7 Manfaat/Keuntungan Memiliki Blog Pribadi

Aktivitas Blogging (b.ind: Ngeblog) semakin hari semakin diminati banyak orang, hal ini bisa kalian lihat sendiri dengan banyaknya blog-blog baru muncul di SERP (Search Engine Result Page) dan juga bertambah banyaknya member-member baru disetiap grup Blogger Indonesia.

Peningkatan jumlah blogger membuat saya senang, walau saya sebenarnya juga termasuk blogger baru (mulai ngeblog tahun 2015). Alasannya simple, dengan ini menunjukkan bahwa orang semakin pintar memanfaatkan teknologi (internet) dan mau terbuka dalam membagikan ilmu serta informasi yang dimiliki tiap blogger.

Tentunya, kesadaran dengan memiliki blog pribadi bisa dirasakan oleh blogger itu sendiri, misal: kepuasan bercerita atau mendapatkan materi berupa uang. Tidak luput juga dengan para pencari info yang dimudahkan dalam memperoleh tulisan-tulisan yang berkualitas, entah sebagai: penyelesaian tugas sekolah maupun informasi terupdate.

Langsung saja tanpa basa-basi lagi, inilah manfaat/keuntungan memiliki blog pribadi.


1. Mendapat Uang/Penghasilan


Sudah saya bahas sedikit di atas bahwa aktivitas blogging bisa menghasilkan pendapatan seperti uang. Namun untuk mencapainya harus dilakukan dengan serius dan ekstra sabar. Ada beberapa jalur yang dapat dilalui untuk mendapatkan uang, diantaranya adalah:
  • Menjadi Seorang Publisher - Banyak pihak yang menyediakan sarana untuk para blogger menjadi seorang publisher. Pekerjaan publisher hanya menanamkan sebuah script yang berkode sesuai Yang paling terkenal dan populer adalah Google Adsense. Tentunya ada pihak lainnya yang juga berani membayar tinggi kepada publisher, seperti: Taboola, Media.NET, Mellow Ads, dan masih banyak lagi.
  • Untuk Jualan Produk Sendiri - Menjadikan blog sebagai sarana untuk menjual produk sendiri adalah hal yang bijaksana, karena selain murah, tidak ada yang akan marah saat kalian memperkenalkan produk kepada orang lain. Buatlah artikel yang jujur sesuai dengan kelebihan produk yang kalian miliki. Untuk kelemahan juga boleh dibagikan pada blog, tapi saya sarankan dibagikan saat ada yang tanya saja.
  • Mempromosikan Bisnis Orang Lain - Jika blog pribadi kalian menghasilkan trafik kunjungan organik yang tinggi dan mempunyai banyak subscriber, tentunya pihak lain akan datang berbondong-bondong untuk mengontak kalian. Mereka akan membayar kalian dengan menitipkan banner, tulisan, serta link, yang nantinya jika diklik akan menuju website mereka. Tentunya blog yang mereka cari adalah yang benar-benar murni hasil tulisan sendiri/original (bukan copy paste), bertrafik tinggi, dan biayanya murah.


2. Dapat Kenalan Sesama Blogger


Setiap mencoba sesuatu hal baru, rasanya akan kurang jika bermain sendirian. Karena ingin memperoleh ilmu dan bimbingan dari yang berpengalaman, akhirnya mencoba berkenalan dengan sesama blogger.

Tidak perlu malu jika blog masih ber-url domain gratisan (misal: .blogspot.com, .wordpress.com, .tumblr.com, atau weebly.com). Berawal dari kenalan, dekat, kemudian saling memberi pengetahuan blogging. Siapa tau, blogger yang beda jenis saling memadu kasih dan menikah.


3. Mendapat Keahlian Baru


Awalnya ngeblog biasa (hanya menulis, lalu posting, setelah itu tinggalkan), karena merasa kurang dan ingin mendapat banyak visitor serta uang akhirnya mencoba belajar teknik SEO sedikit demi sedikit. Ilmu SEO itulah yang menjadi keahlian baru agar blog pribadi berada di halaman pertama mesin pencari dalam mengabulkan impian (visitor & uang) tiap blogger.


4. Menjadikan Pekerjaan


Setelah lama berkecimpung di dunia blogging, akhirnya paham akan trik bagaimana sebuah artikel dapat menjadi SEO nan berkualitas. Kemudian karena merasa mantap akan ilmunya, lalu membuka jasa SEO atau bekerja di perusahaan untuk mengurus web.

Dari aktivitas blogging beberapa blogger berpengalaman juga mendapat job mereview sebuah produk atau lokasi wisata.


5. Melatih Skill Menulis


Untuk menciptakan sebuah karya yang fenomenal bisa disebabkan akan 2 hal: (1) bejo/tidak sengaja; (2) kebiasaan.

Nah, dari kebiasaan menulis inilah banyak blogger maupun penulis novel dapat menciptakan sebuah karya tulis yang disukai banyak orang. Bahkan beberapa tulisan yang telah diekspos ke publik dilirik oleh beberapa produser dan akhirnya dijadikan sebuah film.


6. Menjadi Orang Sabar


"Menunggu artikel page one kok lama sekali, visitor blog tidak meningkat-meningkat, atau bayaran dari jadi publisher Adsense belum juga cair-cair, sia-sia rasanya ngeblog selama ini."

STOP! Jangan pesimis dulu, karena siapa tau sebulan atau dua bulan lagi itu semua bisa tercapai.

Setiap ingin memperoleh sesuatu kita wajib untuk selalu berusaha dan bersabar. Ngeblog juga begitu, bukan terus mengeluh lalu pergi begitu saja dan akhirnya blognya terbengkalai.

Nikmatilah proses saat ngeblog, karena manfaatnya aka kita peroleh nanti (bukan sekarang). Waktunya kapan? Biar TUHAN yang memutuskan asalkan kita tetap fokus mengurus blog tersebut.


7. Menyebar Kebaikan


Inilah hakikat sebenarnya manusia diciptakan; berbagi, toleransi, atau lebih tepatnya bersosial. Dengan kita membuat blog dan memberikan informasi yang baik dan up to date, tentunya orang lain akan senang menanggapinya. Ditambah lagi jika informasi yang diberikan sesuai fakta yang terjadi, hmm pasti banyak sekali yang akan share tulisan kita dan semakin banyak pula pengikut blog kita.


Bagaimana, apakah penjelasan saya dalam menyampaikan manfaat atau keuntungan memiliki blog ini akhirnya menginspirasi kalian untuk membuat blog pribadi? Jika kalian cermat, banyak perusahaan-perusahaan besar yang juga membuat sebuah blog untuk memperkenalkan usahanya lebih luas kepada publik.

Semoga bermanfaat.