Karena Uang Akhirnya Membunuh Identitas Blogger Sendiri

Kalian bisa melihatnya sendiri! Karena terlalu lebay mencari uang lewat blog, pemilik menaruh banner iklan Adsense malah mirip sampah berserakan sampai-sampai loadingnya lambat saat diakses. Ada juga yang memasang banner hingga menutupi artikel postingan dan tidak bisa diclose. Dampak negatifnya adalah mereka bukannya untung malah buntung, hingga perpanjangan domain pun terabaikan akibat tidak adanya pemasukkan. Kalian mau berakhir sia-sia seperti itu?

Gara-gara uang juga tulisan artikel blog mereka menjadi tidak karuan dan sulit dipahami, karena merasa bahwa semakin banyak posting maka meraup penghasilan juga cepat. Padahal itu merupakan pemikiran yang salah besar! Tanpa memberi kenyamanan dan jawaban yang tepat justru pengunjung malas kembali ke blog mereka. Kalian boleh posting setiap hari, namun kualitas tetap harus nomor satu.

Sebenarnya sikap memikirkan pendapatan dari blogging tidaklah salah, karena itu semua adalah hak pemilik/pengurus dalam kepengurusan blog. Namun sangat disayangkan sekali jika gara-gara uang membuat identitas blog rusak!

Suatu ketika saya ditanya seorang blogger baru, "Mas, padahal saya sering posting, artikel juga sudah banyak, tapi kenapa trafik segitu-segitu saja ya?" Lalu kemudian saya telusuri blog miliknya dan melihat banner yang terpampang terlalu banyak hingga melihat keseluruhan halaman lama terproses karena banyak script iklan hingga membuat loadingnya lambat saat diproses.

Mungkin kalian kira fast loading tidak pengaruh untuk SERP, justru sebaliknya bahwa kecepatan loading merupakan salah satu teknik SEO yang berlaku pada saat ini dan seterusnya. Jadi, semakin cepat loading blog saat diakses maka semakin baik pula penilaian robot mesin pencari (bing & yahoo!, google, yandex, dll) kepada blog kita. Karena SERP postingan juga baik bahkan berada di halaman pertama, pada akhirnya trafik blog pun juga meningkat naik.

Identitas itu perlu, jika blog kita sudah dicap buruk akibat terkenal lemot saat dibuka maka pengunjung pun malas kembali.

Identitas bukan hanya dilihat dari kecepatan loading saja, karakter tulisan juga termasuk di dalamnya. Jika awalnya pengunjung suka dengan tulisan-tulisan kita karena dianggap menjawab dan menginspirasi, maka tak hayal jika pada akhirnya mereka merasa malas datang lagi ke blog kita jika tulisan yang dibuat tidak sebagus dulu akibat terlalu fokus ke uang tanpa menciptakan tulisan yang berkualitas.

Yang perlu kalian ingat! Menerapkan SEO itu sangat mudah jika mau peduli dan selalu memberikan kenyamanan maksimal kepada pembaca saat membaca.

Untuk menciptakan konten artikel yang berkualitas maka saat menulis lupakan pemikiran tentang uang di dalam pikiran kita. Percayalah bahwa kepedulian kepada pembaca harus dilakukan sehingga efek dari sikap positif itu akan kita terima kembali bahkan berkali lipat dari yang dibayangkan.