4 Tips Menulis Postingan Blog Pertama Kali

Saya tidak tahu apa status kalian, apakah seorang pelajar, guru SD, atau pengangguran seperti saya. Tapi, yang saya ketahui bahwa kalian telah membuat sebuah blog dan ingin memposting sesuatu di dalamnya.

Saya pun juga tidak tahu apa niat kalian membuat sebuah blog, apakah untuk bisnis, catatan pribadi, atau berbagi pengalaman untuk membantu orang banyak lewat internet.

Langkah berikutnya setelah membuat blog adalah kita harus mengisinya dengan tulisan, namun ternyata ada kegundahan dalam hati yang membuat kaku untuk menulis.

Namun untungnya kalian masuk ke dalam postingan ini, karena saya akan memberikan beberapa tips agar kalian tidak kaku untuk menulis postingan blog pertama kalinya. Di sisi lain saya juga menyukai aktivitas blogging dan telah menyelam lebih dalam daripada kalian.

Langsung saja yuk!


1. Menentukan Topik

Sebelum menulis, tentukan topik yang ingin dibagikan. Dalam blogging topik sangat penting. Jika saya pribadi, asalkan ada ide langsung saya tulis dan postingkan entah topiknya terkadang diluar jangkauan pencari informasi.

Saya mempunyai saran, bagaimana jika topik yang ingin kalian tulis adalah seputar pengalaman pribadi. Misal, kalian adalah seorang pekerja kantoran. Karena sudah lama bekerja, kalian lalu menulis "5 Tips bagaimana menjadi pegawai kantor yang disayang atasan". Itu tadi hanya sebuah contoh. Tentunya, pengalaman pribadi adalah bekal utama kalian dalam membuat topik. Dan semoga saja topik yang diangkat bukan menyalahi aturan hukum dan berbau "sensitif".


2. Tentukan poin-poin

Apa yang ingin dijelaskan dalam postingan tersebut, apakah sebuah tutorial atau sekedar memberi petuah?

Membuat poin-poin (garis besar) dapat membantu kalian dalam mengatur sebuah alur tulisan. Ditambah, poin-poin mempermudah kalian mengembangkan ide sebuah tulisan.


3. Tentukan target pembaca

Siapa yang ingin kalian targetkan, apakah anak-anak, remaja, dewasa, ibu-ibu, pengusaha, gamers, atau pendidik?

Menargetkan pembaca juga penting dilakukan, karena nantinya gaya bahasa dalam menulis akan menyesuikan siapa target pembaca kalian.


4. Mengingat kembali niat untuk ngeblog pertama kali

Apa niat sebenarnya membuat blog, apakah karena uang, karena ingin populer, atau ingin menyalurkan unek-unek saja.

Jika niat utama adalah uang dan kepopuleran, tentunya tulisan kalian harus ditulis semenarik mungkin agar mudah mengikat pembaca yang berkunjung pertama kali di blog kalian.

*Dalam blog Andi Syam ini saya tidak menulis tips membuat postingan agar menarik. Kalian dapat berkunjung ke blog-blog lain yang membahasnya.

Dan juga kalian harus serius dalam mengurus blog tersebut, salah satu contoh ialah mencari ide untuk postingan berikutnya.

Kegunaan mengingat kembali akan niat blogging adalah untuk menciptakan etos blogging yang sejalan, sehingga karya tulis yang dibagikan pun tidak sekedar ala kadarnya. Dan bersungguh-sungguh untuk mencari bahan yang lengkap hingga akhirnya dapat menyegerakan untuk posting tanpa menunggu waktu yang lama.


Jadi, ada 4 tips menulis postingan blog pertama kali yang dapat kalian ikuti. Namun saya akui bahwa mood yang terkadang tidak beraturan membuat waktu menulis kebanyakan blogger menjadi berantakan.

Yang sedikit ini semoga bermanfaat, Amin!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more