Ayat Al Quran & Hadist Tentang Jodoh

Allah SWT menurunkan Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi kehidupan umat manusia di muka bumi. Itu sebabnya, mengapa isi kandungan dalam Al Quran tak hanya seputar kegiatan ibadah saja melainkan mencukup seluruh aspek kehidupan.

Dalam pandangan agama Islam, jodoh merupakan salah satu hal yang bersifat misteri karena hanya Allah SWT saja yang tahu. Kendati demikian, kita sebagai hambaNya harus tetap bertawakal dan berikhtiar untuk mencari agar mendapatkan jodoh yang sesuai tuntunan agama.

Oleh karena itu, Allah SWT telah menurunkan beberapa ayat Al Quran tentang jodoh. Ingin tahu ayat Al Quran mana sajakah yang membahas seputar Jodoh? Yuk, kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

4 Ayat Al Quran Seputar Perjodohan


1. QS: Ar Rum ayat 21

Wa min aayaatihi an kholaqo lakum min angfusakum azwaajal litaskunuu ilaihaa wa ja’ala bainakum mawaddataw warakhmah. Inna Fii dzaalika la aayatil liqoumiy yatafakkarun.

Artinya: Dan di antara tanda-tanda (kebesaranNya) ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.

2. QS: Asy Syura ayat 11

Faathirus samaawaat wal ardhi ja’ala lakum min angfusikum azwaajaw waminal’an’aami azwaajaa. Yadzra ukum fiihi laisa kamitslihii syaiun wahuwas sami'ul bashiir.

Artinya: (Allah) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu pasangan-pasangan dari jenis kamu sendiri, dan dari jenis hewan ternak pasangan-pasangan (juga). Dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia. Dan Dia Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

3. QS: An Nur ayat 26

Alkhobiitsaatu lilkhobiitsiina wal khobiitsuuna lilkhobiitsaat wath thoyyibaatu lith thoyyibiina wath thoyyibuunalith thoyyibaat. Ulaaaika mubarrauuna mimma yaquuluna lahum maghfirotuw wajron karim.

Artinya: Wanita-wanita yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk wanita yang keji (pula), sedangkan wanita-wanita yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk wanita yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga).

4. QS: Al Hujurat ayat 13

Yaaa ayyuhan naasu innaa kholaqnaakum min dzakariw wa untsaa waja’alnaakum syu’uubaw waqobaaila lita’aarofuu.

Artinya: Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal.

3 Hadits Tentang Perjodohan


Selain di ayat Al Quran, ternyata ada beberapa hadits yang juga membahas seputar perjodohan lho! Adapun mengenai hadits-hadits yang dimaksud seperti di bawah ini:

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Apabila datang kepada kalian siapa yang kalian ridhoi akhlak dan agamanya, maka nikahkan lah ia. Jika tidak kalian lakukan, niscaya akan menjadi fitnah dan muka bumi akan mengalami kerusakan yang luas” (HR Al-Hakim).

Kemudian diutus kepadanya seorang malaikat lalu ditiupkan padanya ruh dan dia diperintahkan untuk menetapkan empat perkara: yaitu menetapkan rezekinya, ajalnya, amalnya dan kecelakaan atau kebahagiaannya” (HR Bukhari dan Muslim).

Ruh-ruh itu diibaratkan seperti tentara yang saling berpasangan, yang saling mengenal sebelumnya akan menyatu yang saling mengingkari akan berselisih” (HR Bukhari dan Muslim).

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more