Tips Memilih Lowongan Kerja Online Terpercaya Bebas Penipuan

Bekerja online bisa menjadi solusi bagi mereka yang kurang dapat bergaul atau yang harus selalu berada di rumah karena alasan tertentu.

Beragam lowongan kerja online selalu ada setiap harinya dengan berbagai macam jenis pekerjaan.

Sayangnya, karena sulit untuk mengecek langsung, kerja online dari rumah bisa tak menghasilkan apapun dan hanya tertipu belaka.

Untuk itu sebelum tergiur berbagai kemudahan dan pendapatan yang mungkin diperoleh, tindakan pencegahan sangat diperlukan.

Misalnya dengan mengikuti beberapa tips memilih lowongan kerja yang akan dibahas berikut ini.

Tips Memilih Lowongan Kerja


Beberapa tips memilih lowongan kerja di bawah ini tidaklah sulit namun memang butuh ketelitian untuk bisa melakukannya. Berikut tips – tips tentang memilih lowongan pekerjaan online:

1. Ketahui Detail Siapa Pemilik Website


Mengetahui siapa pemilik website adalah hal penting yang harus dicari tahu saat menemukan lowongan kerja. Baik itu lowongan kerja online shop atau lowongan kerja online 2019 pada umumnya. Perhatikan dan catat identitas penting mengenai pemilik website, pastikan Anda menemukan paling tidak informasi dasar seperti di bawah ini:
  • Nama pemilik website (individu/perusahaan)
  • Jenis pekerjaan yang ditawarkan
  • Alamat kantor resmi
  • Nomor yang bisa dihubungi

2. Cari Informasinya di Google


Setelah tadi mencatat informasi dasar yang ada di website, sekarang giliran cek data tersebut satu – persatu. Anda bisa memulai dengan mencari review tentang perusahaan yang di maksud pada Google, baca pendapat mengenai orang yang pernah bekerja disana. Jika sudah ketikkan alamat resmi yang tertulis di Google Maps, dan lihat apakah sesuai atau tidak.

Terakhir masukan langsung nomor yang bisa dihubungi pada addres bar. Biasanya jika itu benar- benar nomor resmi paling tidak kamu bisa menemukan 2 – 3 hasil pencarian. Di sini kamu juga bisa menemukan dipakai untuk apa saja nomor yang tertulis tersebut.

Apabila pada tahap ini Anda mencurigai nomor yang dipakai tidak sesuai dengan kode daerah atau semacamnya, langsung hubungi. Jangan segan untuk menanyakan alasan mengapa berbeda atau semacamnya.

3. Pastikan Perkerjaan yang Diincar Ada


Terkadang beberapa website hanya memasukan kata kunci atau keyword saja untuk menarik penggunjung. Bisa – bisa setelah kamu mendaftar suatu website yang mengaku memiliki lowongan kerja online terbaru 2019, ternyata pekerjaannya tidak ada. Clickbait seperti ini sering terjadi dan data yang sudah diisi bisa saja disalah gunakan.

4. Terdapat Aturan yang Jelas


Jika ketiga hal di atas sudah terpenuhi, maka selanjutnya tinggal mencari aturan jelas. Perhatikan baik – baik kontrak atau perjanjian kerjanya. Jangan sampai terdapat beberapa konfisi yang nantinya bisa merugikan tanpa diketahui.

Misalnya saja ada penalti atau ganti rugi yang harus diberikan ketika berhenti di tengah jalan. Selain itu bisa saja ada peraturan yang memberatkan dan hanya menguntungkan satu pihak. Usahakan baca aturan ini dengan detail dan berulang kali agar tidak merasa terjebak di belakang.

5. Honor atau Gaji yang Wajar


Sebenarnya setiap orang bekerja pasti menginginkan honor atau gaji yang besar. Tidak salah memang karena semua orang pasti menginginkan hal yang sama. Akan tetapi tidak mungkin juga pekerjaan yang mudah bisa menghasilkan gaji yang besar?

Jangan sampai kamu terpancing iming – iming gaji yang besar dan ternyata pekerjaan yang ada tidak seindah yang dibayangkan. Kasus seperti ini biasanya banyak ditemui pada lowongan – lowongan pekerjaan yang disebar di media sosial atau kolom komentar. Semuanya dari aturan dan lain – lain sudah oke, tapi tiba – tiba perhitungannya berbeda dengan yang tertulis.

Kasus penipuan seperti ini bukan satu atau dua saja terjadi bahkan terkadang situs terkenalpun tidak luput dari lowongan spam macam ini. Mereka akan membuat berbagai macam alasan hingga menyatakan pekerjaanmu tidak maksimal dan akhirnya honor akan dipotong.

6. Perlu Membayar?


Bagi Anda yang sudah pernah mencari lowongan pekerjaan di situs – situs ternama, pasti sadar bahwa ada beberapa yang membayar. Sebenarnya mengeluarkan uang untuk mendaftar di sebuah situs lowongan kerja tidak salah. Tetapi bukan berarti harus langsung membayar begitu saja tanpa pertimbangan.

Ini karena umumnya pembayaran itu dihitung sebagai tanda membership, sehingga pasti ada kadaluarsanya. Setelah kadaluarsa tentunya Anda sudah tidak bisa menggunakan akun tersebut lagi tanpa membayar kembali. Pertimbangkan apakah lama periode membership sepadan dengan uang yang dikeluarkan.

Alasan lain yaitu cari tahu betul mengenai prosentase akan diterima atau tidak dan berapa banyak lowongan yang terbuka. Hal ini untuk mengantisipasi jika ternyata peluang diterima kecil dan lebih baik mencari opsi situs lain. Jika tindakan ini dilakukan tentunya Anda tidak akan rugi waktu dan uang sehingga lebih efisien untuk mendapatkan pekerjaan.


Lihat juga >> Contoh CV << jika Anda ingin membuat sebuah CV yang menarik dan profesional agar para HRD tertarik.

Kesimpulannya sebelum memutuskan untuk memilih lowongan kerja online terpercaya pilihanmu, pertimbangkan hal – hal di atas. Jangan sampai tergiur oleh gaji yang besar dan berbagai kemudahannya, periksa baik – baik identitas pemilik website. Lalu cari review sebanyak mungkin mengenai pekerjaan yang ditawarkan.

Dengan mengikuti semua tips memilih lowongan kerja online terpercaya di atas, dijamin kamu akan terbebas dari penipuan.

Anda juga dapat mencari loker online melalui situs https://www.lokerpt.com/.

Semoga informasi ini benar – benar bisa membantu dan akhirnya Anda bisa menemukan perkerjaan online yang sesuai.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more