Tips Merawat Mobil Baru Agar Performa Tetap Oke

Ada hal yang sangat penting ketika memiliki mobil baru, yaitu melakukan perawatan yang tepat agar kondisi mobil tersebut bisa tetap awet. Sayangnya, masih banyak orang yang kurang peduli terhadap pentingnya perawatan mobil. Alhasil, tidak jarang mobil yang ia miliki cepat mengalami kerusakan meskipun belum lama beli. Lalu, apa saja tips merawat mobil baru agar performanya tetap oke?

Inilah 5 Tips Merawat Mobil Baru Agar Performa Tetap Oke


sumber gambar: car.rakuten.com.jp

Merawat mobil tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dengan melakukan beberapa hal sederhana, sudah bisa membuat performa mobil kesayangan tetap terjaga. Kabar baiknya, tips ini juga cocok untuk merawat mobil bekas, tua, diesel atau bensin, dan manual atau otomatis, agar tetap awet dan tahan lama bagi pemula seperti Anda. Jika ingin usia mobil lebih lama dan performanya tetap tinggi, Anda bisa mengikuti tips merawat mobil baru berikut ini:

1. Pilih Bahan Bakar yang Tepat

sumber gambar: carfixautorepair.com

Perlu diketahui bahwa setiap jenis mobil memiliki spesifikasi mesin yang berbeda. Penggunaan bahan bakar harus sesuai dengan jenis mesin mobil tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih jenis bahan bakar yang tepat sesuai dengan spesifikasi mesin mobil.

Pilihan bahan bakar yang tepat sangat mempengaruhi performa mesin mobil menjadi lebih baik. Penggunaan jenis bahan bakar yang salah, kotor, atau tidak diisi oleh agen resmi dapat membuat mesin mobil mengalami masalah dan mudah mengalami kerusakan.

2. Rajin Panaskan Mesin

Memanaskan mesin mobil bisa sangat penting, terutama jika kendaraan tersebut jarang dipakai. Panaskan mesin mobil minimal 3 kali seminggu agar kualitas oli tidak menurun. Jika mesin terlalu lama tidak menyala, maka bisa menyebabkan oli mengendap.

Saat mobil tidak menyala, ada beberapa komponen mesin yang tidak terkena pelumasan akibat oli mengendap. Hal ini menyebabkan terjadinya keausan yang mempercepat kerusakan pada mesin mobil. Untuk menghindari hal ini, maka lakukan pemanasan mesin mobil secara rutin.

Baca juga: Cara Ganti Oli Mobil dan Motor sendiri di rumah

3. Periksa Kondisi Cairan dan Ban Mobil

sumber gambar: yourmechanic.com

Tips merawat mobil baru yang berikutnya adalah rutin memeriksa kondisi cairan serta ban mobil. Mengecek cairan mobil seperti oli, cairan transmisi, air radiator, dan cairan oli rem harus secara berkala. Jika sudah mau habis atau sudah harus ganti, maka segera isi ulang atau ganti dengan cairan baru.

Selain itu, pastikan untuk selalu mengecek tekanan angin ban mobil sebelum berkendara. Pastikan tekanan angin sudah sesuai dengan rekomendasi yang tertera pada buku panduan. Hal ini demi kenyamanan dan kemudahan pengendalian mobil saat digunakan.

4. Perhatikan Transmisi Mobil

Saat mengendarai mobil, pastikan untuk menggunakan posisi gigi yang sesuai dengan batas kecepatannya. Hal ini bertujuan agar semua gigi percepatannya dapat bekerja dengan baik. Kondisi ini juga akan memberikan pengaruh baik untuk komponen mobil lain, seperti rem dan kopling.

5. Jangan Lupa Service Berkala

sumber gambar: laprensani.com

Service mobil secara berkala sangat penting agar performa mobil tetap berjalan dengan baik. Lakukan service mulai dari bagian interior hingga eksterior. Jangan lupa untuk ganti oli, mengecek aki, mengatur air radiator, dan berbagai service lainnya.

Pastikan Anda melakukan service mobil secara berkala di tempat yang tepat. Sebaiknya, lakukan service mobil di bengkel resmi mobil tersebut agar bisa mendapatkan layanan yang terbaik. Dengan melakukan service mobil secara berkala, mesin mobil juga bisa lebih awet dan terjaga.

Penutup


Nah, itu dia beberapa tips merawat mobil baru agar performa tetap oke. Dengan melakukan lima tips di atas, maka mobil baru Anda terjamin akan lebih awet dan performanya tetap bagus. Selain itu, jangan lupa untuk mengasuransikan mobil baru agar lebih aman dari berbagai risiko yang merugikan dan tidak terduga di masa depan.

Tidak perlu khawatir dan bingung dalam memilih asuransi, karena ada banyak sekali asuransi mobil yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan juga budget. Anda bisa mencari produk terbaik lewat Cekpremi.com. Jadi, agar mobil selalu aman dan awet, pastikan juga memilih asuransi yang tepat ya!

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more