4 Faktor Penting SEO untuk Blog

Salah satu cara pemasaran digital yang paling hemat biaya adalah mengoptimalkan konten kita berada di halaman pertama mesin pencari, atau sering dikenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimization).

Kebanyakan orang berpikir bahwa SEO adalah solusi ajaib yang membawa pada kesuksesan. Yang benar ialah tidak ada keajaiban untuk SEO!

Benar bahwa seseorang tidak memerlukan gelar sarjana dari universitas untuk menguasai teknik SEO, yang kita butuhkan hanyalah keterampilan, kesabaran, dan ketekunan.

Salah satu teknik SEO adalah tentang memilih kata kunci / keyword sesuai dengan konten yang sedang kita bahas. Kata kunci idealnya adalah kata-kata yang biasa digunakan orang lain saat mencari produk, jasa, dan informasi lainnya di mesin pencari.

Langsung saja ya!

Berikut adalah beberapa faktor & kunci yang penting dalam melakukan strategi SEO apapun:


1. Penelitian


SEO adalah taktik pemasaran yang kompleks. Ini bukan ilmu cepat, dan memerlukan beberapa tingkat keahlian. Kita tidak bisa memutuskan bahwa hari ini adalah hari dimana posisi artikel berada di peringkat pertama mesin pencari.

Kita harus mempelajari trik dan teknik spesifik yang ada di dalam SEO. Dan kita juga harus melakukan penelitian terhadap target pasar spesifik, produk / layanan, dan juga para pesaing di SERP (Search Engine Result Pages).


2. Alat


Alat ini berfungsi untuk membantu kita melakukan optimasi SEO, misal: mencari kata kunci berharga tinggi, melihat trafik, cek backlink, melihat jumlah kata, dan masih banyak lagi.

Untungnya, banyak pihak yang memberikan fasilitas alat gratis online untuk memudahkan kita dalam mengoptimasi blog pribadi.


3. Waktu


Ada kesalahpahaman paling umum yang menyatakan bahwa SEO adalah cara cepat untuk melakukan pemasaran konten via mesin pencari. Yang benar ialah SEO merupakan strategi jangka panjang. Bisa membutuhkan setidaknya beberapa bulan atau satu tahun untuk melihat hasil yang konsisten dan bermutu tinggi (volume lalu lintas yang tinggi, prospek bagus, dan tingkat konversi yang tinggi).

Ini memerlukan keselarasan dengan semua aspek lain dari strategi pemasaran kita, mulai dari aktivitas di saluran media sosial hingga peningkatan versi blog (mengikuti update algoritma).


4. Praktik


Setelah melakukan penelitian, memiliki alat bantu, dan memahami waktu, maka faktor terakhir yang terpenting adalah praktik.

Jika kita sudah memiliki 3 faktor sebelumnya namun tidak pernah praktik, sama saja bohong. Keberhasilan akan kita raih apabila telah bergerak maju atau melakukannya (dengan praktik) walau kegagalan selalu saja dijumpai.

Praktik, praktik, dan praktik adalah kunci utama dalam meraih pencapaian SEO.

Tujuan menerapkan SEO adalah cara atau sarana kita untuk membuat blog menjadi profesional, user friendly, serta membantu meningkatkan peringkat halaman postingan / homepage blog di mesin pencari.

Namun apabila sedang sibuk bekerja atau mengurus bisnis sehingga tidak dapat mengurus blog pribadi dengan baik, maka kalian dapat menyewa jasa SEO.

Semoga yang sedikit ini dapat membantu kalian dalam memahami SEO lebih mendalam!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more