Berbagai Bentuk Layanan Data Center

Sekarang ini layanan akses Data Center sangat dibutuhkan oleh banyak pihak termasuk perusahaan-perusahaan berbasis teknologi internet yang besar. Google merupakan salah satu perusahaan berbasis teknologi internet yang membutuhkan layanan akses data center dalam jumlah yang sangat banyak. Hal tersebut mengingat salah satu produk utama Google adalah mesin pencari yang memiliki sangat banyak destinasi data.

Dari semakin banyaknya data yang dimasukkan kepada sistem mesin pencari Google, maka semakin dibutuhkannya layanan akses Data Center. Misalnya saja, situs-situs saat ini sudah sangat banyak, mengingat semakin banyaknya instansi yang mendirikan website. Website tersebut berguna sebagai sumber informasi mengenai produk dan data instansi tersebut kepada para pengguna internet yang ingin mengetahuinya.

Tidak hanya sebatas itu saja, para pebisnis online, toko jual beli/ marketplace, perusahaan e-commerce juga seringkali membuat halaman website. Bisnis online tentunya membutuhkan website yang berguna untuk menawarkan berbagai produknya beserta layanan-layanan dari bisnis online tersebut. Ada salah satu produk layanan dari Google kepada para pengguna internet yang juga membutuhkan sangat banyak layanan akses Data Center. Produk layanan Google tersebut yaitu Google Drive yang menerapkan sistem penyimpanan Cloud. Cloud ini bisa dikatakan juga sebagai produk dari datacenter.

Bagi kalian yang belum mengetahui sistem penyimpanan Cloud atau Cloud Storage ini, akan saya jelaskan secara garis besar. Cloud merupakan teknologi penyimpanan berbasis dunia maya. Jadi data yang kita simpan pada sistem penyimpanan Cloud ini tidak dapat kita lihat secara langsung.

Data kalian akan disimpan secara online, jadi bisa dibilang Cloud data center ini merupakan harddisk/ memori online. Misalnya saja akses layanan penyimpanan Google Drive yang menyediakan beberapa MB untuk pengguna akun Google. Kalian bisa menyimpan apapun data kalian pada akses layanan penyimpanan Google Drive tersebut baik itu file aplikasi, video, musik, dokumen, dan file-file lainnya. Nantinya file-file yang sudah kalian upload tersebut bisa kalian download kembali atau didownload oleh orang lain jika alamat drive dibagikan kepada orang lain.

Tetapi sebelum kalian memakai akun akses layanan penyimpanan Google Drive ini, tentunya kalian harus masuk pada akun Google yang bisa digunakan pada situs Gmail juga. Seringkali pihak website yang menyediakan file download menggunakan akses layanan Cloud dari akses layanan penyimpanan Google Drive ini. Sehingga para pengguna internet yang ingin mendownload file tertentu, bisa memakai server dari akses layanan penyimpanan Google Drive tersebut. Adapun misalnya situs website 4shared yang juga menyediakan akses penyimpanan Cloud. Tetapi kapasitas penyimpanan tersebut tidak sebesar akses layanan penyimpanan Google Drive. Pengguna dari akun Google itu sendiri misalnya saja sudah sangat banyak dan semakin banyak sekarang ini. Maka dari itu, sangat dibutuhkan layanan akses datacenter dalam jumlah yang sangat banyak.

Jika misalnya akses layanan penyimpanan Google Drive ini tidak bisa menyimpan lebih banyak lagi data, maka tentunya hal tersebut berdampak buruk terhadap perusahaan. Jika sudah seperti itu, tentunya para pengguna akses layanan penyimpanan Google Drive termasuk para pengguna akun Google akan tidak terpuaskan. Selain mempertahankan kemampuan penyimpanan data pada suatu perusahaan atau instansi teknologi internet, perusahaan tersebut juga bisa meningkatkan kemampuannya untuk ke depannya. Semua perusahaan atau instansi yang berbasis teknologi internet tentunya harus mempersiapkan semakin tingginya para pengguna internet sekarang ini.

Sekian yang dapat saya sampaikan ke dalam artikel yang membahas mengenai akses layanan penyimpanan data center ini. Semoga bermanfaat, Amin

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more