Berburu Domain Expired web.id Cukup Melelahkan

Alasan kenapa saya mencari domain expired .web.id untuk dijadikan "zombie" (atau dihidupkan kembali):
  • Domain tertarget untuk wilayah dan bahasa Indonesia, ditambah tag hreflang bahasa Indonesia semakin mantap. Maka tak hayal jika domain .id semakin hari semakin diminati, utamanya bagi para pemilik atau blogger yang tidak pandai "bahasa asing" (misalnya; bahasa inggris). Ini adalah salah satu teknik SEO yang perlu kalian tahu.
  • Harga sangat murah. Ya, saking murahnya tak perlu khawatir untuk perpanjang. Harganya sendiri di tiap penyedia domain rata-rata dijual sebesar *55.000 rupiah, plus ppn 10% jadinya totalnya 60.500 rupiah. Cocok untuk blogger atau pihak yang minim budget. *harga bisa saja berubah
  • Nilai DA (Domain Authority) & PA (Page Authority) banyak yang sudah tinggi-tinggi. Ini yang sangat melelahkan ketika ingin mencari domain web.id yang high authority untuk dijadikan zombie. Ditambah lagi, terkadang sudah menemukan yang nilai DA & PA-nya tinggi, akan tetapi ketika dicek di Moz ternyata angka skor SPAM-nya juga tinggi, jadi harus cari lainnya lagi. Untuk alat atau tools pencarian domain web.id yang expired secara cepat sendiri saya belum menemukan, otomatis mencarinya harus secara manual.

Sampai saat ini saya baru mendapatkan 4 domain web.id yang rata-rata DA PA-nya di atas 35, yang sudah saya gunakan untuk blog-blog saya, salah satunya ya Andi Syam ini.

Jujur, saya memang tak intensif juga mencarinya, dikarenakan kerjaan nyata yang lebih diprioritaskan. Tapi saya akui bahwa mencari domain expired web.id tetap saja sangat melelahkan karena harus manual dan perlu memilih serta memilah domain yang cocok dengan kriteria saya pribadi.

Untuk kriteria saya pribadi adalah:
  • Url harus bisa dibaca dengan normal, misalnya: andisyam, badaksatu, blogupdate, dan lain-lain.
  • Singkat, minimal 10 huruf. Pokoknya semakin singkat saya suka.
  • Nilai DA PA tinggi, di atas 35. Dan SPAM skor maksimal 2%.

Kalian mau meniru saya tidak apa-apa jika memang minim budget dan mau punya blog yang TLD.

Jangan salah lho ya, karena berdasarkan pengalaman pribadi, banyak yang minat pasang link dan content placement ke blog saya yang "berdomain web.id" (yang kriterianya sudah saya sebutkan sebelumnya). Jadi, nggak rugi kan? Sudah harganya murah, malah dapat plus-plus lagi. lol.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more