Cara Setting Mikrotik Sebagai Bridging

Cara Setting Mikrotik Sebagai Bridging - Bridge merupakan salah satu fiture dari mikrotik yang mana adalah untuk menghubungkan dua segmen network terpisah bersama-sama dalam suatu protokol sendiri. Paket yang diforward berdasarkan alamat ethernet, bukan IP address (seperti halnya router). Karena forwarding paket dilaksanakan pada layer 2, maka semua protokol dapat melalui sebuah bridge.

Sebagai contoh, sobat mempunyai sebuah jaringan lokal 192.168.0.0/24 gateway ke sebuah modem ADSL yang juga sebagai router dengan ip local 192.168.1.1. Sobat juga ingin membuat proxy server dan mikrotik sebagai bandwidth management untuk seluruh client. Sekarang kita mencari posisi perangkat mikrotik untuk diposisikan, apakah diantara hub/switch dangan gateway/modem? ataukah pada posisi lain.

Setting bridge mikrotik sendiri merupakan jembatan antara 2 buah jaringan lokal, jadi topologinya bisa saya gambarkan sebagai berikut :

Internet -------- Modem -------- Mikrotik --------Hub/Swicth -------- Client

Mari kita mencoba setting mikrotik sebagai bridge dengan dasar topologi di atas:


1. Masuk ke sistem mikrotik melalui winbox



2. Menambahkan interface bridge

Klik menu interface kemudian klik tanda + selanjutnya pilih Bridge.



3. Memberi nama interface bridge

Misalnya sobat beri nama bridge1.



4. Selanjutnya, dengan menambahkan interface ether local dan public pada interface

Klik menu IP > Bridge > Ports, kemudian klik tanda + untuk menambahkan rule baru. Buat 2 buah rule untuk interface local dan public.




5. Langkah selanjutnya adalah memberi IP Address untuk interface bridge

Klik menu IP kemudian klik tanda + untuk menambahkan IP interface yang tadi kita buat, sebagai contoh kita beri alamat 192.168.0.100, kemudian pilih interface bridge1.



Setelah langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar maka mikrotik sudah bertindak sebagai bridge dan juga dapat diremote dari jaringan arah local maupun arah public.

Semoga artikel kali ini bermanfaat. Wassalam

Post Terkait:

Open Disqus Close Disqus



This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more