Tips Membeli Handphone Baru & Bekas

Salah satu bisnis yang tengah menjamur di negara kita sekarang adalah penjualan smartphone, karena perkembangannya yang sangat pesat membuat banyak orang tertarik untuk terjun ke bisnis ini. Siapa yang tak kenal dengan Handphone atau disingkat HP atau ponsel? Hampir semua kalangan memilikinya karena memang sekarang sepertinya perangkat komunikasi yang sudah banyak ditumpangi perangkat lain ini memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masa kini. Begitu juga dengan anda, sesuai selera dan daya beli tentunya anda memiliki ponsel yang dikehendaki.

Tips Membeli Handphone Baru & Bekas


Dalam artikel ini saya akan coba berbagi panduan bagaimana tips dalam membeli HP. Berikut tips jika akan membeli HP baru (gress):
  1. Surveylah terlebih dahulu mengenai HP apa yang akan kita beli, bandingkan dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber misalnya majalah, internet, toko-toko, atau orang yang cukup tahu tentang HP.
  2. Sebaiknya membeli handphone di toko / dealer resmi yang ditunjuk oleh produsen HP yang hendak kita beli agar terjamin kualitas dan memiliki garansi resmi dari pabrik.
  3. Pastikan bahwa garansi benar-benar berlaku, tanyakan tentang ketentuan garansi kepada penjual agar jelas dan tidak ada penyesalan jika nanti ternyata garansi tidak berlaku.
  4. Alternatif lain carilah toko/penjual yang melayani purna jual, agar bila kita bosan atau ingin menggatinya dengan model terbaru kita bisa menjualnya kembali ketempat tersebut dengan mudah.
  5. Sesuaikan fitur dengan kebutuhan kita. Walaupun selera biasanya lebih berperan dalam memilih HP. Sebagai contoh, PDA atau smartphone akan lebih cocok untuk seorang yang sering berhubungan dengan data. Lain halnya seorang yang senang dengan fotografi misalnya, carilah HP yang mendukung untuk fitur kameranya.
  6. Cek ulang keaslian dan kelengkapannya, misalnya charger, SD card, headset, CD driver (jika ada), dan sebagainya.
  7. Simpan kartu garansi berikut nota pembelian yang dicap dan diparaf oleh penjual, untuk dipergunakan jika diperlukan.

Baca juga:

Jika dana anda terbatas atau senang dengan HP tipe lama. Berikut adalah tips membeli HP bekas (second):
  1. Periksa segel belakang casing atau di bawah baterai yang menutupi baut, pastikan masih original pabrik, harus jeli juga untuk melihat segel ini sebab bisa saja dipalsukan. Jika segel masih asli kemungkinan besar HP tersebut belum pernah dibongkar.
  2. Indikator sinyal stabil tidak naik turun. Jelas kalau sinyal naik turun berarti kondisi HP sudah lemah.
  3. Baterai harus kuat, jangan tertipu dengan indikator baterai yang full, terkadang itu adalah tegangan semu sebetulnya baterai tersebut kosong. Itu berarti elemen dalam baterai tersebut sudah rusak. Untuk mengetesnya lakukan panggilan atau bermain game selama beberapa menit apakah indikator baterai tetap atau turun drastis.
  4. LCD harus kontras, masuklah ke pengaturan layar lalu atur standar, lihat hasilnya tentu terlihat beda antara bagus dan jelek.
  5. Keypad harus berfungsi semua, sebab bisa saja ada salah satu tombol yang tidak berfungsi.
  6. Cek suara, cobalah menelpon teman yang tidak berada di satu tempat dengan kita, tanyakan kualitas suaranya normal atau tidak.
  7. Buzzer, adalah penghasil bunyi ringtone, masuk ke menu pengaturan bunyi pastikan ada bunyi dan normal tidak pelan atau terlalu keras.
  8. Cek charger, lihat apakan charger original atau palsu, ciri fisik yang original biasanya kabelnya kuat dan lebih berat dibanding yang lokal. Jangan lupa cek tegangannya, listrik masuk atau tidak saat dicolokkan ke HP.
  9. Cek kamera, mulus apa ada titik-titik hitam.
  10. Jika hendak membeli ponsel qwerty luangkanlah waktu untuk mengecek seluruh keypadnya.
  11. Bagaimana untuk ponsel touchscreen? Lakukan hal yang sama, cek fungsinya apakah normal atau tidak, karena sparepart keytouch ini cukup mahal dan cukup rumit. Tambah cek fingerprint dan smart lock-nya jika ada.

Inti dari semua itu adalah teliti sebelum membeli, agar bisa tersenyum puas setelah membeli.

Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia ponsel akan semain berkembang dan terus maju. Mudah-mudahan tips ini bisa membantu. Selamat berbelanja dan bijaklah dalam memilih.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more