6 Faktor yang Membuat Artikel Bisa Page One

Menerapkan SEO itu mudah, namun nyatanya hasilnya tidak seperti yang disampaikan orang-orang. Ada yang nulis, begini lho caranya biar bisa page one, tapi setelah diikuti ternyata tidak bekerja dengan blog kita.

Hai blogger, bukan berarti cara yang mereka sampaikan itu salah, bukan! Karena ada faktor X yang memang harus blog kita penuhi.

Dalam artikel ini, saya tidak akan menyebutkan semua faktor, hanya beberapa saja tapi yang paling mempengaruhi. Alasannya, saya ingin kalian untuk bereksperimen selalu untuk menyandang blogger sejati yang tidak perlu diberi makan layaknya bayi.

Langsung saja!!


1. Umur blog dan umur domain


Umur blog dan umur domain sangat mempengaruhi untuk membuat artikel berada di page one.

Jika kalian membuat blog di platform blogger.com tanpa custom domain, itulah umur blog dan umur domainnya mengikuti .blogspot. Tapi setelah beberapa bulan kemudian mencustom TLD, itulah umur domain, sedangkan umur blog adalah ketika anda membuat blog di platform blogger.com pertama kali tanpa custom TLD. Paham?

Ibarat sebuah bisnis, usaha baru tidak mudah dipercaya begitu saja oleh banyak konsumen. Makanya, umur sebuah bisnis menentukan kesuksesan kelanjutannya. Nah, umur blog dan domain juga begitu. Jika blog kalian ingin artikelnya berada posisi pertama SERP dan dipercaya oleh mesin pencari, faktor ini jelas mempengaruhi sekali.


2. Kualitas tulisan


Kualitas tulisan tidak hanya dilihat dari isi, font yang digunakan juga berpengaruh. Makanya kalau pilih font itu yang bisa dibaca atau pakai yang default saja, normalnya Arial atau Sans Serif.

Membuat isi tulisan artikel yang berkualitas memang tidak mudah, bahkan blogger lama pun juga mengakuinya. Sehingga banyak blogger yang mengamini bahwa konten adalah Raja, namun hanya konten berkualitas saja yang layak dijadikan Raja. Jika kontennya amburadul tanpa mengikuti alur, informasinya tidak jelas, dan fontnya aneh, jelas konten itu adalah buruk (bukan Raja).

Saya memang tidak punya tips khusus saat membuat tulisan berkualitas, hanya saja fokus saya adalah pembaca manusia. Jadi, jika ingin menciptakan tulisan yang berkualitas kita harus memanusiakan pembaca blog.


3. Lupakan soal uang


Ketika kalian fokus ngeblog hanya semata-semata untuk uang, maka tak hayal jika tulisan tersebut jarang dikunjungi. Bahkan posisi SERP pun malah melorot tajam ke bawah.

Jumlah pengunjung mempengaruhi peringkat SERP, semakin banyak semakin baik. Namun, pengunjung hasil pencarian organik saja yang mempengaruhi SERP!

Saya yakin, ketika menulis dengan mengaharap uang tulisan tersebut tidak akan ada uniknya, bahkan malah cenderung mirip buatan robot. Yang perlu kalian tahu bahwa keunikan tulisan akan mendapat nilai plus dari mesin pencari.


4. Panjang tulisan


Semakin panjang semakin baik, asal tidak keluar dari topik yang diangkat.

Tulisan panjang juga bukan berarti isinya adalah spam keyword, malah kalau spam keyword yang ada artikel tersebut kena pinalty oleh mesin pencari, entah dibuang ke sandbox atau dihapus otomatis dari platform blog yang kalian gunakan.

Salah satu faktor kenapa kita sulit menulis panjang karena terlalu fokus memikirkan uang. Dengan begitu, mulai sekarang hilangkan uang di dalam otak saat menulis postingan apapun.


5. Mengikuti aturan mesin pencari


Saya yakin bahwa banyak blogger yang tidak membaca aturan dari mesin pencari dalam mengurusi blog. Padahal aturan itu jelas sekali ditulis, bahkan pakai bold.

Kalian perlu tahu update informasi terbaru tentang apa saja yang mempengaruhi SERP yang telah disampaikan oleh mesin pencari. Blogger sejati harus taat peraturan mesin pencari dan bukan asal main cara Black Hat yang justru memperburuk kualitas blog.


6. Keyword relevan


Alasan saya menuliskan keyword relevan di bagian akhir karena faktor ini adalah yang paling dahsyat akan penentu posisi artikel di SERP.

Cara membuat keyword yang relevan mudah saja kok, kita bisa menggunakan Google Trends dan fitur Google Penelusuran Terkait. Kalian bisa membaca selengkapnya tulisan ini di postingan saya sebelumnya yang berjudul Keyword Relevan Adalah Cara Utama Mendapatkan Pengunjung Organik untuk Blog.


Itulah 6 Faktor yang mempengaruhi artikel kalian berada di page one dan bisa kalian terapkan dalam blog pribadi. Hasil dari menerapkan keenam faktor ini memang tidak cepat bak bimsalabim alakadabra, kalian harus dituntut sabar, tetap berusaha, berdoa, dan selalu mengikuti aturan mesin pencari yang berlaku.

Jangan jadi keledai jika tidak ingin dikatakan bodoh. Kita ini manusia, harusnya selalu peduli dengan manusia lainnya.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat. Amin!