Search Console Google Terbaru Muncul di Webmaster Versi Lama

Barusan saya cek di Webmaster atau Search Console Google versi Lama ada menu tambahan baru yang terletak di bagian atas sebelah kiri. Sesuai dengan anchor text-nya, Menu tersebut jika diklik akan menuju ke Search Console versi Baru. Padahal sepengetahuan saya, baru beberapa hari atau kurang dari seminggu menu tersebut belum ada di sana.

Jika dilihat dari sudut pandang pebisnis, kemunculan menu ini adalah salah satu bentuk promosi. Dimana Google ingin memberitahu kepada pemilik situs yang mengaitkan dengan Webmaster untuk mencoba dan berpaling ke Search Console yang Baru.

Ini juga menjadi sebuah tanda bahwa semua pemilik situs yang menggunakan Search Console Lama, maka mereka juga dapat menggunakan Search Console Baru. Tidak seperti minggu-minggu sebelumnya, hanya pemilik situs tertentu saja yang dapat menggunakannya.


Akan tetapi setelah saya cek di Search Console Lama, versinya masih Beta. Saya kira sudah final, bukan tahap percobaan lagi. Berarti (asumsi) Search Console Lama belum akan digantikan atau ditutup hingga waktu yang lama meninjau juga dari fitur-fitur Search Console Baru belum selengkap yang Lama.

Jika ditanya tentang perbedaan, saya rasa memang berbeda, karena yang Baru lebih elegan dan fiturnya mudah dipahami. Namun sebaliknya jika ditanya tentang persamaan, saya jawab, sama-sama memudahkan pengguna untuk meninjau dan mengelola situs yang dimiliki.

Open Comments Close
*via mobile, like dahulu untuk melihat komentar

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more