Skema Markup Struktur Data Template Blog Harus Selalu Diupdate

Jika kalian suka membuat template yang SEO (Search Engine Optimization), pasti juga menerapkan skema struktur data pada HTML template yang terbaru.

Namun apabila kalian menggunakan platform wordpress tentunya sangatlah nyaman karena akan ada notifikasi untuk pembaharuan template. Tapi bagaimana untuk pengguna platform blogger.com? Tentunya harus manual dan tidak ada notifikasi.

Memang agak riskan untuk yang satu ini, namun perlu diketahui bahwa menerapkan skema struktur data yang benar sangatlah penting, ingat, PENTING!!

Dalam melakukan optimasi penerapan teknik SEO, salah satunya mengharuskan untuk selalu update informasi pembaharuan di situs schema.org. Alasannya? Ya karena situs schema.org merupakan panduan lengkap bagaimana menerapkan skema struktur data yang benar atau tepat dan dibangun oleh Google, Microsoft, Yahoo dan Yandex. Skema yang ada di Schema.org dikembangkan oleh para ahli komunitas terbuka, dengan menggunakan mailing list publik-schemaorg@w3.org dan melalui GitHub.

Beberapa blogger pengguna platform blogger.com memang ada yang tidak peduli akan hal ini, namun jika ingin serius membangun dan meraih pendapatan dari blog tentu hal ini patut diprioritaskan.

Salah satu contoh penerapan skema struktur yang tepat adalah gambar postingan tampil di SERP (Search Engine Result Pages) Google via HP. Lihat gambar di bawah:



Beberapa pakar SEO pun juga mengamini, bukan konten saja yang harus ditingkatkan kualitasnya, template blog pun juga harus ditingkatkan sesuai updatean terbaru. Bahkan tidak hanya blog, website perusahaan bisnis pun juga harus menerapkannya, apalagi yang berbau e-commerce.


Penutup


Saya peduli akan hal ini, karena ini menyangkut kredibilitas sebuah produk, khusunya blog. Ditambah, bagi saya pribadi mengupdate struktur data memang penting dilakukan untuk penerapan teknik SEO.

Namun semua ini hanyalah pendapat saya pribadi berdasarkan hasil melakukan eksperimen dalam mengikuti apa yang dianjurkan di situs schema.org. Jika kalian merasa tidak peduli dikarenakan terbuai dengan trafik yang selalu meningkat dan setiap bulan selalu gajian, sebenarnya tidak ada kerugian yang akan saya tanggung. Tapi di sini saya hanya memberikan peringatan dini, keputusan tetap ada dipihak masing-masing.

Open Comments Close
*via mobile, like dahulu untuk melihat komentar

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more