Apa itu Panggilan "Risiko Spam"?

Anda mendapat telepon, dan ID Penelepon menampilkan "Risiko Spam". "Spam Kemungkinan" atau "Risiko Penipuan" dengan huruf merah besar. Ini bisa sedikit menakutkan, tapi jangan panik!

Peringatan ini dimaksudkan untuk membantu Anda menghindari penipuan atau spam yang hanya membuang-buang waktu Anda. Kami akan menjelaskan dari mana asal peringatan ini, apa yang harus Anda lakukan, dan bagaimana mencegah pelaku spam menghubungi Anda sejak awal.

Apa itu "Spam"?


Dalam konteks internet dan komputer, spam mengacu pada surat sampah yang mengisi kotak masuk email kita. Anda akan menemukan folder spam atau email sampah di menu email Anda, di mana pesan yang menurut perangkat lunak adalah spam dikirim tanpa Anda pernah melihatnya.

Spam sekarang juga mengacu pada lebih dari sekedar email. Anda bisa "di-spam" di mana saja; di media sosial, aplikasi perpesanan, dan melalui pesan teks dan panggilan telepon. Pesan spam datang dalam berbagai macam. Beberapa hanya iklan untuk produk dan layanan nyata, sementara yang lain mewakili berbagai upaya untuk menipu atau merugikan Anda.

Spam cukup mudah untuk diabaikan ketika datang sebagai email. Namun, saat Anda mulai menerima panggilan telepon, perhatian Anda diminta oleh spammer tersebut. Jauh lebih berisiko berbicara dengan sales marketing atau scammer yang meyakinkan di telepon daripada hanya membaca email.

Siapa yang Melabeli Panggilan Berisiko Spam?


Saat Anda ditelepon oleh "Kemungkinan Penipuan", nama itu berasal dari penyedia telepon Anda. Penyedia layanan telepon (misal AT&T, Verizon, T-Mobile, dll.) memiliki sistem perangkat lunak dan layanan pengaduan yang membantu mengidentifikasi saat penelepon tertentu menunjukkan pola spamming.

Mengapa penyedia tidak mengaktifkan pemblokiran panggilan untuk nomor-nomor ini atas nomor Anda? Jawaban sederhananya adalah mereka tidak dapat 100% yakin bahwa nomor yang diberikan adalah spam atau penipuan. Ada juga contoh di mana scammers akan menggunakan teknik yang disebut "spoofing" untuk membajak nomor yang sah, sehingga memasukkannya ke dalam daftar hitam dan memengaruhi pemilik nomor yang tidak bersalah. Hal terbaik yang dapat penyedia layanan telepon lakukan adalah memperingatkan penerima telepon bahwa nomor tersebut dicurigai sebagai spam dan memberikan hak kepada penerima untuk memblokirnya.

Jenis Spam dan Penipuan yang Harus Diwaspadai


Hal yang paling mungkin terjadi jika Anda menjawab salah satu panggilan ini adalah seseorang mencoba menjual sesuatu kepada Anda. Seringkali informasi Anda telah dijual kepada pemasar oleh perusahaan tempat Anda berbisnis dalam apa yang disebut kesepakatan bisnis "pihak ketiga". Penelepon bahkan mungkin mencoba masuk dengan menyebutkan afiliasi dengan perusahaan yang menjual informasi Anda kepada mereka.

Salah satu jenis panggilan telemarketing yang merusak dikenal sebagai "robocall". Dengan robocall, sistem otomatis melakukan ribuan panggilan setiap hari, dan ketika korban menjawab, mereka diserahkan ke operator manusia untuk melanjutkan panggilan. Terkadang, tidak ada manusia di ujung telepon. Entah itu chatbot atau pesan otomatis. Robocall tidak henti-hentinya, dan masalah robocall layak untuk diketahui dalam melihat sejauh mana efek buruknya.

Meskipun telemarketing biasanya tidak berbahaya, jenis panggilan yang jauh lebih berbahaya adalah panggilan phishing/penipuan. Ini adalah saat seseorang menelepon Anda dan berpura-pura sebagai agen asuransi, bank Anda, atau institusi lainnya.

Mereka akan mencoba mendapatkan informasi istimewa dari Anda, seringkali dengan meminta Anda menyelesaikan "otentikasi" di mana Anda memberi mereka semua detail yang diperlukan bank asli atau asuransi untuk memverifikasi identitas Anda. Begitu mereka memiliki informasi ini, mereka akan menggunakannya untuk berpura-pura menjadi Anda dan mengakses akun Anda yang sebenarnya. Selalu ingat bahwa verifikasi apa pun di telepon hanya boleh terjadi ketika Anda menghubungi perusahaan atau institusi di nomor telepon resmi mereka.

Akhirnya, banyak panggilan penipuan lainnya yang tidak termasuk dalam kategori yang diketahui, dan penipu selalu memikirkan sudut pandang baru. Siapa pun yang mencoba menekan Anda untuk menyerahkan uang, terutama di bawah ancaman tertentu, harus dicurigai.

