Cara Setting Wireless Router TP-Link

Kali ini saya akan memposting artikel tentang networking yaitu cara setting wireless router TP-Link. Disini tidak terlalu rumit dalam mengkonfigurasikannya, baik sebagai client maupun sebagai gateway wifi (atau biasa dikenal sebagai hotspot).

Sebelum melakukan konfigurasi ada baiknya kita menentukan terlebih dahulu topologi agar supaya mudah dalam memahaminya. Berikut gambaran topologinya:


Untuk konfigurasinya sebagai berikut :
  1. Untuk lebih memudahkan kita dalam melakukan penyettingan wireless router, terlebih dahulu kita setting alamat komputer atau laptop kita menjadi 192.168.1.2 karena dalam keadaan default TP-Link Wireless Router memiliki alamat 192.168.1.1sehingga kita men setting komputer kita dengan alamat berbeda, ingat bahwa alamat harus bersifat unik dalam arti tidak ada device network yang sama alamatnya.
  2. Buka browser, dalam hal ini saya menggunakan mozilla firefox kemudian inputkan IP Address (alamat) dari Wireless Router tadi yaitu 192.168.1.1 ke address bar browser kemudian tekan enter.
  3. Masukkan username: admin & password: admin, maka akan muncul interface dari Wireless Router TP-Link. (perlu diketahui bahwa wireless router ini kita akan hubungkan dengan modem ADSL, pada umumnya IP Address default dari modem adalah 192.168.1.1 sehingga kita harus mengganti IP Address yang berada di wireless router yang akan kita setting lebih lanjut, untuk mudahnya kita beri saja alamat wireless router menjadi 192.168.2.1 dan alamat komputer/laptop kita ubah menjadi 192.168.2.2 supaya kita dapat melanjutkan settingan terhadap wireless router). Pilih menu Network > LAN isikan alamat seperti diatas kemudian Subnet Mask: 255.255.255.0
  4. Restart Wireless Router TP-Link dengan memilih menu System Tools > Reboot kemudian tunggu beberapa saat kemudian masuk ke sistem Wireless router TP-Link seperti langkah awal.
  5. Setelah masuk ke interface administrator, pilih menu Quick Setup kemudian next dan isikan settingan sebagai berikut:
    • Wireless Radio: Enable
    • SSID: TP-Link_DE3896 (bisa diisi sembarang sesuai nama hotspot kalian)
    • Region: Indonesia
    • Channel: 6 (sesuaikan dengan channel yang belum dipergunakan di sekitar hotspot kalian)
    • Mode: 54Mbps (802.11g)
    • Next
  6. Selanjutnya adalah setting Gateway dan DNS dengan memilih menu Network > WAN (sesuaikan dengan modem ADSL kalian).
    • Klik Renew pada bagian Gateway dan isikan IP Address modem yaitu 192.168.1.1
    • Checklist bagian Use These DNS Serverisikan DNS Server yang terdekat di wilayah kalian misalnya untuk indonesia timur saya menggunakan untuk Primary DNS: 203.130.193.74 & Secondary DNS: 203.130.196.155
    • Save untuk menyimpan hasil settingan.
  7. Langkah selanjutnya adalah setting security wireless router nya agar orang yang berhak yang dapat menggunakan koneksi, pilih menu Wireless > Wireless Settings:
    • Beri tanda centang Enable Wireless Security
    • Security Type: WEP
    • Security Option: Automatic
    • WEP Key Format: Hexadecimal
    • Key1: 1234567890 (bisa diganti); Key Type: 64bit
  8. Langkah terakhir yaitu dengan menyetting DHCP server agar client secara otomatis mendapatkan IP Address sendiri, yaitu pilih menu DHCP > DHCP Setting kemudian isikan range IP Address (sesuaikan berapa komputer/laptop yang akan terhubung) misalnya Start IP Address: 192.168.2.2 dan End IP Address: 192.168.2.10 berarti IP Address (alamat) yang digunakan oleh client baik terhubung menggunakan wifi atau kabel akan menempati alamat 2 sampai dengan 10.
  9. Save dan Reboot untuk Wireless Router TP-Link, maka siap untuk digunakan.

Mudah bukan, langkah selanjutnya koneksikan Wireless Router TP-Link kalian dengan Modem ADSL agar teman-teman dapat menikmati layanan internet gratis.

Semoga bermanfaat, Amin!

Open Comments Close
*via mobile, like dahulu untuk melihat komentar

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more