3 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Posting Artikel Blog

Pertanyaan itu sekarang muncul pada diri kalian, khususnya blogger baru, "Apa yang lalu saya lakukan setelah artikel dipublikasikan/diposting?"

Untuk menjawab pertanyaan itu saya buatkan artikel ini. Namun saya tidak akan membahasnya secara lengkap, hanya secara garis besar saja.

Hal yang harus dilakukan setelah posting yaitu:


1. Submit ke webmaster

Hal ini dilakukan agar artikel kalian cepat terindeks di SERP (Search Engine Result Pages), bukannya alasan kalian membuat blog agar mendapat pembaca yang banyak? Jadi, serahkan artikel kalian yang sudah dipublish itu ke webmaster jika ingin mendapat pembaca dari search engine.

Ada 2 webmaster yang saya rekomendasikan pada kalian guna mensubmit artikel:

a. Google

Kalian tau sendirilah bahwa Google merupakan search engine yang paling populer dan nomor satu diantara search engine lainnya. Untuk itu maka cepat-cepatlah submit ke Google.

Untuk mempermudah pengerjaan, silakan kalian masuk ke link https://www.google.com/search?q=submit+google. Link tersebut bukan malware lho ya, karena memang sedikit mencurigakan karena karakter hurufnya yang campur aduk. Yang kalian submit adalah alamat/url artikelnya, bukan judul atau keseluruhan tulisan.

Contohnya ada pada gambar di bawah ini:

b. Bing & Yahoo!

Bing merupakan mesin pencari milik microsoft. Namun karena search engine Yahoo! telah diakuisi oleh pihak microsot maka kalian hanya perlu submit ke webmaster Bing saja. Jangan khawatir, walau hanya submit ke Bing saja, artikel kalian tetap akan terindex di mesin pencari Yahoo!.

Untuk mempercepat waktu, langsung saja kalian masuk ke link https://www.bing.com/toolbox/submit-site-url untuk melakukan penyerahan url artikel kalian.

Note! Setelah melakukan submit ke webmaster, maka akan butuh waktu robot search engine untuk menampilkan artikel kalian di SERP. Akan tetapi karena sudah melakukan submit maka artikel akan lebih cepat diindeks daripada tanpa melakukan submit.


2. Bagikan Tulisan ke Publik

Kalian bisa memanfaat akun media sosial pribadi untuk menyebarkan tulisan yang telah diposting. Tentu saja hal ini dilakukan agar tulisan tersebut dibaca banyak orang.

Kalian pun juga bisa membagikan postingan ke grup chat maupun teman chat pada aplikasi Whatsapp, Line, Telegram, BBM, dan lainnya.


3. Mencari Backlink

Kegiatan nomor tiga ini adalah alternatif saja, saya merasa bahwa backlink tidak sepowerfull dahulu. Karena yang paling powerfull saat ini adalah membuat kata kunci relevan yang sesuai topik bahasan.

Backlink yang saya rekomendasikan berasal dari situs ber-DA (Domain Authority) & PA (Page Authority) tinggi, minimal bernilai 30-an ke atas.

Cara mendapat backlink dengan memasukkan url artikel kalian ke bagian kolom komentar, ke dalam artikel situs mereka, atau fitur signature.

Note! Setelah menanamkan backlink ke situs lain maka robot perayap  mesin pencari membutuhkan waktu untuk membaca link yang telah kalian tanamkan.


Itulah 3 hal yang dapat kalian lakukan setelah melakukan posting artikel blog. Apapun nama platform yang kalian gunakan untuk ngeblog, ketiga hal di atas tetap berlaku untuk diterapkan.

Semoga bermanfaat, Amin!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more