Google Plus Ditutup, Backlink Menghilang

Fakta bahwa media sosial Google Plus untuk akun non bisnis ditutup adalah benar. Informasi ini telah dipublikasikan secara langsung oleh pihak divisi security Google dalam postingan blog milik Google.

Alasan Penutupan


Google terpaksa menutup Google Plus karena adanya temuan bug yang dapat membocorkan data privasi 500.000 pengguna dan temannya yang saling terkait walau telah disetting privat kepada pihak ketiga. Namun ada sanggahan pula bahwa pencurian atau penyalahgunaan dari bug ini tidak ditemukan. Bahkan pihak ketiga dipastikan tidak tahu dengan bug ini.

Selain alasan bug, penutupan dilakukan karena kurangnya peminat pada media sosial Google Plus ini. Dan peminat lebih memilih menggunakan aplikasi daripada via browser, serta kebanyakan pengguna juga hanya bertahan 5 detik untuk mengunjungi Google Plus.


Tentu dengan penutupan ini membuat backlink yang telah tertanam pada media sosial ini pelan-pelan akan menghilang. Tak hanya blog pribadi, backlink website kantor yang saya kelola juga akan berkurang. Sedih, pasti. Tapi mau bagaimana lagi?

Walau beberapa orang menganggap bahwa backlink sudah tidak berguna, namun saya menyadari bahwa backlink tetap masih berguna. Terutama pada website/blog yang baru dibuat sebagai suntikan nyawa.

Kapan Google Plus resmi ditutup? Dalam rangka penutupan Google Plus ini, pihak Google memberikan waktu selama 10 bulan bagi bagi para pengguna untuk memindahkan data-data yang dibutuhkan dan tersimpan di Google Plus, sebelum media sosial ini benar-benar tutup pada Agustus 2019.

Backlink menghilang, ya pasrah saja. Ini juga terserah Google mau menutup produk-produknya.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more