Loading Situs Cepat Salah Satu Teknik SEO & 8 Cara Menerapkannya

Saya ungkapkan bahwa kecepatan membuka sebuah halaman situs harus dimiliki semua situs yang ingin kontennya berada di halaman pertama dengan bidikan kata kunci yang diinginkan. Kecepatan adalah salah satu kunci agar situs dianggap SEO.

Semakin cepat, semakin baik. Semakin cepat, semakin disukai semua warga net dan mesin pencari, namun tanpa mengurangi unsur kerelevanan antara judul dengan isi.

Membuat situs, entah: website bisnis atau blog pribadi, agar cepat dibuka, bukan perkara yang mudah. Karena di sini perlu keahlian. Salah edit sedikit, bisa-bisa malah berantakan tampilan situsnya. Ditambah, meta penting dan struktur data pada template situs yang harusnya ada supaya mudah dipahami robot mesin pencari, lalu coba-coba edit, malah dihapus karena menganggap tidak penting dan hanya memperberat loading.

Wajib hukumnya coba-coba edit untuk menjadikan situs menjadi cepat saat dibuka, tapi pelajari dulu kode meta-meta penting dan struktur data yang jangan sampai dihilangkan. Saya sarankan, buat sebuah situs atau blog uji coba yang berguna untuk kalian testingkan dalam mengedit dan membuat situs nyaman dibuka. Jadi, jangan gunakan situs utama untuk coba-coba dalam hal edit template!

Saya yakin bahwa kalian juga menyukai sebuah situs yang dibuka cepat, apalagi jika informasi yang diberikan sangatlah jelas, tepat, dan lengkap.

8 Tips yang dapat saya sampaikan bagaimana cara membuat loading situs menjadi cepat dibuka dan dibaca kontennya:
  1. Hapus javascript atau plugin yang tidak perlu, apalagi jika dari pihak ketiga
  2. Kompres size gambar yang ingin ditampilkan dalam situs
  3. Rapatkan kode CSS
  4. Hindari pemasangan iklan yang berlebihan, pasang 2 atau 3 banner sudahlah cukup
  5. Pelajari struktur data agar isi pada postingan dapat dirender terlebih dahulu, daripada iklan dan sidebar
  6. Jangan terlalu banyak basa-basi dalam menuliskan sebuah konten, apalagi jika bahasannya keluar dari topik
  7. Aktifkan "rel=noopener" pada link eksternal jika menerapkan "target=_blank"
  8. Amati serta tiru sebuah situs yang kalian anggap cepat. Jika ada yang kurang dari situs tersebut, kalian dapat menerapkan salah satu atau semua 7 tips yang telah saya berikan di atas

Jika kalian ingin benar-benar menjadi seorang webmaster dan juga pakar/ahli/master SEO, kecepatan situs harus selalu diperhatikan. Karena jika kalian cermati, semakin ke sini, banyak situs yang kontennya berada di halaman pertama mesin pencari gara-gara menerapkan salah satu teknik SEO ini.

Sekian yang dapat saya sampaikan. Saya berharap informasi yang telah saya sampaikan ini dapat menambah wawasan kalian semua. Aamiin!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more