Sikap Gengsi Tidak Membuat Kaya Malah Tambah Melarat

Harusnya kalian tau bahwa sikap gengsi tidak ada manfaatnya dan tidak akan membuat kaya, malah sebaliknya dampak buruknya kita semakin miskin dan tambah menderita. Hingga akhirnya kita dihina dan dijauhi karena teman tau bahwa kita telah berpura-pura menjadi orang kaya, yang aslinya padahal hidup pas-pasan hingga susah makan.

Pengertian menurut saya pribadi (bukan para ahli) gengsi adalah semacam gejala penyakit kronis akibat dari sifat hedonisme, konsumtif, dan kurang bersyukur. Hingga akhirnya akan susah disembuhkan apabila dirinya sendiri tidak mau menyehatkan hati dan berpikir lebih lebih panjang. Sikap gengsi tidak bisa dihindari jika kita selalu cuek tanpa pernah introspeksi diri dan tidak mau melihat kondisi keuangan.


Semakin kita gengsi maka akan semakin miskin, karena boros dalam membeli barang-barang branded seperti: pakaian, hp, laptop, pernak-pernik hiasan tubuh, dan lainnya, hingga perlu menggocek dompet lebih dalam bahkan berhutang demi gaya hidup kelewat batas. Itulah alasan utama kenapa gengsi dapat membuat orang semakin tambah miskin/melarat.

Jelas saja yang akan menjadi korban hasil keburukan ini bukan hanya diri kita sendiri. Orang tua dan keluarga juga akan terkena dampak buruknya. Orang tua hutang sana sini demi rasa gengsi kita untuk dibelikan hp smartphone versi terbaru, sampai pada akhirnya orang tua bingung cari hutangan, kerja keras tiap waktu hingga lupa makan, kebanyakan pikiran demi membahagiakan anak, lupa sholat karena tidak ada waktu, bahkan sakit parah hingga berujung kematian.

Gengsi hanya akan menjadikan seorang manusia sebagai pembohong.

Pura-pura kaya padahal makan saja susah, internet minta wifi teman, dan beli rokok hutang di warung. Jika ingin kaya, ya wajib berusaha, berdoa, dan mensyukuri apa yang kita miliki saat ini. Biarkan orang lain berkata apa tentang kita, bilang kita miskin tidak masalah, lha kenyataannya kita memang miskin, kenapa juga harus berbohong jika bohong tidak bikin kaya? Mau dirubah penampilan pun tetap saja miskin, kecuali kalau kalian mau berusaha sungguh-sungguh.


Kuncinya adalah selalu bersyukur! Insya Allah, hidup kita akan selalu berada di jalur yang benar dan percayalah bahwa TUHAN tidak akan tinggal diam apabila kita selalu berusaha dan bersyukur.

Jadi blogger pun juga tidak perlu gengsi. Belum gajian ya sabar saja. Ngeblog pakai hp juga tidak masalah. Tidak perlu cari hutangan untuk beli laptop, karena belum menjamin kesuksesan blogging. Menuliskan ide tulisan pun juga tidak boleh diada-ada demi kegengsian, harus jujur apa adanya, bukannya malah copy paste artikel blog milik tetangga.


Tambahan

Ketika ada keluarga atau teman yang menawarkan sesuatu bantuan atau hadiah, terima saja, tak perlu gengsi (asal bentuk bantuan tersebut bukan berasal dari hasil kriminal). Tidak perlu dipikir pusing dan merasa tidak enak, anggap saja mereka sedang berbagi kebahagiaan. Doakan saja bantuan mereka agar menjadi berkah buat mereka, tentu saja nantinya keberkahan itu akan kembali kepada kita juga.

Jujur mah enak, nggak bakal ada orang yang akan menghina lagi.

Hilangkan gengsi dalam kehidupan kalian mulai saat ini. Gengsi percuma, tidak akan membuat diri kita kaya dan populer, malah berujung masuk neraka.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more