4 Cara Menghargai Tulisan Blogger

Artikel kali ini saya fokuskan kepada kalian semua yang merupakan para pencari informasi maupun jawaban atas keresahan pribadi melalui dunia internet khususnya blog.

Setiap blog memiliki pemilik dan juga penulis. Dari situlah inisiatif saya untuk membuat tulisan ini.

Kita tahu bahwa setiap orang ingin karyanya dihargai walau hasilnya itu sangat buruk. Dengan adanya rasa menghargai tentunya membuat orang tersebut menjadi terpacu untuk terus menerus berkarya, hingga pada akhirnya ia dapat menghasilkan karya yang luar biasa.

Begitu juga dengan seorang blogger (termasuk saya pribadi). Karya tulis kami ingin juga dihargai. Ada 4 cara yang dapat kalian lakukan untuk menghargai karya-karya tulisan kami.


1. Berkomentar


Banyak blog menampilkan kolom komentar disetiap akhir postingan namun ada beberapa juga yang sengaja menyembunyikan kolom komentar dengan alasan tertentu.

Kolom komentar berguna untuk tempat saling beragumen, tanya jawab, memberikan kesan, serta ucapan terimakasih.

Nah, dengan adanya komentar dari para pembaca muncul perasaan bahagia bagi si blogger karena merasa karyanya telah dihargai. Tapi komentarnya jangan pelit-pelit ya, misal: "terimakasih", "nice info", dan "sangat bermanfaat", minimal ya 10 kata sudah cukup dan isinya yang positif-positif.


2. Membagikan ke social media pribadi


Kalian pasti punya akun social media dong, entah: facebook, twitter, atau google plus, kalau seandainya tidak punya ya buatlah.lol.

Jika merasa bahwa postingan yang kalian kunjungi/baca sangat menginspiratif, menjawab atas pertanyaan, dan juga bermanfaat, kalian bisa membagikan postingan tersebut ke media sosial pribadi.

Hal ini juga merupakan sikap yang dianggap menghargai oleh para blogger. Karena share ke publik seperti ke media sosial, merupakan salah satu cara meningkatkan pengunjung dan brand yang efektif ke blog mereka.


3. Klik banner iklan yang tampil pada blog tersebut


Banyak blogger yang mencari penghasilan dari blog dengan menjadi seorang publisher. Dalam diterima menjadi publisher pun juga tidak gampang, karena ada sebagian pihak yang melakukan tahapan review dulu pada blog yang didaftarkan untuk diterima menjadi publisher.

Mengklik banner iklan juga termasuk sikap menghargai, karena dengan adanya penghasilan tersebut dan menerima gaji saat menjadi publisher membuat blogger akan semakin semangat untuk memposting dan mengupdate artikel dalam blognya. Bisa dipastikan bahwa kualitas tulisan blogger juga akan semakin meningkat.


4. Memberikan Hadiah


Yang saya lihat dan tahu bahwa banyak youtubers mendapatkan hadiah dari para penggemarnya. Akan tetapi untuk blogger jarang sekali saya ketahui.

Hadiah itu bisa berupa seperangkat PC/Laptop atau HP yang dapat digunakan untuk memudahkan blogger untuk posting. Karena yang saya tahu, kebanyakan blogger mengurus blog mereka hanya lewat HP (karena kuatnya hanya beli hp). Atau, memberikan tiket PP ke lombok atau singapura guna meremajakan kemampuan otak blogger agar mudah mendapatkan ide postingan terbaru.


Itulah 4 hal yang dapat kalian lakukan dalam menghargai kami (selaku blogger). Cara mana yang kalian pilih tentunya sesuai dari keinginan kalian sendiri.

Jujur, dalam artikel ini saya tidak memaksa kalian untuk melakukan 4 cara di atas. Namun, interaksi yang kalian lakukan kepada kami dengan melakukan 4 cara di atas bisa membuat kami termotivasi untuk berkarya dalam menciptakan tulisan yang berkualitas nan up to date.

Semoga bermanfaat, amin!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more