Meta Keyword TIDAK BERGUNA untuk SEO

Kemarin saya mengikuti tes tulis dan wawancara untuk diterima sebagai SEO Specialist di sebuah Perusahaan. Namun, entah kenapa pertanyaan itu muncul dalam soal. Pertanyaannya kurang lebih, "Bagaimana Meta Keyword berguna untuk SEO?"

Berhubung saya juga update tentang bab SEO dan sebangsanya, tentu saya jawab, "Sudah lama Meta Keyword telah dianggap spam dan diabaikan oleh banyak mesin pencari (Google, Bing, Yandex, dll), sehingga tidak perlu diisi atau lebih baik dihapus pada templatenya. Karena sejak lama memang tidak digunakan lagi untuk merangking postingan atau homepage situs".

Dari tes itu saya berpikir, "Apakah pihak perusahaan menggunakan soal lama yang tidak pernah diupdate juga?", namun bagaimana pun juga saya tetap ingin bekerja di sana sebagai tambah-tambah modal untuk hidup saya pribadi, utamanya biar tidak malu dengan calon mertua dan tetangga karena dianggap pengangguran (karena hanya di rumah saja).

Kembali lagi ke meta keyword. Alasan meta keywords diabaikan mesin pencari karena dijadikan ladang spam keyword oleh pemilik situs / webmaster, dan melanggar algoritma Panda. Kalian dapat melihat dimana di template-template baru sekarang ini sudah tidak lagi menggunakan meta keyword. Bahkan plugin SEO dalam WP juga ada beberapa yang sudah menghapusnya.

Jadi, jika ditanya "Apakah meta keyword masih berguna dalam SEO?", tentu jawabnya adalah TIDAK BERGUNA SAMA SEKALI. Lalu jika ada pertanyaan tentang "penerapan meta keyword dalam SEO", jawablah, SAYA TIDAK PERLU MELAKUKAN ATAU MENGGUNAKAN SESUATU YANG MEMANG TIDAK BERGUNA, KARENA MESIN PENCARI SAJA TELAH MENGABAIKANNYA.

Daripada saya dikata sok tau, asal bunyi, dan tidak dipercaya, lebih baik kalian baca postingan resmi dari blog webmaster milik Google ini: Google does not use the keywords meta tag in web ranking

Beberapa Meta penting yang masih digunakan oleh Google dalam merayapi situs:


Meta/Tag Judul:
<title>The Title of the Page</title>

Meta Deskripsi:
<meta name="description" content="A description of the page"/>

Meta Robot Indexing:
<meta name="robots" content="..., ..."/>
<meta name="googlebot" content="..., ..."/>

Meta Tanpa Search Box di Sitelink:
<meta name="google" content="nositelinkssearchbox"/>

Meta No Translate:
<meta name="google" content="notranslate"/>

Meta Jenis Konten & Charset:
<meta http-equiv="Content-Type" content="...; charset=..."/>
<meta charset="..."/>

Meta Tampilan Responsive:
<meta name="viewport" content="..."/>

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more