5 Cara Nonton YouTube Tanpa Iklan

Semua orang suka menonton video YouTube, kami bahkan memiliki saluran YouTube sendiri, tetapi tidak ada yang suka menonton iklan. Andai saja ada cara menonton YouTube tanpa iklan!

Kabar baiknya adalah ada banyak cara untuk menonton YouTube tanpa iklan, masing-masing dengan pro dan kontra.

Situasi Iklan YouTube


Sebelum kita membahas cara khusus untuk mendapatkan pengalaman YouTube bebas iklan, ada baiknya menjelaskan secara singkat jenis iklan apa yang akan Anda temui di konten YouTube:
  • Iklan in-stream yang dapat dilewati
  • Iklan in-stream yang tidak dapat dilewati
  • Iklan video dalam umpan
  • Iklan bumper
  • Iklan outstream
  • Iklan masthead

Tidak semua jenis solusi pemblokiran iklan akan memblokir setiap jenis iklan YouTube. Namun, kami terutama khawatir tentang iklan yang harus Anda lewati secara manual atau mengganggu tampilan Anda.

Dalam hal konten bersponsor dengan iklan di dalam video, tidak ada solusi yang dapat mengatasi jenis iklan tersebut.

1. Bayar YouTube Premium


Ini adalah cara paling mudah dan efektif untuk menghilangkan iklan YouTube. Dengan membayar paket YouTube Premium individu atau keluarga, Anda akan selalu memiliki video bebas iklan kecuali pembuat video memasang iklan di sana.

Iklan tidak hanya hilang, tetapi Anda juga akan memiliki akses ke konten video premium dan YouTube Music. Paket keluarga, khususnya, adalah kesepakatan yang fantastis. Ini adalah solusi fire-and-forget untuk setiap perangkat tempat Anda menonton YouTube.

Bagian terbaik dari opsi ini adalah pembuat konten YouTube dan YouTube sendiri masih mendapatkan penghasilan untuk menyediakan layanan dan konten yang Anda nikmati. Ini juga berarti bahwa Anda tidak mengalami praktik pelacakan yang sejalan dengan iklan.

YouTube Premium adalah metode nomor satu yang kami rekomendasikan untuk menghilangkan iklan, tetapi peringatan utamanya adalah Anda harus membayar untuk hak istimewa tersebut. Untuk pengguna iPhone dan iPad, ini adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan iklan di aplikasi YouTube asli di luar browser.

2. Aplikasi pemblokiran iklan


Salah satu cara yang sangat efektif untuk memblokir iklan YouTube di perangkat seluler adalah dengan menggunakan aplikasi pemblokir iklan. Ada beberapa opsi, tetapi umumnya hanya tersedia di Android sebagai aplikasi yang dimuat di latar belakang. Kecuali jika Anda melakukan jailbreak pada perangkat iOS Anda.

Aneh kedengarannya, ada aplikasi pihak ketiga untuk menonton YouTube. Google tidak sepenuhnya mendukung praktik ini, jadi Anda tidak akan menemukan aplikasi ini di Play Store.

Aplikasi yang paling populer, YouTube Vanced, telah ditutup oleh Google. Menawarkan adblocker bawaan dan dukungan putar di latar belakang, dan menawarkan fungsionalitas lengkap yang bisa Anda dapatkan dari YouTube Premium secara gratis.

Dan sementara aplikasi lain dengan fitur serupa masih ada, mereka mungkin juga menghadapi potensi tindakan hukum. Aplikasi sumber terbuka yang tidak menggunakan API atau kerangka kerja YouTube memiliki peluang terbaik untuk tetap berfungsi.

Aplikasi SkyTube dan NewPipe adalah pilihan terbaik.

3. Gunakan Ekstensi peramban web pemblokir iklan


Menggunakan adblocker yang bagus adalah taruhan terbaik Anda jika tidak ingin menghabiskan langganan YouTube Premium. Kebanyakan orang sudah menggunakan adblocker di komputer mereka untuk mematikan iklan web yang mengganggu. Adblocker YouTube beroperasi dengan prinsip yang sama.

Anda hanya perlu memasang ekstensi browser khusus untuk memblokir iklan di YouTube, lalu Anda dapat terus menonton video favorit tanpa iklan. Adblocker yang baik dapat mencegah pemuatan iklan di saluran YouTube mana pun yang diakses melalui browser itu, meskipun keefektifannya mungkin berbeda.

Sebagian besar add-on adblocker dapat disesuaikan berdasarkan situs demi situs, memungkinkan Anda mengatur izin untuk setiap situs web. Ini berguna untuk situs yang menolak dibuka jika Anda menggunakan adblocker. Namun YouTube belum menolak ekstensi adblocker di browser, maka Anda dapat memakainya.

