Pengertian dan Jenis Komputer

Komputer adalah salah satu jenis mesin yang mengelola berbagai jenis program untuk melakukan tugas yang bermanfaat bagi pengguna. Komputer memberikan respon yang tepat kepada pengguna melalui serangkaian instruksi yang disusun dalam urutan yang tepat. Komputer memiliki kapasitas penyimpanan bersama dengan manfaat eksekusi. Komputer dapat melakukan operasi yang kompleks dan sederhana.

Berdasarkan jenis tindakan, komputer didesain dalam beberapa format dengan spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak. Komputer berisi kabel, transistor, sirkuit, bagian perangkat keras dan lain-lain. Perangkat lunak adalah proses menyiapkan program melalui instruksi dan data.

Komputer umumnya dibuat dengan jenis komponen berikut dalam perangkat keras:
  1. CPU - Central Processing Unit menyelenggarakan tiga macam kegiatan untuk menyimpan data dan mengolah data dengan beberapa macam operasi. PU adalah bagian utama dari komputer yang memberitahu tentang komputer untuk melakukan tugas yang setiap saat.
  2. Memory - adalah salah satu bagian yang digunakan untuk menyimpan data, program, dan lain-lain. Memori dikategorikan menjadi beberapa jenis yang dapat bekerja untuk tujuan tertentu.
  3. I/P Devices - Perangkat yang berguna untuk memberikan input data ke komputer yang akan diproses untuk memberikan output dari perangkat lain.
  4. O/P Devices - Perangkat input memberikan input ke komputer. Setelah memproses data input, output yang tepat akan dirilis ke pengguna dari perangkat output.

Jenis Komputer


1. Personal computer

Jenis ini mempertahankan daftar komponen perangkat keras dan perangkat lunak di atas. Dapat didefinisikan sebagai kecil yang berkisar hingga pound terbatas. Muncul di tahun 1970-an yang bekerja dengan CPU kecil, RAM dan chip memori. Hal ini berguna untuk pengolah kata, akuntansi, desktop, aplikasi manajemen database dan lain-lain. Jumlah pengguna rumahan menggunakan software ini untuk bermain game dan belajar apapun dari internet dengan mudah.

Komputer pribadi memelihara beberapa jenis komputer seperti berikut:
  • Notebook
  • Tower computer
  • Laptop
  • Subnotebook
  • Handheld
  • Plamtop
  • PDA

2. Mini Computer

Ini adalah komputer menengah yang berguna di stasiun kerja yang dapat mencakup 200 pengguna secara bersamaan.

3. Workstation

Ini desain untuk aplikasi rekayasa SDLC dan berbagai jenis aplikasi dengan kekuatan moderat dan teknologi grafis. Umumnya mempertahankan media penyimpanan tinggi bersama dengan RAM besar. Workstation hanya bekerja dengan sistem operasi UNIX dan Linux. Memiliki beberapa jenis media penyimpanan yang memelihara workstation diskless dan disk drive.

4. Supercomputer and Mainframe

Superkomputer adalah komputer tercepat terbaik di dunia yang harganya sangat mahal. Ini bekerja berdasarkan perhitungan matematis. Jadi, semuanya bekerja dengan baik dengan prosedur sederhana. Superkomputer berurusan dengan simulasi ilmiah, grafik animasi, desain listrik, melakukan perhitungan dinamis, dan lain-lain.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more