5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Berbicara Bahasa Inggris

Komunikasi berupa percakapan sangat penting dalam belajar bahasa inggris. Namun sayangnya banyak orang yang beranggapan bahwa berbicara bahasa Inggris itu hanya untuk orang-orang dengan profesi tertentu, sehingga menimbulkan rasa kurang percaya diri untuk memulai percakapan dengan bahasa Inggris. Padahal kita harus mulai membuka mata dalam melihat dunia, apalagi bahasa Inggris adalah salah satu di antara bahasa internasional. Untuk kalian yang sudah belajar bahasa Inggris namun masih belum percaya diri dalam berbicara, berikut adalah kiat-kiat untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri kalian:


1. Berani untuk Berbicara



Salah satu tips untuk belajar berbicara dalam bahasa Inggris, yaitu berani membuka mulut kalian dan berbicaralah dengan bahasa Inggris. Semakin banyak percakapan / berbicara, maka kalian akan terbiasa dan cara berbicara kalian semakin lancar. Mungkin kalian terlalu malu untuk berbicara atau bingung mau memulai percakapan seperti apa. Jangan berdalih, kalian tak akan bisa bicara jika tak mau membuka mulut. Apapun yang kalian lakukan, pikirkanlah bahwa bicara bahasa Inggris itu mudah. Jangan tutup pikiran kalian untuk mencoba dan berilah kesempatan pada diri kalian sendiri untuk menjadi lebih baik. Jadi solusinya adalah, mulai sekarang, beranilah membuka mulut, latihlah diri kalian dari percakapan sehari-hari yang paling ringan.

2. Rajin Mendengar dan Mengulanginya


Kalian yang menyukai film, musik, dan menonton saluran YouTube favorit beruntunglah. Hobi tersebut bisa kalian manfaatkan sebagai media belajar bahasa Inggris. Jangan hanya menonton dengan diam, dengarkan dialog yang sedang dibicarakan, lalu kalian ulangi dialog yang kalian anggap menarik. Teruskan, putar ulang, dan dengarkan percakapan mereka berulang kali jika diperlukan, lalu lakukan latihan secara berulang-ulang. Ini bisa membuat kalian semakin fasih dalam pengucapan setiap katanya. Kalian pun bisa mengaktifkan pengaturan subtitle bahasa Inggris sehingga kalian bisa memahami setiap kata. Ini adalah cara paling mengasyikan untuk mempraktikan kemampuan mendengar dan berbicara kalian dengan menggunakan material yang menyenangkan dan menghibur.

3. Jangan Khawatir Membuat Kesalahan



Kekhawatiran terhadap kesalahan membuat kita terjebak terus-menerus, sehingga proses belajar semakin terhambat. Membuat kesalahan adalah sifat yang sangat manusiawi. Percayalah, kita tidak akan pernah lepas dari kesalahan. Namun, lebih baik melakukan kesalahan daripada tidak mencoba sama sekali. Setidaknya, dari kesalahan-kesalahan itu kita bisa belajar dan tahu dimana letak kesalahannya, sehingga kita tidak mengulanginya lagi. Itulah makna dari belajar. Inilah yang bisa memperbaiki kemampuan belajar bahsa Inggris kalian. Semakin banyak membuat kesalahan, maka semakin besar pula kesempatan kalian menjadi lebih baik.

Kita selalu takut kesalahan itu terletak pada tata bahasa / grammar. Melakukan percakapan dalam bahasa Inggris sedikit berbeda dengan menulis. Jika menulis mengharuskan kalian teliti pada tata bahasa, tidak demikian dengan berbicara. Pembicara asli / nativ lebih fokus dengan maksud yang kalian sampaikan, bukan tata bahasanya. Hal yang paling penting dari belajar berbicara adalah katakan sejelas mungkin dan tetaplah percaya diri. Tak perlu kalian pusingkan struktur kalimatnya.