4. Gunakan VPN untuk Memblokir Iklan


Layanan VPN (Virtual Private Network) membuat terowongan terenkripsi antara komputer Anda dan server jarak jauh. Ini bagus untuk menyembunyikan lokasi Anda yang sebenarnya dan memastikan ISP Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan di internet, tetapi ini juga bisa menjadi cara untuk memblokir iklan.

Agar jelas, mendapatkan layanan VPN premium untuk memblokir iklan saja tidak sepadan. Ada pilihan yang jauh lebih nyaman untuk hal yang sama. Tetapi mendapatkan VPN adalah ide bagus jika Anda juga ingin melindungi privasi Anda, menyembunyikan alamat IP Anda, dan mencegah situs web melacak aktivitas online Anda.

Menggunakan VPN dapat menyembunyikan lokasi dan kebiasaan belanja Anda, membuat algoritma periklanan tidak bekerja dengan baik. Dalam kebanyakan kasus, ini cukup untuk mematikan iklan sama sekali karena mereka tidak dapat menargetkan Anda secara akurat.

5. Gunakan Aplikasi atau Situs Web Pengunduh YouTube


Salah satu cara untuk menghindari iklan YouTube adalah dengan menghindari menonton video di YouTube. Beberapa situs web dan aplikasi di internet dapat mengonversi aliran video YouTube dan mengunduh file ke penyimpanan lokal. Anda kemudian dapat menonton video ini di waktu luang dan tidak perlu khawatir tentang iklan apa pun.

Beberapa aplikasi, seperti situs Y2mate, dapat mengunduh video secara otomatis dari saluran tempat Anda berlangganan dan mengunduh daftar putar serta konten saluran. Namun, mengunduh video YouTube seperti ini bertentangan dengan persyaratan layanan perusahaan.

Metode yang Tidak Bekerja Lagi


Memblokir iklan YouTube adalah permainan kucing-kucingan. Saat metode baru muncul, YouTube menghadirkan cara baru untuk membuat metode itu gagal.

1. YouTube Vanced di Android

YouTube Vanced adalah aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan di perangkat seluler alih-alih aplikasi YouTube resmi. Ini adalah cara paling populer untuk mendapatkan YouTube bebas iklan di perangkat Android, tetapi pada awal tahun 2022, proyek Vanced telah berakhir.

Meskipun Anda masih dapat mengunduh file APK dan menggunakan aplikasinya, itu tidak lagi berfungsi. Ini berarti tidak ada yang memperbarui software tersebut. Jadi, kami sangat menyarankan untuk menggunakan salah satu aplikasi lain yang dibahas di atas.

2. Pemblokiran DNS

Ada berbagai cara untuk memblokir iklan YouTube menggunakan server DNS khusus atau layanan DNS untuk memblokir URL apa pun yang terkait dengan iklan YouTube. Misalnya, Pi-hole menawarkan pemblokiran iklan di seluruh jaringan menggunakan Raspberry Pi atau komputer lain yang kompatibel sebagai server DNS pribadi.

Untuk mengatasi hal ini, YouTube telah mulai mengirimkan konten iklan dari domain yang sama dengan konten video sebenarnya. Jadi metode berbasis DNS tidak dapat dibedakan, sehingga tetpa memblokir semuanya.

Metode ini tidak sepenuhnya mati. Misalnya, beberapa pengguna Pi-hole telah menemukan metode nama host untuk mencapai hasil yang baik, tetapi ini adalah salah satu cara yang paling melelahkan untuk memblokir iklan. Mungkin yang terbaik adalah menghindarinya untuk sebagian besar pengguna.

Apakah itu sepadan dengan kerumitannya?


Ada banyak cara untuk menghindari iklan saat menonton video YouTube favorit Anda, tetapi apakah itu sepadan? YouTube terus bekerja untuk mencegah pemblokir iklan melakukan tugasnya.

Artinya, butuh waktu dan energi Anda untuk memperbarui atau mengubah metode pemblokiran iklan YouTube. Belum lagi Anda mungkin memerlukan solusi terpisah untuk setiap perangkat atau berisiko terkena malware dari aplikasi pihak ketiga. Beberapa cara, seperti VPN, memerlukan biaya. Jadi, jika Anda hanya ingin VPN memblokir iklan YouTube lebih masuk akal untuk membayar langganan YouTube Premium.

Apa Cara Terbaik untuk Menonton Video YouTube Tanpa Iklan?


Bagi sebagian besar pengguna, cara termudah untuk memblokir iklan YouTube adalah dengan berlangganan premium. YouTube Premium terjangkau, terutama karena Anda juga mendapatkan akses bebas iklan ke YouTube Music, platform streaming musiknya.

Tetapi jika Anda mencari alternatif gratis, ekstensi adblock atau plugin browser tersedia secara luas sebagai alat gratis dan premium.

VPN sedikit lebih andal, tetapi VPN dimaksudkan untuk perlindungan privasi, bukan pemblokiran iklan, dan memiliki harga yang sesuai.

Jadi, pilihlah sesuai kebutuhan dan anggaran Anda.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more