Cara Melihat Isi Pesan Chat yang Dihapus di WhatsApp

Dengan aplikasi Notification History yang tersedia di Android, Anda dapat melihat pesan tertentu yang dikirim melalui WhatApp kepada Anda, tetapi chat tersebut telah dihapus oleh pengirimnya. Mau tahu caranya?

WhatsApp memungkinkan Anda menghapus pesan terkirim, itu benar. Saat seseorang mengirimkan teks, foto, video, apa pun, dan mereka menyesalinya, mereka dapat menghapus konten yang dikirim ke semua orang hingga dua hari setelah mengirimkannya. Namun, dengan aplikasi Notification History, Anda tetap dapat melihat kontennya. Nah, simak di bawah ini cara melihat pesan terhapus di WhatsApp menggunakan aplikasi di Andorid.

Aplikasi Notification History hanya tersedia untuk Android, jadi tutorial di bawah ini hanya berfungsi untuk perangkat dengan sistem operasi Google.

Di aplikasi Notification History, Anda dapat melihat konten pesan WhatsApp yang dihapus, termasuk gambar, selama izin penyimpanan diaktifkan. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa aplikasi ini tidak menampilkan konten sebelumnya, yaitu pesan yang telah dihapus sebelum menginstal aplikasi Notification History.

Untuk menggunakan Notification History, lakukan hal berikut ini:
  1. Instal Notification History - Cari aplikasi di Google Play Store dan install
  2. Berikan izin yang diperlukan - Saat membuka aplikasi yang diunduh, berikan akses ke notifikasi dan izin lain yang diperlukan
  3. Klik percakapan yang dimaksud - Ketuk percakapan yang ingin Anda lihat pesan yang dihapus
  4. Lihat semua pesan - Semua pesan yang dikirim oleh kontak akan ditampilkan, termasuk yang dihapus oleh pengirim.

Jika notifikasi tidak muncul, pastikan Anda telah mengaktifkan notifikasi akses aplikasi ini di Android.

Cara Memulihkan Pesan Percakapan yang Dihapus di WhatsApp


Baik di Android maupun di iPhone dimungkinkan untuk membuat cadangan percakapan di WhatsApp. Di Android, penyimpanan dapat dilakukan menggunakan Google Drive atau cadangan lokal dari sistem operasi. Di iPhone, penyimpanan ini terjadi melalui iCloud.

Untuk alasan ini, pemulihannya berbeda, karena bergantung pada perangkat dan lokasi yang Anda pilih untuk menyimpannya. Lihat tutorial eksklusif di bawah ini tentang cara memulihkan pesan percakapan WhatsApp yang dihapus di Android dan iPhone.

Secara default, WhatsApp selalu mencadangkan pesan, baik secara lokal maupun di cloud. Oleh karena itu, prosedur tersebut menyebabkan percakapan Anda dipulihkan dari beberapa cadangan lama. Perlu dicatat bahwa Anda dapat melakukannya tanpa pesan terbaru, tetapi mungkin sepadan jika Anda melewatkan banyak hal.

Di Android, ada dua opsi pemulihan utama: pulihkan cadangan di Google Drive atau lakukan secara lokal. Lihat di bawah bagaimana setiap proses bekerja.

Cara Memulihkan Pesan yang Dihapus dengan Cadangan Google Drive


Tidak mungkin memulihkan cadangan Google Drive secara otomatis. Jadi, mari kita lakukan pengambilan percakapan sendiri:
  1. Buka "Aplikasi" di ponsel Anda - Ketuk tombol "Pengaturan", yang ada di bilah notifikasi ponsel cerdas, lalu pilih "Aplikasi"
  2. Akses WhatsApp - Gulir layar atau gunakan kaca pembesar untuk menemukan WhatsApp
  3. Hapus data penyimpanan aplikasi - Ketuk "Penyimpanan" lalu "Hapus Data". Klik di "Ok" untuk mengonfirmasi tindakan
  4. Masuk ke akun WhatsApp Anda lagi - Buka WhatsApp dan ketuk “Agree and continue”, kemudian masukkan nomor telepon Anda dan klik “Berikutnya”. Perhatian: nomor ini harus sama dengan cadangan yang dibuat
  5. Mengembalikan cadangan Anda - Klik “Pulihkan” untuk memulihkan riwayat pesan tersimpan. Jika WhatsApp membutuhkan waktu terlalu lama untuk menemukan cadangan, tutup aplikasi dan buka lagi untuk mencoba lagi.

Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Dihapus di iPhone


Di iPhone, hanya mungkin memulihkan cadangan dari iCloud, karena WhatsApp tidak berfungsi dengan cadangan lokal yang dapat dimodifikasi di iOS. Sebelum ke step by step, ada baiknya lihat dulu apakah ada backup otomatis yang aktif di iCloud Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan WhatsApp > Obrolan > Cadangan Obrolan.

Di bagian ini, Anda dapat mengonfirmasi bahwa percakapan Anda sedang dicadangkan. Jika tidak, tidak mungkin memulihkannya, tetapi Anda masih dapat mengaktifkan cadangan untuk kejadian di masa mendatang. Bagaimanapun, penting juga untuk memeriksa kapan cadangan terakhir dibuat, untuk memastikan ada pesan yang ingin Anda pulihkan. Dengan mengingat hal itu, ikuti petunjuk di bawah ini:
  1. Instal ulang WhatsApp lagi - Hapus aplikasi WhatsApp Anda dan unduh lagi
  2. Masukkan akun WhatsApp Anda - Masukkan nomor telepon dan ketuk "Berikutnya" untuk pergi ke layar berikutnya
  3. Memulihkan pesan yang dihapus - Pilih “Pulihkan” setelah WhatsApp mendeteksi bahwa ada cadangan yang disimpan di iCloud.

Saya tidak dapat mengambil pesan yang saya inginkan. Apa yang harus dilakukan?


Pencadangan otomatis dapat diaktifkan hanya setelah pesan yang dihapus atau pemulihan versi yang salah dilakukan. Jika Anda memiliki Android, coba pulihkan cadangan lain. Jika cadangan benar-benar tidak aktif dan Anda menggunakan iPhone, pesan yang dihapus tidak dapat dipulihkan.


Tags: pesan whatsapp dihapus, melihat pesan whatsapp, pesan dihapus, whatsapp dihapus, cara melihat whatsapp, pesan whatsapp disembunyikan, aplikasi whatsapp, hapus pesan whatsapp

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more