Beberapa kursus bahasa terlalu fokus pada tata bahasa dan kurang menekankan pada percakapan. Mereka menanamkan pemikiran bahwa kalian harus tahu tata bahasa terlebih dahulu sebelum memulai berbicara. Hal inilah yang pada akhirnya membuat kita kurang rasa percaya diri ketika mulai berbicara dalam bahasa Inggris. Hal ini harus dicegah dan buang jauh-jauh. kalian harus belajar berbicara terlebih dahulu untuk membangun rasa percaya diri kalian, lalu kemudian memperbaiki tata bahasa setelah kalian mulai fasih dalam berbicara. Setiap orang membuat kesalahan, bahkan pembicara asli bahasa Inggris. Tidak seorang pun yang terlahir dengan bahasa Inggris sempurna dan menjadi mahir memerlukan waktu dan kerja keras. Banyak orang Amerika yang bersekolah selama 13 tahun dan tetap tidak belajar bagaimana berbahasa Inggris dengan baik. Jadi, jangan menciut karena kesalahan. Belajarlah untuk merangkul dan menghargai kesalahan untuk menjadikan itu guru terbaik kalian.

4. Cari Teman, Mulailah Percakapan



Dalam setiap proses belajar, pada dasarnya kita selalu membutuhkan seorang teman atau tentor untuk membantu agar kita bisa membenarkan atau melatih menjadi pandai. Untuk menguasai pengucapan dalam bahasa Inggris, keberadaan teman atau tentor untuk lawan bicara pun juga menjadi elemen penting yang harus dilakukan. Dengan keberadaan teman atau tentor untuk lawan bicara, tentu hal itu sangat membantu kita untuk dapat menguasai pengucapan bahasa Inggris secara cepat. Teman atau tentor lawan bicara akan mengoreksi, membantu, dan juga memperbaiki, apabila nanti ketika bercakap-cakap kita tidak sengaja mengucapkan kalimat yang salah tatanan katanya. Jadi, jangan malu, apalagi merasa minder jika kalian belum menguasai kalimat-kalimat percakapan. Sekali lagi, tidak perlu takut salah. Bukankah menguntungkan memiliki teman yang sama-sama mau belajar berbicara bahasa Inggris? Semakin banyak kalian memiliki teman sebagai lawan bicara dalam bahasa Inggris, maka semakin cepat pula kita dalam menguasai pengucapan berbahasa Inggris.

5. Belajar Berbicara Bahasa Inggris dengan Latihan


Cara jitu untuk menguasai sesuatu, yaitu dengan latihan. Cara ini pun juga bisa kalian terapkan dalam percakapan / berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris. Semakin kita rajin dalam berlatih menggunakan kalimat berbahasa Inggris, tentu semakin cepat pula kita akan terbiasa untuk menguasainya. Kalian bisa mencobanya dengan latihan di rumah setiap saat. Jika belum ada teman sebagai lawan bicara, kalian dapat berbicara dengan keluarga atau pada diri sendiri sambil bercermin untuk hal-hal ringan, seperti: "saya ingin makan" atau "saya harus bangun pukul 05.00 besok pagi", ke dalam bahasa Inggris. Kalian juga bisa mengatur jadwal dengan teman kalian untuk melakukan percakapan dalam bahasa Inggris pada aktivitas sehari-hari. Semua itu akan tercapai dengan latihan sebanyak mungkin. Apabila kalian menerapkan latihan secara disiplin dan terus menerus, yakinlah, dalam waktu yang sangat cepat, kalian akan dapat menguasai pengucapan bahasa Inggris.


Kepercayaan diri dalam belajar bahasa Inggris itu sebenarnya mudah untuk dibangun. Hanya saja kadang kita belum tahu bagaimana caranya. Selain meningkatkan kepercayaan diri kalian dalam berbicara dengan mengikuti tips-tips di atas, kalian pun bisa mencari tempat kursus bahasa inggris online maupun offline yang murah dan bagus. Kalian juga dapat 'hanya' mengambil kelas khusus conversation. Namun jangan lupa, percaya diri itu modal utama yang harus kalian rangkul.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more