7 Penyebab Backlink Menghilang

Ketika cek backlink di webmaster Google atau tools lainnya, entah mengapa ada website orang lain yang hilang. Ini wajar atau biasa, bahkan sudah lama terjadi. Jadi, bagi kalian yang baru ngeblog dan belajar SEO tidak perlu kaget dengan kejadian yang wajar ini.

Sepertinya tak perlu berlama-lama lagi basa-basinya, saya akan sebutkan penyebab backlink bisa hilang. Silakan dibaca dan pahami!

1. Domain tidak diperpanjang


Ketika sebuah website atau blog yang kita titipi untuk tanam link situs kita tidak melakukan perpanjang domain, tak hayal jika tiba-tiba backlink juga turut menghilang.

Sebenarnya tidak benar-benar hilang, hanya berubah domain saja. Misal jika website mereka menggunakan platform blogger, lalu domain .com tidak diperpanjang, dan di kembalikan ke blogspot.co.id, maka backlink sekarang berada di domain blogspot.co.id.

2. Domain suspend


Suspend bisa terjadi karena domain melanggar aturan atau kena pinalty, sehingga penyedia hosting melakukan suspend kepada domain tersebut.

Dengan terjadinya suspend, ketika url situs dikunjungi, maka hanya akan menampilkan informasi bahwa situs terkena suspend. Bila hal ini tidak segera diperbaiki tak hayal jika backlink dari situs tersuspend juga akan menghilang.

3. Situs dihapus


Entah karena bosan atau melanggar peraturan penyedia hosting sebuah situs bisa dihapus, sehingga situs tersebut tidak ada lagi.

Baca juga:

4. Situs diretas


Penyebab situs diretas bisa bermacam-macam, entah: kebocoran data, hacked, dan sebagainya. Hal ini membuat situs bisa berubah tampilan. Dan banyak konten juga turut berubah sehingga backlink yang kita tanam di situs tersebut dapat lenyap.

5. Pengaturan kolom komentar berubah


Banyak pengguna platform wordpress maupun platform lain yang memakai komentar versi commentluv mematikan fungsi link dikomentar dengan plugin. Pengguna platform blogger pun juga bisa mengaturnya dengan menambah script. Jika ini terjadi, maka tak hayal apabila backlink yang kita tanam di kolom komentar turut lenyap.

6. Kolom komentar dihapus


Entah karena situs diambil alih oleh orang yang berbeda atau memang pemilik sengaja menghapus atau menonaktifkan kolom komentar dengan alasan tertentu, maka tak hayal jika backlink dari situs mereka juga hilang.

7. Postingan dihapus


Entah karena tidak sengaja maupun ada kesengajaan, membuat beberapa postingan website/blog dihapus. Bisa jadi pemilik blog sadar apabila konten tersebut melanggar aturan, misal menuliskan postingan tentang: yudi atau purnomo.


Nah, itulah 7 penyebab backlink dari website/blog pihak ketiga menghilang yang bisa saya sampaikan. Jika kalian memiliki pengalaman di luar 7 hal di atas dan ingin menambahkan, silakan tulis di kolom komentar.

Apabila kehilangan backlink merupakan penyebab konten turun peringkat di SERP Google, kalian bisa mencari lagi backlink dari situs yang berbeda. Tentu dalam pencarian backlink jangan asal, entah dengan cara: spam memakai bot atau manual, komentar pendek, dan sebagainya. Karena jika asal pasang, 70% yang terjadi malah gagal page one, akibat pemilik situs tidak suka dengan komentar pendek yang membuat komentar kalian tidak diapprove.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more