Cara Setting Privileged Exec Mode Cisco IOS

Pada artikel sebelumnya Belajar Komputer membahas tentang Cisco IOS yang memuat materi dasar-dasar sistem operasi cisco ios dengan beberapa tingkatan akses berdasarkan kegunaannya, pada bagian Exec sebelumnya User Exec Mode sobat dapat me-review artikelnya dan kali ini saya melanjutkan untuk tingkatan yang kedua yaitu Privileged Exec Mode.

Privileged exec mode ini merupakan tingkatan atas pertama yang kita masuki setelah mengetikkan perintah "enable" dari user exec mode. Kita akan diminta untuk memasuki "password" jika "enable password" atau "enable secret password" telah dibuat, setelah itu kita akan masuk ke tingkat privileged exec mode yang ditandai dengan prompt "Router#".

Pada tingkatan ini kita dapat memeriksa semua status konfigurasi-konfigurasi peralatan dan juga untuk masuk ke tingkat Global Configuration Mode. Perintah-perintah yang dapat dijalankan pada tingkatan ini adalah semua perintah di user exec mode ini ditambah dengan perintah-perintah sebagai berikut:

Clock perintah untuk mengeset waktu dan tanggal peralatan Cisco router.
Router#clock set hh:mm:ss dd month yyyy
Keterangan:
  • hh adalah jam
  • mm adalah menit
  • ss adalah detik
  • dd adalah hari dari tanggal
  • month adalah bulan dari tanggal
  • yyyy adalah tahun dari tanggal

Sebagai contoh jika kita akan mengeset jam 20:30:10 dan tanggal 1 Juni 2011, maka kita ketikkan perintah:
Router#clock set 20:30:10 1 june 2011

Configure perintah untuk mengconfigurasikan Cisco router.

Router#configure terminal atau config t
untuk masuk ke global configuration mode

Router#configure memory atau config mem
untuk mengkonfigurasi dengan NVRAM

Router#configure net atau config net
untuk menkonfigurasi dengan TFTP

Send untuk mengirim kabar kepada user lain.

Show salah satu perintah yang sangat penting di tingkat ini yang berguna untuk menampilkan informasi mengenai Cisco router yang dapat juga kita gunakan untuk melacak kesalahan.

Router#show version atau sh ver
untuk menampilkan informasi mengenai versi dari IOS

Seperti inilah sobat perintah-perintah dasar dalam melakukan konfigurasi pada Privileged Exec Mode Cisco IOS. Masih banyak konfigurasi-konfigurasi sebelumnya yang saya tidak sempat tulis disebabkan panjang dan rumitnya penulisan kode dan contoh diatas merupakan dasar sekaligus inti dalam melakukan pengesetan pada mode ini. Semoga bermanfaat.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more