Google Chrome 68 Tandai Semua Situs HTTP "Tidak Aman" (Berlaku Juli 2018)

Dalam postingan blog security Google terbaru secara terang-terangan menyuruh semua pemilik situs (tanpa terkecuali) untuk mengaktifkan HTTPS:
Selama beberapa tahun terakhir, kami telah beralih ke jaringan yang lebih aman dengan sangat menganjurkan agar situs tersebut menerapkan enkripsi HTTPS. Dan dalam tahun lalu, kami juga secara bertahap menandai bagian halaman HTTP yang lebih besar sebagai Tidak Aman.Mulai bulan Juli 2018 dengan merilis Chrome 68, Chrome akan menandai semua situs HTTP sebagai Tidak Aman.

Pengembang telah mentransisikan situs mereka ke HTTPS dan membuat web lebih aman untuk semua orang. Kemajuan tahun lalu sungguh luar biasa, dan terus berlanjut sejak saat itu:
  • Lebih dari 68% lalu lintas Chrome di Android dan Windows sekarang terlindungi
  • Lebih dari 78% lalu lintas Chrome di Chrome OS dan Mac sekarang terlindungi
  • 81 dari 100 situs teratas di web menggunakan HTTPS secara default

Perhatikan sebuah kata postingannya yang sekarang, telah berubah, dari "halaman" menjadi "situs". Sekarang jangkauannya menjadi lebih lebar. Saya salut dengan usaha Google karena sering mendorong atau menginfokan kepada pemilik situs untuk melakukan penggunaan HTTPS. Ini benar-benar membuat perbedaan dari peringatan sebelumnya yang tidak terlihat jelas:

Hal ini berpotensi sangat signifikan. Pemberitahuan itu benar-benar akan sangat berarti di lalu lintas pencarian jika pencari info benar-benar melihat dan memahaminya. Jika mereka salah paham, pesan atau peringatan tersebut akan membuatnya berpikir bahwa situs yang Tidak Aman memiliki masalah dengan situsnya. Saya berasumsi akan banyak pengguna yang tidak akan mengklik atau masuk ke situs (melalui SERP Google) yang belum mengaktifkan HTTPS.

Dan jangan lupa bahwa HTTPS telah menjadi sinyal dalam menaikkan peringkat di SERP Google. Itu artinya, situs yang tidak menggunakan HTTPS perlahan-lahan akan turun peringkat dan mengalami penurunan trafik.

Baca juga:

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more