3 Penyebab Homepage & Postingan Blog Tidak Muncul di SERP Google

Banyak blogger pemula merasa aneh ketika halaman beranda dan artikel blog tidak segera tampil di SERP (Search Engine Result Pages) Google. Namun karena masih new player, akhirnya mereka mencari informasi ke sana kemari untuk mengatasi (yang dianggap) masalah ini.

Karena siapa tahu ada blogger baru yang berkunjung ke blog ini dan memiliki permasalahan yang sama, tidak ada salahnya jika saya membuat postingan ini sebagai pembelajaran :)

Langsung saja yuk!


1. Baru Membuat Blog

Jika sedang membuat blog baru, wajib hukumnya untuk submit / mendaftar url ke webmaster.

Jangan khawatir jika blog kalian tidak langsung muncul di SERP, karena siapa tau robot mesin pencari sedang mengidentifikasi halaman baru blog kalian. Jadi solusinya, hilangkan kekhawatiran kalian dengan tetap update postingan baru.

Namun untuk pengguna platform Blogger, pihak google sebenarnya telah memberikan servis khusus, yaitu: tanpa mendaftar ke SC (Search Console: Webmaster Google) pun blog kita tetap diindeks. Baru tau ya? Makanya sering-sering lihat SERP Google, gabung forum blogger, dan eksperimen, biar tidak dibilang "kudet" (kurang update) sama blogger lain.


2. Menyalahi Aturan Google

Apabila blog atau umur domain yang dimiliki sudah berumur lama tapi tetap saja artikelnya tidak tampil-tampil di search engine, tentunya kalian harus berkaca, "Apakah ada teknik seo black hat yang telah dilakukan?" Jika iya, tolong langsung dihilangkan, supaya usaha ngeblog selama ini tidak sia-sia. Nanti jika sudah dihilangkan, bersabarlah dan tunggu progress-nya seminggu atau sebulan kemudian, nikmati proses kawan :)

Untuk informasi mengenai macam-macam maupun penjelasan lengkap seputar black hat SEO, maaf saya belum menuliskan dalam blog ini maupun pada blog pribadi lainnya. Dengan begitu, silakan kalian browsing sendiri.


3. Pakai Meta Robot Nofollow & Noindex di HTML Template

Jangan-jangan penyebabnya bisa dikarenakan template yang kalian pakai. Atau karena asal copy paste meta tag yang dianggap SEO dari situs lain, padahal bisa saja meta tag yang diberikan adalah meta tag salah / ngawur.

Hapus meta tag robot-nya yang ada tulisan nofollow dan noindex-nya untuk tujuan halaman posting, homepage, dan static. Tapi hati-hati! Akibat kalian asal, kemudian malah meta robot yang dihapus adalah tujuan halaman pencarian, label, dan archive. Karena halaman pencarian, label, dan archive memang wajib di-noindex-kan dan di-nofollow-kan.

Jika bingung, kalian bisa tanya saya lewat komentar atau tanya pada teman kalian yang ahli dalam urusan template.


Nah, itulah penyebab kenapa halaman blog yang sudah diposting maupun diedit dan telah disubmit ke webmaster google tidak kunjung muncul di SERP Google, serta solusi atau cara untuk mengatasinya.

Ini juga berlaku untuk masalah yang sama di mesin pencari lainnya, seperti: Bing & Yahoo!, Yandex, Baidu, dan lain-lan.

Baca juga:

Semoga bermanfaat, Amin!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more