Bahasa Komputer dan Jenisnya

Bahasa adalah media utama untuk berkomunikasi antara sistem Komputer dan yang paling umum adalah bahasa pemrograman. Seperti yang kita ketahui Komputer hanya memahami bilangan biner yaitu 0 dan 1 untuk melakukan berbagai operasi tetapi bahasa dikembangkan untuk berbagai jenis pekerjaan di Komputer. Bahasa terdiri dari semua instruksi untuk membuat permintaan ke sistem untuk memproses tugas. Dari bahasa Komputer generasi pertama dan sekarang generasi keempat ada beberapa bahasa pemrograman yang digunakan untuk berkomunikasi dengan Komputer. Di sini kita akan masuk secara rinci tentang bahasa Komputer dan jenisnya.

Deskripsi Bahasa Komputer


Bahasa Komputer mencakup berbagai bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan mesin Komputer. Beberapa bahasa seperti bahasa pemrograman yang merupakan kumpulan kode atau instruksi yang digunakan untuk mengomunikasikan mesin. Kode mesin juga dianggap sebagai bahasa komputer yang dapat digunakan untuk pemrograman. Dan juga HTML yang merupakan bahasa Komputer atau bahasa markup tetapi bukan bahasa pemrograman. Demikian pula ada berbagai jenis bahasa yang dikembangkan untuk berbagai jenis pekerjaan yang harus dilakukan dengan berkomunikasi dengan mesin. Namun semua bahasa yang ada sekarang dikategorikan ke dalam dua jenis bahasa dasar yaitu bahasa tingkat rendah dan bahasa tingkat tinggi.

Bahasa Tingkat Rendah

Bahasa tingkat rendah adalah kode mesin di mana instruksi diberikan dalam bahasa mesin dalam bentuk 0 dan 1 ke sistem Komputer. Hal ini terutama dirancang untuk mengoperasikan dan menangani semua perangkat keras dan instruksi yang mengatur arsitektur Komputer. Fungsi utama bahasa tingkat rendah adalah untuk mengoperasikan, mengelola, dan memanipulasi komponen perangkat keras dan sistem. Ada berbagai program dan aplikasi yang ditulis dalam bahasa tingkat rendah yang dapat langsung dieksekusi tanpa interpretasi atau terjemahan apa pun. Yang paling terkenal dan dasar dari semua bahasa pemrograman "C" dan "C++" sebagian besar digunakan bahasa tingkat rendah sampai hari ini. Bahasa tingkat rendah juga dibagi menjadi dua bagian yaitu bahasa mesin dan bahasa rakitan.

Bahasa Mesin adalah salah satu bahasa pemrograman tingkat rendah yang merupakan bahasa generasi pertama yang dikembangkan untuk berkomunikasi dengan Komputer. Itu ditulis dalam kode mesin yang mewakili 0 dan 1 digit biner di dalam string Komputer yang memudahkan untuk memahami dan melakukan operasi. Seperti yang kita ketahui sebuah sistem Komputer dapat mengenali sinyal listrik maka disini 0 singkatan untuk mematikan pulsa listrik dan 1 singkatan untuk menyalakan pulsa listrik. Sangat mudah dipahami oleh Komputer dan juga meningkatkan kecepatan pemrosesan.

Keuntungan utama menggunakan bahasa Mesin adalah tidak memerlukan penerjemah atau juru bahasa untuk menerjemahkan kode, karena Komputer dapat langsung memahaminya. Tetapi ada beberapa kelemahan juga seperti Anda harus mengingat kode operasi, alamat memori setiap kali Anda menulis program dan juga sulit untuk menemukan kesalahan dalam program yang ditulis. Ini bergantung pada mesin dan dapat digunakan oleh satu jenis Komputer.

Bahasa Assembly adalah bahasa pemrograman generasi kedua yang memiliki struktur dan rangkaian perintah yang hampir mirip dengan bahasa Mesin. Alih-alih menggunakan angka seperti dalam bahasa Mesin di sini kami menggunakan kata atau nama dalam bentuk bahasa Inggris dan juga simbol. Program yang telah ditulis menggunakan kata, nama, dan simbol dalam bahasa rakitan diubah menjadi bahasa mesin menggunakan Assembler. Karena Komputer hanya mengerti bahasa kode mesin makanya kita membutuhkan Assembler yang bisa mengubah bahasa tingkat Assembly ke bahasa Mesin agar Komputer mendapatkan instruksi dan merespon dengan cepat.

Kerugian utama dari bahasa ini adalah bahwa bahasa ini ditulis hanya untuk satu jenis CPU dan tidak berjalan pada CPU lainnya. Namun kecepatannya menjadikannya bahasa tingkat rendah yang paling banyak digunakan hingga saat ini yang digunakan oleh banyak programmer.

Baca juga:

Bahasa Tingkat Tinggi

Bahasa tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dan juga lebih dipertimbangkan yang membantu seorang programmer untuk membaca, menulis, dan memelihara. Ini juga merupakan bahasa generasi ketiga yang digunakan dan juga berjalan sampai sekarang oleh banyak programmer. Mereka kurang independen terhadap jenis Komputer tertentu dan juga membutuhkan penerjemah yang dapat mengubah bahasa tingkat tinggi ke bahasa mesin. Penerjemah dapat berupa juru bahasa dan Kompilator yang membantu mengubah ke dalam kode biner untuk dipahami oleh Komputer. Ada berbagai bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti C, FORTRAN atau Pascal yang kurang mandiri dan juga memungkinkan programmer untuk menulis program.

Kompilator memainkan peran penting pada Komputer karena dapat mengkonversi ke bahasa mesin dan juga memeriksa kesalahan jika ada sebelum dijalankan. Ada beberapa bahasa tingkat tinggi yang digunakan sebelumnya dan juga sekarang seperti COBOL, FORTRAN, BASIC, C, C++, PASCAL, LISP, Ada, Algol, Prolog dan Java. Ini mudah digunakan karena program ditulis dalam bahasa Inggris menggunakan kata, simbol, karakter, angka yang perlu dikonversi ke kode mesin untuk diproses.

Kesimpulan


Karena ini adalah beberapa bahasa Komputer yang merupakan generasi ketiga tetapi ada juga 4GL atau bahasa generasi keempat yang merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk mengakses database menggunakan perintah. Dan Anda akan lebih bahagia dengan bahasa generasi kelima juga yang digunakan untuk kecerdasan buatan dan jaringan saraf untuk profesional tingkat tinggi seperti ilmuwan. Tetapi bahasa pemrograman di atas sangat dekat dengan manusia dan digunakan untuk menulis program dengan mudah dan mengkonversi ke bahasa mesin untuk pengambilan yang mudah untuk mesin Komputer.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more