Jangan Menjawab atau Menolak Panggilan


Tindakan yang paling bijaksana saat Anda mendapat panggilan berlabel peringatan spam adalah mengabaikannya. Itu termasuk tidak menolak panggilan. Robocaller melakukan panggilan untuk menyusun daftar nomor telepon aktif. Jadi ketika Anda mengangkat telepon, mesin segera mengakhiri panggilan, tetapi sekarang mereka tahu nomornya akan dijawab. Daftar nomor aktif ini kemudian dapat dijual ke telemarketer lain atau digunakan dalam tindakan spam atau penipuan berikutnya. Baca juga 5 cara Menolak Video Call dengan halus.

Diamkan Penelepon Tak Dikenal


Adalah satu hal untuk mengatakan bahwa Anda harus mengabaikan panggilan spam, tetapi membuat telepon Anda terus-menerus berdering saat Anda diserang oleh robot telepon sangat menyebalkan. Mendiamkan ponsel Anda adalah salah satu solusinya, tetapi itu berarti Anda akan melewatkan panggilan yang sah.

Untuk pengguna Apple iPhone, Anda memiliki opsi untuk “Diamkan Penelepon Tidak Dikenal” yang ditemukan di Setting > Telepon. Jika Anda mengaktifkan ini, semua panggilan dari nomor tak dikenal yang belum pernah berinteraksi dengan Anda atau bersifat pribadi akan dibungkam. Mereka akan masuk ke pesan suara, dan Anda hanya akan melihat pemberitahuan tentangnya nanti saat Anda memeriksa ponsel.

Segerakan untuk menyimpan nomor orang-orang penting ke kontak Anda jika Anda belum melakukannya. Jika Anda melakukan panggilan darurat dengan iPhone Anda, fitur tersebut akan dinonaktifkan selama 24 jam sehingga petugas tanggap darurat (atau orang lain) dapat menghubungi Anda.

Di ponsel Android, ini dapat ditemukan di Pengaturan Panggilan > Blokir Nomor dan mungkin disebut sesuatu seperti “Blokir nomor tidak dikenal/pribadi”. Dengan handset Android, lokasi yang tepat dari setelan ini dapat bervariasi menurut versi Android, merek ponsel, atau model.

Nonaktifkan Pesan Suara


Jika Anda memiliki kotak suara aktif, apakah Anda benar-benar menggunakannya? Jika tidak, Anda mungkin menemukan bahwa penelepon spam ini meninggalkan pesan panjang yang hampir sama menjengkelkannya untuk didengarkan dan dihapus seperti menerima panggilan sebenarnya. Saat ini, orang dapat dengan mudah menjangkau melalui email, media sosial, pesan teks, aplikasi seperti Whatsapp, dan bahkan surat kertas biasa. Jadi menonaktifkan pesan suara Anda mungkin merupakan cara yang bagus untuk membatasi efek panggilan spam.

Aktifkan Perlindungan Spam Ponsel Anda


Beberapa pembuat ponsel, seperti Samsung, menawarkan perlindungan spam bawaan gratis. Samsung menyebut fitur mereka Panggilan Cerdas, dan bahkan memungkinkan Anda melaporkan panggilan spam yang belum diblokir sehingga Anda dapat membantu pengguna Panggilan Cerdas lainnya. Ada begitu banyak merek ponsel pintar Android sehingga tidak praktis untuk mencantumkan semua merek dengan jenis perlindungan ini di sini, jadi pelajari pengaturan ponsel Anda secara manual atau konsultasikan ke situs web pabrikan untuk mengetahui apakah ada jenis perlindungan spam yang terpasang.

Gunakan Pemblokir Panggilan


Sayangnya, pengguna Apple iOS tidak memiliki filter spam bermerek Apple. Sebagai gantinya, Anda harus membuat atau mengimpor daftar blokir. Sejumlah aplikasi pihak ketiga dapat membantu Anda mengidentifikasi dan memblokir panggilan masuk serta pesan teks spam di App store dan Google play.

Banyak dari aplikasi ini menawarkan pemblokiran panggilan gratis dan berbayar. Berkat komunitas besar yang melaporkan nomor spam, mereka secara drastis mengurangi jumlah panggilan telepon spam yang akan Anda terima. Banyak juga yang memblokir pesan teks spam, jadi ini adalah keamanan ganda.

Jika Penting, Mereka Dapat Mengirim Pesan Kepada Anda


Merasa tertekan saat seseorang menelepon Anda adalah hal yang wajar, tetapi meskipun panggilan "risiko spam" adalah positif penipuan, tidak ada alasan untuk menjawabnya. Panggilan yang tidak diinginkan bukanlah masalah karena ada begitu banyak cara lain agar seseorang dapat menghubungi Anda sesuai persyaratan Anda, misal dengan mengirim pesan. Jika mereka tidak ada dalam daftar kontak Anda, bentuk komunikasi lain lebih tepat.

Panggilan penipuan dan spam menjadi masalah proporsi epidemi, dan satu-satunya cara untuk menghentikan kegilaan adalah dengan mengambil tindakan keras. Bahkan potensi peringatan spam seharusnya cukup dengan mengatakan tidak dan mengabaikan panggilan tersebut.

Meskipun Anda dapat secara legal meminta nama Anda dihapus dari daftar panggilan, dalam praktiknya, spammer terburuk mengabaikan arahan itu. Jadi aktifkan perlindungan spam Anda dan nikmati kesunyian!

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more