatGPT juga dapat digunakan sebagai asisten pencarian, memberikan jawaban atas pertanyaan dalam format yang jelas dan ringkas untuk menyelamatkan pengguna dari menyisir beberapa halaman web untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mereka.

Sebagai seorang profesional SEO, ini mungkin terdengar sedikit menakutkan.

Tapi merangkul teknologi AI daripada mengkhawatirkannya bisa menjadi langkah yang baik.

Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk merampingkan pekerjaan Anda dan membuat tugas yang berlebihan atau berulang menjadi lebih efisien.

Mari kita lihat bagaimana ahli SEO mutakhir menggunakan ChatGPT untuk optimasi.

Cara SEO Profesional memanfaatkan ChatGPT untuk pekerjaannya


1. Membuat Konten


Membuat konten bisa merepotkan, terutama jika Anda tidak memiliki staf penulis yang terampil.

Bisakah ChatGPT melakukan ini untuk Anda? Yah, itu bisa, tetapi Anda mungkin harus menghindari menggunakannya untuk menulis halaman web dan posting blog.

Pada tahun 2022, Advokat Penelusuran Google "John Mueller" mengatakan dengan tegas bahwa mesin pencari melihat konten yang dibuat menggunakan kecerdasan buatan sebagai spam, yang melanggar pedoman perusahaan.

Saat ini, algoritme Google dapat mengidentifikasi dan menghukum konten yang dihasilkan AI, bahkan yang menggunakan algoritme anti-deteksi.

Anda harus selalu menggunakan pengawasan manusia saat bekerja dengan AI.

Namun, semua orang dapat menggunakan ChatGPT dengan aman untuk membuat konten pda postingan media sosial, penawaran email, salinan halaman arahan untuk PPC, atau bahkan salinan iklan. Inovasi ini juga bisa menjadi alat mencurahkan pendapat yang hebat.

Selama Anda berhati-hati, ChatGPT dapat membantu merampingkan banyak tugas konten yang berlebihan seperti variasi iklan, tetapi Anda harus selalu hati-hati memeriksa setiap konten yang dihasilkan, karena mungkin berisi ketidakakuratan.

2. Riset dan Analisis Kata Kunci


Oke, jadi Anda tidak mau mengambil risiko hukuman ketahuan menggunakan ChatGPT untuk membuat konten. Itu tidak berarti Anda tidak dapat memanfaatkan kekuatannya sebagai bagian dari strategi konten Anda.

ChatGPT membuat penelitian kata kunci praktis menjadi mudah.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuka chatbot dan mengetikkan beberapa kata kunci target Anda, dan meminta yang terkait. ChatGPT akan mengeluarkan daftar kata kunci terkait berdasarkan pemahamannya tentang hasil pencarian.

Untuk mencoba fungsi ini, cari daftar kata kunci yang relevan dengan "penyedia software perbankan".

Beberapa saat kemudian, chatbot memberi daftar kata kunci dan frasa yang mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk dibuat melalui penelitian kata kunci tradisional.

Anda juga dapat menggunakannya untuk menentukan persaingan untuk berbagai kata kunci.

3. Pengembangan strategi Konten


Ini akan sangat mengejutkan. Kita bahkan tidak akan memikirkannya.

Itu benar. Anda dapat meminta ChatGPT untuk menguraikan strategi pemasaran konten untuk Anda.

Meskipun tidak mengembalikan rencana terperinci (meskipun Anda mungkin bisa memintanya), hasil itu memberikan serangkaian teknik tingkat tinggi untuk konten yang terkait dengan bidang tertentu.

Satu peringatan yang muncul dalam pikiran tentang penggunaan strategi konten yang dibuat oleh chatbot adalah kekhawatiran bahwa pesaing terdekat Anda mungkin melakukan hal yang sama. Jadi, Anda semua akan membuat postingan blog yang hampir identik dengan konten saingan Anda.

4. Pemahaman yang Lebih Baik dari maksud Pencarian


Bagi kami, ini adalah satu-satunya potensi terkait SEO paling menarik yang disajikan oleh ChatGPT, kemampuannya untuk menelusuri kueri penelusuran melampaui kata-kata dari maksud penelusuran.

Ya, Google mencoba melakukan ini, dan ya, itu telah meningkat secara dramatis selama umur mesin pencari, tetapi Google = "menerima permintaan Anda dan mencoba menjawabnya", sedangkan ChatGPT = "menerima kueri Anda dan akan sering menyempurnakannya".

Meskipun versi beta dari chatbot ini belum terhubung ke internet, tampaknya kemampuan pembelajaran ChatGPT akan memungkinkannya untuk mengembangkan pemahaman yang lebih besar secara eksponensial tentang apa yang dicari setiap pencarian, terkadang bahkan memberikan informasi yang tidak diketahui oleh pencari itu sendiri.

Sebagai seorang profesional SEO, Anda tidak perlu diberi tahu bahwa dengan membuat konten yang menjawab pertanyaan dengan lebih baik, akan menaikan peringkat di mesin pencari. ChatGPT dapat membantu Anda melakukannya.

5. Menghasilkan Judul SEO yang Baik


Tanyakan kepada penulis mana saja, dan mereka akan memberi tahu Anda bahwa judul adalah salah satu hal yang paling sulit untuk ditulis, terutama untuk tujuan SEO. Terlalu sering, mereka berakhir sebagai hal-hal yang membosankan seperti “Cara Membangun Bisnis Online” atau hal-hal yang membosankan.

Untuk membumbui segalanya, silakan minta ChatGPT untuk memberi daftar judul halaman tentang Bisnis Online, dan akan muncul dengan jawaban sepuluh pilihan, yang semuanya lebih menarik daripada kata yang dimulai dari "Cara".

AI menghadirkan Dunia Baru yang Berani untuk SEO


ChatGPT adalah alat yang sangat mengesankan. Sangat mudah digunakan atas apa yang ditawarkannya, dan pada akhirnya dapat dilakukan di masa depan, terutama untuk SEO.

Hanya dengan contoh kecil dari manfaat yang dibahas di atas, hal ini berpotensi menghemat waktu Anda ratusan jam setiap tahun.

Namun, alat itu bukan tanpa kekurangan. Untuk satu hal, karena saat ini baru beroperasi, chatbot ini mengambil data paling lambat dari tahun 2021, yang berarti tidak dapat memberikan informasi apa pun tentang peristiwa terkini.

Mungkin aman untuk mengasumsikan bahwa versi chatbot yang lebih baru akan memperbaiki masalah ini, tetapi kami masih belum tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan AI untuk mempelajari peristiwa baru dan menghubungkannya dengan topik lain.

Lebih lanjut, ini tidak 100% akurat dan tidak bias. Bergantung pada inputnya, ia dapat menerima dan dengan demikian mengulangi informasi yang salah, sedangkan kumpulan data awal yang dilatihnya mungkin tidak bebas dari bias kumpulan data.

Terakhir, sebagai seseorang yang tumbuh besar dengan menonton film Terminator, selalu ada kekhawatiran ChatGPT menjadi sadar diri dan memperbudak umat manusia.

Kesimpulan


ChatGPT adalah teknologi yang sangat keren, dan semua tanda menunjukkan bahwa alat ini akan menjadi lebih baik dan berguna di masa depan.

Pada akhirnya chatbot ini menunjukkan potensi untuk membuat optimasi mesin pencari lebih cepat dan lebih efisien.

Kita harus melakukan semua upaya untuk memastikan alat ini tidak terhubung ke gudang senjata nuklir.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus



This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Blogger Cookies