Cara Embed Video Google Drive di Website Agar Tidak Dapat Didownload

Apabila Anda ingin menampilkan video di postingan website kantor atau blog pribadi namun tidak ingin pengunjung membukanya di Google Drive, tutorial kami ini dapat Anda gunakan. Alasan Anda tidak ingin pengunjung membukanya di Google Drive agar video tidak dapat didownload dengan menggunakan tombol "Pop Out"yang berada di sisi pojok kanan atas video. Cara menerapkannya pun sangat mudah.

Penting untuk Anda ketahui:
  1. Tentu saja cara ini tidak 100% membuat pengunjung tidak dapat mendownload video anda, karena pengunjung dapat mengambil sumber video lewat klik kanan > inspect element. Namun sebaliknya, jika pengunjung tidak tahu fungsi inspect element, maka cara ini 100% bekerja.
  2. Di atas video yang diembed tidak boleh diisi kata-kata atau gambar apapun, dan 1 halaman hanya berhasil untuk 1 video saja.
  3. Tidak bekerja di AMP template karena ada kode <div> dalam postingan. Namun Anda dapat mencoba mengkreasikannya untuk AMP templete.

Cara embed video ini hanya perlu menambahkan beberapa kode saja. Apabila kode asli embed Google Drive adalah berikut:
<iframe src="https://drive.google.com/file/d/YOUR_KODE_GOOGLE_DRIVE/preview" width="640" height="480" allow="autoplay" allowfullscreen=""></iframe>
maka, Anda perlu menambahkan kode berikut:
<div style="width:100%;height:400px;position:relative">
<iframe></iframe>
<div style="width:80px;height:80px;position:absolute;opacity:0;right:0;top:0">&nbsp;</div>
</div>
diantara kode <iframe>.

Tips: "opacity:0" adalah solusi untuk bekerja di Mozilla browser.

Dengan penambahan kode, maka hasilnya adalah sebagai berikut:
<div style="width:100%;height:400px;position:relative">
<iframe src="https://drive.google.com/file/d/YOUR_KODE_GOOGLE_DRIVE/preview" width="100%" height="auto" allow="autoplay" allowfullscreen=""></iframe>
<div style="width:80px;height:80px;position:absolute;opacity:0;right:0;top:0">&nbsp;</div>
</div>

Untuk contohnya, Anda bisa buka link di sini.

Baca juga:

Bagaimana, apakah tertarik untuk mencobanya dengan video Google Drive Anda? Jika iya, silakan Anda gunakan tips dari kami di atas.

Kami ucapkan terimakasih karena telah berkunjung di blog ini.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more