8 Blogger Lama yang Masih Menulis Postingan di Blog & Eksis Sampai Sekarang

Tak kenal maka tak tahu. Jika kalian adalah blogger jaman now, mungkin tidak tahu tentang blogger lain yang sebenarnya sudah berkecimpung lama di dunia perbloggingan. Hal ini memotivasi saya untuk memperkenalkan sosok "mereka" (blogger lama) secara singkat dan sepengetahuan pribadi kepada "kalian" (blogger baru/pemula).

Langsung saja yuk, biar tidak penasaran lagi!


1. Adhi Suryadi

Pemilik blog Kompi Ajaib ini saya tau waktu awal ngeblog 2 tahun yang lalu. Beliau merupakan salah satu pionir pengguna template AMP di Indonesia untuk platform Blogger, selain Kang Ismet. Banyak ilmu yang saya dapat dari blog beliau, seperti edit template dan seputar blogging lainnya.


2. Sugeng Riadi

Sering disapa dengan mas Sugeng. Beliau pemilik blog Sugeng.id. Kalian blogger jaman old dan now pasti tau blog beliau karena postingan blog beliau yang sering tampil di halaman pertama mesin pencari untuk topik tutorial blogging.


3. Didin Ajidin

Selain kang Adhy dan mas Sugeng, tentu harus kenal dengan sosok blogger yang satu ini. Namanya Didin Ajidin, beliau merupakan pemilik dari blog struktur kode yang masih menggunakan subdomain gratis dari blogspot. Topiknya juga membahas seputar blogging.


4. Duto Sri Cahyono

Beliau merupakan pemilik blog Om Kicau. Blognya yang sering dikunjungi oleh penggemar burung ini juga termasuk blogger jaman old. Hingga kini kunjungan blog tersebut mencapai jumlah kurang lebih 200 ribu / hari (berdasarkan informasi halaman About & Redaksi blog Omkicau).


5. Raditya Dika

Selain blogger, beliau juga seorang penulis buku, pemain film, sutradara, stand up comedy, dan terkadang menjadi seorang juri di sebuah ajang lomba di Indonesia. Blog beliau adalah Radityadika.com, yang saat ini status blog sedang "diperbaiki" semenjak diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab.


6. Muhammad Liudin

Pemilik blog Shiq4 merupakan seorang penulis artikel freelance. Blognya sekarang mulai jarang update yang diketahui karena beliau sedang asyik membaca komik dan novel. Tipe blognya bertopik Gado-Gado dan masih menggunakan subdomain dari wordpress.


7. Iwan Banaran

Nama Iwan Banaran juga menjadi nama domain blog beliau. Beliau juga biasa disebut IWB. Postingannya fokus membahas bab otomotif untuk motor. Beliau masih eksis menulis dan update postingan di blog hingga sekarang.


8. Marikxon Manurung

Om Marikxon merupakan pemilik dari blog Maxmanroe. Blog ini juga diurus oleh beberapa penulis lain yang beliau masukkan. Topik yang diangkat dalam blognya adalah blogging, bisnis, motivasi diri, serta minat dari penulis-penulisnya.


Itulah 8 blogger old yang saya akui masih bersemangat ngeblog hingga saat ini. Dan pastinya umur bukanlah kendala untuk berhenti berbagi ilmu, informasi, dan kebahagiaan, yang dituangkan dalam sebuah blog.

Yang penasaran boleh mengunjungi blog mereka. Kalian juga dapat mencuri ilmu (bukan copy paste tulisan) dari mereka dalam mengurusi blog.


A & Q:

A: Kenapa mbak Indri Lidiawati (juragan cipir) tidak disebutkan, padahal blognya masih hidup hingga sekarang?
Q: Terakhir saya lihat blog JC, beliau sudah tidak publish konten apa-apa. Yang sering publish adalah guest writer mereka. Dan menurut kaca mata pribadi, seseorang tidak dapat dianggap sebagai blogger lagi jika ia tidak bersegera menulis dan posting kembali di blog miliknya sendiri.

A: Bisa saja mbak Indri mengurusi blog lain?
Q: Tidak. Karena menurut informasi yang saya dapat, beliau sedang sibuk dalam urusan offline dan akan kembali ngeblog setelah lebaran. Tapi lebaran tahun kapan, ini juga kurang jelas, apakah tahun 2018 ini atau 2019? Saya juga menunggu beliau aktif ngeblog kembali, karena blog Juragan Cipir merupakan salah satu favorit saya juga.


Note! Jika kalian mengetahui blogger lama yang juga masih eksis posting blog hingga saat ini, kalian dapat menyertakan atau menyebutkannya di dalam komentar (open comments). Nanti akan saya masukkan list tambahan di postingan ini berdasarkan masukkan kalian.

Open Comments Close
*via mobile, like dahulu untuk melihat komentar

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more