Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Startup Windows

Bagi sebagian orang akan sangat menjengkelkan ketika membuka komputer untuk melakukan aktivitas, tersendat dengan sistem operasi yang lamban alias super lemot. Kali ini Mas Andisyam berbagi kepada sobat-sobat pengguna komputer tentang beberapa hal dalam mengatasi lemotnya sistem operasi, dalam kata lain meningkatkan kecepatan loading Start-UP Windows.

Baik sobat mari kita menjajaki satu persatu bagaimana meningkatkan kecepatan sistem operasi kita. Untuk langkah pertama mengoptimalkan kinerja hardware pada BIOS (Basic Input Output System) berikut langkah-langkahnya:
  1. Restart komputer / laptop sobat
  2. Tekan Del atau F2 atau Esc untuk masuk ke system BIOS sobat, tergantung komputer / laptop sobat
  3. Settingan ini tergantung BIOS dukungan untuk masing-masing komputer dan laptop
  4. Pilih Advanced Bios Features - Harddisk Boot Priority, atur pada posisi paling pertama dilanjutkan device lain
  5. Masih pada Advanced Bios Features - First Boot Device - pilih Harddisk atau biasa juga tertulis HDD0 sesuaikan dengan penamaan yang ada untuk pilihan harddisk
  6. Selanjutnya pada Integrated Peripherals - Onboard IDE Function - untuk pilihan IDE Primary Slave dan IDE Secondary Slave pilih Disabled

Apakah sampai disini? Jawabnya belum. Settingan diatas mengindikasikan bahwa system hanya memeriksa Harddisk saja pada saat boot dimana Windows atau OS berada, sehingga memungkinkan proses untuk masuk ke sistem operasi lebih cepat tanpa harus memeriksa satu-persatu hardware atau device yang lain.

Selanjutnya pada bagian mana yang perlu disetting untuk menunjang settingan diatas? Mari kita lanjutkan. Berikut adalah settingan pada sistem operasi windows:
  1. Buka notepad kemudian ketikkan "del c:\windows\prefetch\ntosboot-*.*/q" (tanpa tanda petik) kemudian save dan beri nama ntosboot.bat atau nama apa saja yang sobat suka kemudian simpan di drive C:\.
  2. Buka menu RUN kemudian ketikkan gpedit.msc selanjutnya enter maka akan muncul kotak dialog Group Policy pilih Windows Settings lalu klik 2X Scripts (startup/shutdown) maka akan nampak sepeti gambar di bawah ini:
  3. Selanjutnya pilih add dilanjutkan pilih browse kemudian arahkan pada drive C:\ dimana file ntosboot.bat berada kemudian pilih OK. dan OK lagi

Cara ini digunakan untuk menghapus secara otomatis file ntosboot pada directory c:\windows\prefetch\ setiap kali windows startup, jika sobat menginginkan penghapusan pada saat shutdown bisa pilih saja Shutdown Properties kemudian sama seperti langkah-langkah diatas.

Untuk tahap selanjutnya adalah untuk mempercepat ketika masuk ke dekstop dengan cara sebagai berikut:
  1. Kembali membuka Notepad kemudian isikan konfigurasi system registry sebagai berikut:
    Windows Registry Editor Version 5.00 
    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\ContentIndex]
    "StartupDelay"=dword:00009c40
  2. Kemudian simpan dengan nama kencangin-start-up atau dengan nama lain (optional) dan simpan di drive mana saja lalu klik 2X kemudian OK
  3. Untuk langkah terakhir cari file "system.ini" pada C:\Windows\ atau tekan F3 untuk melakukan pencarian dan buka pada notepad, selanjutnya tambahkan baris kode "Irq14=4096" (tanpa tanda petik) dibawah kode "[386enh]" sehingga membentuk baris kode seperti gambar berikut:
  4. Save, kemudian restart komputer atau laptop sobat untuk merasakan bedanya


Sekian dulu cara meningkatkan kecepatan loading startup windows yang dapat sobat-sobat lakukan dimana pun berada. Semoga bekerja dan bermanfaat.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more